Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis Edutainment

Wahyu Tri Winarti, Hadma Yuliani, Mukhlis Rohmadi, Nurul Septiana

Abstract


Pembelajaran fisika merupakan pembelajaran mengenai  gejala-gejala alam dan berusaha menemukan hubungan antara kenyataan di alam. Perlu adanya model dan metode yang dapat membantu menerangkan gejala alam tersebut dalam proses pembelajaran fisika. Salah satu model yang diharapkan cocok dengan karakteristik pembelajaran fisika yaitu model discovery learning berbasis edutainment. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan dari model discovery learning berbasis  edutainment; dan (2) untuk mendeskripsikan penerapani model discovery learning berbasis edutainment dalam pembelajaran fisika. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah studi literatur dan kajian pustaka, data penelitian ini menggunakan jenis data sekunder, kemudian data yang diperoleh tersebut diolah dengan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model discovery learning berbasis edutainment dapat menjadikan peserta didik aktif dalam kegiatan belajar dan menyenangkan. Namun, memerlukan waktu yang cukup lama dalam pembelajarannya dan kurang efektif digunakan dalam kelas besar; dan (2) Pada pembelajaran fisika, model discovery learning berbasis edutainment digunakan untuk memahami materi yang cukup sulit dengan cara yang menyenangkan.


Physics learning is learning about natural phenomena and trying to find the relationship between reality in nature. It is necessary to have models and methods to explain these natural phenomena in the physics learning process. One model that is expected to match physics learning characteristics is the discovery learning model based on edutainment. This study aims: (1) To describe the advantages and disadvantages of the discovery learning model based on edutainment models; (2) To describe the application of the discovery learning model based on edutainment models in physics learning. The data collection method in this research is a literature study and literature review. This research data use secondary data, then the data obtained is processed by content analysis. The results showed that: (1) Discovery learning model based on edutainment could make students active in learning activities because it is fun; however, the learning process requires a long time and is less effective when used in a class with a large number of students; and (2) In physics learning, the discovery learning model based on edutainment is used to understand difficult material in a fun way.


Keywords


Discovery Learning; Edutainment; Pembelajaran Fisika

Full Text:

PDF

References


Agustina, Melisa., Feriansyah Sesunan, dan Chandra Ertikanto. (2017). Pengaruh Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar pada Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi. Bojonegoro: FKIP Universitas Lampung.

Ariyana, Enawar, Intan Sari Ramdhani, dan Agus Sulaeman. (2020). The Application Of Discovery Learning Models In Learning To Write Descriptive Texts. Journal Of English Education And Teaching. Vol. 4 No. 3.

Azmi, Zahratul. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar IPA Biologi Melalui Metode Pembelajaran Science Edutainment di Kelas XI IPA MA NW Kembang Kerang Lombok Timur Tahun 2018/ 2019. Skripsi.

Bagja, S. W., dan Yuliana, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan 1. Jurnal Rontal Keilmuan Pkn. Vol. 5 No. 1.

Catur, S. A. N., Istiana, G., dan Sukardjo, J. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga Pada Siswa Kelas Xi Ipa Semester Ii Sma Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret. Vol. 4 No. 2.

Chasanah, Uswatun. (2015). Penerapan Metode Edutainment dengan Kontekstual pada Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 7 Malang. Universitas Muhamaddiyah Malang. Skripsi.

Febriyanti, Rani, dan Ali Mustadi. (2020). Developing Edutainment-Based Comic Media In Integrative-Thematic Learning In The Elementary School. Jurnal Pendidikan Guru Mi. Vol. 7 No. 2.

Fitri, M. dan Derlina. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika. Vol. 3 No. 2.

Ghiffar, Muhammad Alfarizqi Nizamuddin, Eliza Nurisma, Cucu Kurniasih, dan Caraka Putra Bhakti. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning Dalam Meningkatkan Critical Thinking Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. ISSN 2089-8703 (Print) Vol. 7, No. 3.

Halim, Soesilowaty, Didimus Tanah Boleng, dan P.M Labulan. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Number Head Together Terhadap Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Vol. 14 No.1.

Maarif, Samsul, Trisna Roy Pradipta , Surya Amami Pramuditya, dan Muchamad Subali Noto. (2020). Penerapan Model Guided Discovery Learning Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengkonstruksi Bukti Geometri. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. Vol. 4 No. 2.

Maswindah, A. Y. U. (2019). Pengembangan Media Kit Sifat Cahaya Berbasis Science Edutainment Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 7 No. 4.

Pianda, Didi., Jon Darmawan, dkk. (2018). Best Practice: Karya Guru Inovatif yang Inspiratif (Menarik Perhatian Peserta Didik). Sukabumi: CV. Jejak.

Putra, I Gede Darma, I Wayan Sujana, Dan I Komang Ngurah Wiyasa. (2020). Hasil Belajar Ips Menggunakan Kolaborasi Model Discovery Learning Berbasis Media Animasi. Journal Of Education Technology. Vol. 4 No. 2.

Santoso, Taufik Dwi. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Pemeliharaan/ Servis Engine dan Komponen Komponennya Melalui Metode Pembelajaran Edutainment pada Siswa Tingkat X SMK Negeri 4 Kendal. Vol. 2. No. 1.

Saputri, Yunita Ela., Yenni Darvina, Amalia Putra, dan Silvi Yulia Sari. (2019). Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Interaktif Bermuatan Karakter Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Fluida Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Kelas XI SMAN 7 Solok Selatan. Vol.12 no. 4.

Sari, Putri Iman., Gunawan, dan Ahmad Harjono. (2016). Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Vol. 2 no. 4.

Sasmita, Mega Ayu, dan Nurna Listya Purnamasari. (2020). Perbandingan Metode Pembelajaran Edutainment Dan Metode Pembelajaran Konvensional Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di Sma Negeri 1 Kalidawir. Jurnal Of Education And Information Communication Technology. Vol. 2 No. 1.

Setiadi, Anandita Eka, dan Sri Supartini. (2020). Implementasi Pendekatan Science Edutainment Berbasis Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Siswa Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 5 No. 1.

Setiawan, Andi. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo : Uwais Inspirasi Indonesia.

Setiyaningsih. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Edutainment pada Pokok Bahasan Bangun Datar. Universitas Islam Negeri Raden Intan. Skripsi.

Setyawati, Yuli, dan Joko Widodo. (2020). Pengembangan Economics Edutainment Book Penunjang Bahan Ajar Pokok Bahasan Teori Perilaku Konsumen. Economic Education Analysis Journal. Vol. 9 No. 1.

Shinta, Silvia, Sri Fatmawati, dan Muhammad Nasir. (2020). Komparasi Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Awal. Kappa Journal. Vol. 4 No. 1.

Sofyan, Mohammad Ali., Wasis, dan Muslimin Ibrahim. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Masalah Berbasis Edutainment untuk Melatihkan Kreativitas Siswa SMK Jurusan Otomotif pada Materi Fluida Statis. Vol. 7, No. 1.

Supartinah, Alexandera. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery dengan Metode Jigsaw untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Fluida Dinamis. Vol. 3 no. 2.

Suprapti, Eko Deslan. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Irisan Kerucut Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan. Vol 8 No. 1.

Susanti, Dwi., Chairul Anwar, Fredi Ganda Putra, Netriwati, Kiki Afandi, dan Santi Widyawati. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Tipe Poe Dan Aktivitas Belajar Terhadap Kemampuan Metakognitif. Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika). Vol. 2 No. 2.

Telupun, Dominggus. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Edutainment untuk Memotivasi Peserta Didik Selama Pembelajaran Secara Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Syntax Transformation. Vol. 1 No. 6.

U.S, Supardi., Leonard, Huri Suhendri, dan Rismurdiyati. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Vol. 2 No. 1.

Wabula, Mira, Pamella Mercy Papilaya, dan Dominggus Rumahlatu. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Video dan Problem Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan. Vol. 5 No. 1.

Warimun, Eko Swistoro. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Fisika Pada Pembelajaran Topik Optika Pada Mahasiswa Materi Fluida Dinamis. Jpf. Vol. Vi. No. 1.

Yuliani, Hadma. (2017). Pembelajaran Fisika Menggunakan Media Animasi Macromedia Flash-MX dan Gambar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pendidikan Fisika. Jurnal Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. Vol. 6 No. 1.




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by

          

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats