Analisis Kebutuhan Pengembangan Media E- Learning Berbasis Telegram Pada Pokok Bahasan Hukum Newton di SMP

Yuan Akhmad Al-Furqansyah, Hadma Yuliani, N I Syar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kendala yang dialami siswa dalam memahami materi fisika pada saat pandemi Covid-19; 2) mengidentifikasi media pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran di kelas; 3) menganalisis media pembelajaran yang perlu dikembangkan dalam proses pembelajaran fisika; 4) mendeskripsikan analisis kebutuhan pengembangan media e-learning berbasis telegram materi hukum Newton di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan 3D dibatasi pada tahap define. Metode pengumpulan informasi dan data yang digunakan yaitu memberikan angket online kepada siswa kelas VIII dan IX di SMPN 11 Palangka raya. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat kendala yang dialami siswa dalam memahami materi akibat sistem pembelajaran online yang dilakukan pada saat pandemi Covid-19; 2) media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran meliputi:LMS google classroom dan PDF; 3) Software e-learning perlu dikembangkan dalam pembelajaran fisika khususnya pada materi hukum Newton untuk membantu dalam memahami materi; dan 4) Sebanyak 63,8% siswa yang menggunakan media e-learning menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dan 80,9% siswa menyatakan e-learning berbasis Telegram  membantu  memahami materi fisik

 

This study aims to 1) find out the obstacles experienced by students in understanding physics material during the Covid-19 pandemic; 2) identifying the learning media used by the teacher in the learning process in the classroom; 3) analyzing the learning media that need to be developed in the physics learning process; 4) describe the analysis of the needs for the development of media e-learning based on telegrams, Newton's law material in junior high school. This type of research is research and development (R&D) using 3D limited to the stage define. The method of collecting information and data was giving online questionnaires to students in grades VIII and IX at SMPN 11 Palangka Raya. The analysis technique used is descriptive qualitative. The results showed that 1) students experienced obstacles in understanding the material due to the online learning system during the Covid-19 pandemic. 2) the learning media used in the learning process include LMS, google classroom and PDF. 3)software E-learning needs to be developed in physics learning, especially in Newton's law material, to understand the material. 4) As many as 63.8% of students who use media e-learning make learning more fun, and 80.9% of students state that -e-learning Telegrambasedhelps them understand physics material.


Keywords


Analisis kebutuhan; E-learning; Hukum Newton; Telegram

Full Text:

PDF

References


Chandrawati, S. R. (2010). Pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8(2), 218616.

Darma, I. K., Karma, I. G. M., & Santiana, I. M. A. (2020). Needs analysis development of applied mathematical blended learning models using schoology LMS. Journal of Physics: Conference Series, 1569, 042060.

Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., & Muhlas, M. (2020). Analisis pembelajaran online masa wfh pandemic covid-19 sebagai tantangan pemimpin digital abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–12.

Darmawan, D. (2014). Pengembangan E-Learning Teori dan Desain. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dewantara, D, Misbah, M., & Wati, M. (2019). The implementation of blended learning in analog electronic learning. Journal of Physics: Conference Series, 1422(012002), 1–5.

Dewantara, D., Wati, M., Mahtari, S., & Haryandi, S. (2019). Blended learning to improve learning outcomes in digital electronics courses. In 1st South Borneo International Conference on Sport Science and Education (SBICSSE 2019).

Dewantara, D., Wati, M., & Misbah, M. (2020). Blended learning to improve learning outcomes in digital electronics courses. In 1st South Borneo International Conference on Sport Science and Education (SBICSSE 2019). Atlantis Press.

Fadlli, M. R., Sutopo, S., & Wartono, W. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal hukum Newton. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(8), 993–997.

Fitriani, F. (2017). Penerapan model kooperatif tipe make a match berbantuan kartu bergambar untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 2.

Hartini, S., Misbah, M., Dewantara, D., Oktovian, R. A., & Aisyah, N. (2017). Developing learning media using online prezi into materials about optical equipments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 313–317.

Hasmunarti, H., Bahri, A., & Idris, I. S. (2018). Analisis kebutuhan pengembangan blended learning terintegrasi strategi pblrqa (problem-based learning and reading, questioning & answering) pada pembelajaran biologi. Biology Teaching and Learning, 1(2), 101–108.

Hidayat, F. S., & Handhika, J. (2018). Profil analisis kebutuhan pengembangan media praktikum gerak melingkar untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Seminar Nasional Quantum, 25, 109–113.

Mahyuddin, R. S., Wati, M., & Misbah, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis zoomable presentation berbantuan software prezi pada pokok bahasan listrik dinamis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 229–240.

Maulidina, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh media pembelajaran online dalam pemahaman dan minat belajar siswa pada konsep pelajaran fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 248–251.

Misbah, M., Pratama, W. A., Hartini, S., & Dewantara, D. (2018). pengembangan e-learning berbasis schoology pada materi impuls dan momentum untuk melatihkan literasi digital. Pancasakti Science Education Journal, 3(1), 109–114.

Munir, M. (2009). Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi (distance learning based on information and communication technology). Bandung: Alfabeta.

Nugroho, U. (2018). Metodologi penelitian kuantitatif pendidikan jasmani. CV Sarnu Untung.

Permata, A., & Bhakti, Y. B. (2020). Keefektifan virtual class dengan google classroom dalam pembelajaran fisika dimasa pandemi covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(1), 27–33.

Ratnawati, F. A. (2020). Strategies to improve student learning outcomes during pandemic via google classroom application in the subject of work and energy. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 49–55.

Rosita, N. (2017). Pengembangan e-learning dengan edmodo sebagai suplemen pembelajaran fisika pada materi rangkaian arus searah. Universitas Lampung.

Santoso, B., Nurhayati, N., & Djafar, H. (2020). Penerapan e-learning berbasis google classroom sebagai media pembelajaran al-islam dan kemuhammadiyahan di tengah pandemi. Jurnal Al Qiyam, 1(1), 100–108.

Sari, A. L. R., Parno, P., & Taufiq, A. (2018). Pemahaman konsep dan kesulitan siswa SMA pada materi hukum Newton. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(10).

Shilla, R. A., Kusairi, S., & Hidayat, A. (2018). Penguasaan konsep siswa pada materi hukum newton tentang gerak. In Seminar Nasional Pendidikan IPA.

Sindu, I. G. P., Santyasa, I. W., & Warpala, I. W. S. (2013). Pengaruh model e-learning berbasis masalah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kkpi siswa kelas x Di SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 3(1).

Suartama, I. K. (2014). E-Learning Konsep dan Aplikasinya. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

Suriadhi, G., Tastra, I. D. K., & Suwatra, I. I. W. (2014). Pengembangan e-learning berbasis edmodo pada mata pelajaran IPA kelas VIII di SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 2(1).

Syahringsih, S., & Adnan, A. (2018). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis moodle di SMA. In Seminar Nasional Biologi.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook.

Wahono, R. S. (2008). Pengantar eLearning dan Pengembangannya. Retrieved from https://ilmukomputer.org/2008/11/25/pengantar-elearning-dan-pengembangannya/

Yuniati, L. (2011). Pengembangan media pembelajaran mobile learning efek doppler sebagai alat bantu dalam pembelajaran fisika yang menyenangkan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 2(2).

Zainuddin, Z., Hasanah, A. R., Salam, M. A., Misbah, M., & Mahtari, S. (2019). Developing the interactive multimedia in physics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1171(1).




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by

          

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats