Validitas E-Module IPA Terintegrasi Nilai-Nilai Agama Islam pada Pokok Bahasan Energi di SMP Kelas VII

Ita Aulianingsih, Devi Vitrianingsih, Hadma Yuliani, Mardaya Mardaya

Abstract


Bahan ajar berupa e-module perlu untuk dikembangkan oleh guru dan dilakukan proses validasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-module IPA terintegrasi islam pada pokok bahasan energi. Kelayakan dilihat dari hasil validasi ahli materi yang meliputi kelayakan materi, bahasa, dan penyajian materi, kelayakan dari hasil validasi ahli media memiliki indikator kelayakan huruf, desain, konsistensi, gambar, dan pengoperasian e-module. Penelitian ini berbantukan aplikasi eXe-Learning dalam penyusunannya.  Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau biasa dikenal dengan istilah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian 3D (define, design,develop). Instrumen  yang digunakan dalam pengumpulan informasi dan data adalah dengan menggunakan angket lembar validasi oleh ahli materi dan ahli media. Pada penelitian ini analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Validator kelayakan e-module terdiri dari dua orang ahli materi dan dua orang ahli media. Hasil penelitian menunjukan uji validasi kelayakan oleh ahli media dari pengemangan e-module IPA terintegrasi islam ini mendapat persentase sebesar  93% dengan kategori nilai validitas sangat layak, dan hasil validasi ahli materi dari pengembangan e-module IPA terintegrasi islam mendapat persentase sebesar 70% dengan kategori nilai validitas layak. implementasi dari validasi e-module ini yaitu dapat digunakan di sekolah-sekolah yang masih kurang dalam ketersediaan bahan ajar.


Teaching materials in the form of e-modules need to be developed by the teacher, and a validation process is carried out. The research aims to know the feasibility of an Islamic integrated science module on energy subjects. Worthiness is seen from the validation of materials that include material worthiness, language, and material presentation, the worthiness of the validation of media experts, has the feasibility of letters, designs, consistency, images, and operation of the e-module. The study proclaims an exe-learning application during its compilation. This study is a development or commonly known research and development (R&D) study using 3D research models (define, design, develop). The instrument used in information and data collection uses a validation sheet by materials expert and media expert. In the study, the analysis used is qualitative descriptive analysis. The validator of the feasibility of the e-module consisted of two materials experts and two media specialists. Research shows the feasibility validation test by media experts on the application of the Islamic IPA e-module gets a percentage of 93% with its validating value category well deserved, and the results of the mathematicians from the development of the Islamic integrated science e-module get a percentage of 70% with the validity value category feasible. The implementation of the validation of the e-module could be used in schools that are still less available for teaching.

 


Keywords


E-module; Terintegrasi islam

Full Text:

PDF

References


‘Aisy, D. R. (2019). Pengembangan e-modul berbantuan sigil software dengan pendekatan saintifik pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas viii SMP. Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Amin, S. (2017). Pengembangan bahan ajar geografi terintegrasi sains-islam di madrasah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 2(7), 934–945.

Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran administrasi server. Electronics, Informatics, and Vocational Education, 2(2), 204–210.

Fadli, Rijal, M., & Sudrajat, A. (2020). Modul pembelajaran sejarah berbasis nilai islam pada KH Hasyim Asy’ari’s jihad bahan resolusi. Tadris:Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 5(1), 65–75.

Fauziyah, N. F. (2016). Pengembangan bahan ajar fisika berbasis integrasi sains dan islam kelas x SMA/MA materi alat optik, suhu dan kalor, listrik dinamis, dan gelombang elektromagnetik. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Hamid, A., Jaenudin, R., & Koreati, D. (2018). Analisis nilai-nilai karakter siswa pada pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Tanjung Raja. Jurnal Profit, Universitas Sriwijaya, 5(1), 1-17.

Hamzah, F. (2015). Studi pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis integrasi islam-sains pada pokok bahasan sistem reproduksi kelas ix madrasah tsanawiyah. Adabiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 41–54.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (E-Modul) interaktif pada mata pelajaran kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191.

Larasati, A. D., Lepiyanto, A., Sutanto, A., & Asih, T. (2020). Pengembangan e-modul terintegrasi nilai-nilai islam pada materi sistem respirasi. Didektika Biologi:Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 4(1), 1–9.

Lisyanti, D. (2019). Pengembangan e-modul matematika berbasis exe-learning pada siswa SMP kelas VII. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Mardiana, Akhyar, M., & Musadad, M. M. (2019). Analisis kebutuhan siswa di SMA Negeri 3 Bolo terhadap bahan ajar bergambar pada materi plantae. In Prosiding of ICCERS (pp. 11–18).

Mulya, E. P., Putra, A., & Nurhayati. (2017). Pengembangan e-modul berbasis inkuiri terstruktur pada materi gerak dan gaya untuk pembelajaran IPA kelas VII SMP/MTs. Pillar Of Physics Education, 9, 169–176.

Murliyana, Imam, M. I. S., & Sam, F. C. H. (2016). Sistem informasi angket pengukuran skala kebutuhan materi pembelajaran tambahan sebagai pendukung pengambila keputusan di sekolah menengah atas menggunakan skala likert. Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika, 1(2), 1–12.

Nugraheni, D., & Winarni, D. S. (2019). Pengembangan bahan ajar science teacherpreneurship berbasis karakter bagi mahasiswa pendidikan IPA. In Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Enterprenership VI (pp. 1–5).

Parmin, & Peniati, E. (2012). Pengembangan modul mata kuliah stratrgi belajar mengajar IPA berbasis hasil penelitian pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 8–15.

Permendikbud. (2013). Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses.

Priatna, K. I., Putrama, I. M., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan e-modul berbasis model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran videografi untuk siswa kelas X desain komunikasi visual di SMK Negeri 1 Sukasada. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(1), 70–78.

Purwanto, A., Nurjayadi, M., & Tantaruna, J. E. (2020). Pengembangan e-modul elektrokimia terintegrasi lingkungan berbasis kontekstual untuk SMK kompetensi keahlian teknik otomotif. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 10(1), 18–26.

Rahayu, J., Solihatin, E., & Rusmono. (2019). Pengembangan modul pembelajaran online pada mata pelajaran kimia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(1), 13–28.

Sari, A. M., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan alat peraga pemanasan global berbahan bekas pakai untuk menanamkan karakter peduli lingkungan. Unnes Science Education Journal, 3(3).

Satriawati, H. (2015). Pengembangan e-modul interaktid sebagai sumber belajar elektronika dasar kelas c SMKN 3 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Setiadi, T., & Zainul, R. (2019). Pengembangan e-modul asam basa berbasis discovery learning untuk kelas XI SMA/MA. EKJ:EduKimia, 1(1), 21–27.

Simamora, A. H., Sudarma, I. K., & Prabawa, D. G. A. P. (2018). Pengembangan e-modul berbasis proyek untuk mata kuliah fotografi di jurusan teknologi pendidikan fakultas ilmu pendidikkan Undiksha. Journal Of Education Technology, 2(1), 51–60.

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). Modul virtual: Multimedia Flipbook dasar teknik digital. INVOTEC, 9(2), 101–116.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukiminiandari, Y. P., Budi, A. S., & Supriyati, Y. (2015). Pengembangan modul pembelajaran fisika dengan pendekatan saintifik. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 4, 161–164.

Surasana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-modul berorientasi pemecahan masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 264–275.

Zulkarnain, A., Kadaritna, N., & Tania, L. (2015). Pengembangan e-modul teori atom mekanika kuantuk berbasis web dengan pendekatan saintifik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 4(1), 222–235.




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by

          

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats