Studi Literatur Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Professional CS6 Pada Pembelajaran Fisika di Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan membahas mengenai perkembangan kelayakan media pembelajaran yang menggunakan Adobe Flash Professional CS6 selama 4 tahun terakhir dalam pembelajaran Fisika SMP dan SMA. Penulisan artikel menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data studi literatur jurnal nasional terhadap media pembelajaran fisika yang dikelompokkan berdasarkan materi fisika SMP dan SMA selama rentang waktu 4 tahun terakhir. Teknik analisis data menggunakan analisi isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Adobe Flash sebagai pengembangan bahan ajar telah banyak digunakan dalam pembelajaran Fisika. Beberapa bahan ajar yang banyak memanfaatkan Adobe Flash Professional CS6 diantaranya multimedia interaktif, media interaktif berbasis android dan mobile pocket dan sebagainya. Dengan rata-rata kelayakan media yang dikembangkan berada dalam kategori valid dan sangat valid, rata-rata berada pada rentang 77% - 97%. Dengan adanya studi literatur ini peneliti dapat mengomparasi penggunaan Adobe Flash CS6 sebagai media pembelajaran.
The research is to discuss the development of learning media's feasibility using Adobe Flash Professional CS6 for the last four years in junior high and high school physics learning. Writing articles uses a qualitative approach with data collection methods of literature studies based on national journals on physics learning media grouped based on junior high school and high school physics material during the last four years. The data analysis technique used content analysis. The results showed that Adobe Flash's use as a teaching material development had been widely used in learning physics. Some of the teaching materials that use Adobe Flash Professional CS6 a lot include interactive multimedia, interactive media based on Android and mobile pockets, etc. With the average feasibility of the media being developed in the valid and very valid category, the average is 77% - 97%. With this literature study, the developer can compare Adobe Flash CS6 as a learning medium.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Ghozali, A. Z., Yulianti, D., & Rosidin, U. (2020). Development of Interactive Flash Media in Learning Newton’s Laws. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 5(7), 894–900.
Anggi, M., Wiyono, K., & Sudirman, S. (2017). Development of Android-Based Interactive Multimedia in Physics Subjects on Temperature, Heat and Heat Transfer for Class XI Senior High Schools. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 2(1), 87–93.
Arif, M., Festiyed, F., Desnita, D. & Wahyuni, S. D. (2019). Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Android Untuk Pembelajaran Fisika Pada Materi Gelombang Bunyi, Gelombang Cahaya Dan Alat Optik DiKelas XI SMA/MA. Pillar of Physics Education, 12(3), 457–464.
Astuti, S. P., & T.W., A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Kalkulator Fisika-Induksi Elektromagnetik Berbasis Adobe Flash Pro CS6. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(3).
Aswirna, P., Wahyudi, W., Hurriyah, H., & Amalina, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Adobe Flash Pada Materi Kalor, Perpindahan Kalor Serta Teori Kinetik Gas untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 66–80.
Damayanti, A. E., Syafei, I., Komikesari, H., & Rahayu, R. (2018). Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Android pada Materi Fluida Statis. Indonesian Journal of Science and Matematics Education, 1(1), 63–70.
Irawan, I. B., Musthofa, J. A., & Iriyanto, M. Y. (2016). Pembuatan media pembelajaran mobile pocket book berbasis android menggunakan adobe flash professional CS6, 2016, 683–688.
Irodah, P. A., Khoiriyah, H., Batul, Z., Maulidasilvi, R., Setyawan, D., & Nyono, N. (2020). Revolusi Industri 4 . 0 : Tranformasi Media belajar e-learning menggunakan framework. Prosiding Seminar Nasional V 2019, (2015), 368–377.
Jaelani, A., Fauzi, H., Aisah, H., & Zaqiyah, Q. Y. (2020). Penggunaan media online dalam proses kegiatan belajar mengajar pai dimasa pandemi covid-19 (Studi Pustaka dan Observasi Online). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 12.
Jalaluddin, M., Yuris, M., & Alfat, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika SMA Kelas XI menggunakan Adobe Flash Professional CS6 Pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 4(4), 174.
Khumaidi, A., & Sucahyo, I. (2018). Pengembangan Mobile Pocket Book Fisika Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Momentum Dan Impuls. Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2), 154–158.
Madcoms, M. (2013). Adobe Flash Profesional Untuk Pemula. Yogyakarta: Andi Publisher.
Mardianto, D. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif, 7, 814–822.
Mulyadi, E. (2016). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 385.
Ongkohardjo, S. A., Purba, K. R., & Santoso, L. W. (2016). Pembuatan Media Pembelajaran Gaya dan Tekanan Fisika untuk Siswa SMP Berbasis Flash. Program Studi Teknik Informatika, 2–6.
Paramita, A. P., Siahaan, B. Z., & Astra, I. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Animasi Berbasis Mobile Learning (M-Learning) Pada Materi Gerak Lurus Di Smp, VI, SNF2017-RND-49-SNF2017-RND-54.
Pilendia, D. (2020). Pemanfaatan Adobe Flash Sebagai Dasar Pengembangan Bahan Ajar Fisika : Studi Literatur. Jurnal Tuntas Pendidikan, 2(2), 1–10.
Prasetya, M. A., Sudirman, S., & Wiyono, K. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 163–169.
Raidaturrahmah, Sukroyanti, B. A., & Gummah, S. (2017). Hasil Validasi Materi Hasil Validasi Media, 4(2), 133–136.
Salim, A., Ishafit, & Toifur, M. (2012). Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 2 Juni 2012, (November 2007), 25–32.
Sarabando, C., Cravino, J. P., & Soares, A. A. (2014). Contribution of a Computer Simulation to Students’ Learning of the Physics Concepts of Weight and Mass. Procedia Technology, 13, 112–121.
Setia, M. O., Susanti, N., & Kurniawan, W. (2017). Adobe flash CS 6, 02(02), 42–57.
Supriyadi, S. (2016). Adobe Flash untuk Mendukung Pembelajaran. Jurnal Komunikasi, 7(2).
Susilawati, S., Oktova, R., & Lestari, D. P. N. (2017). Media Pembelajaran Fisika Modern Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash CS6 dengan Animasi Tiga Dimensi pada Materi Model Atom untuk Siswa Kelas XII SMA. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 2, 233.
Syafutri, E., & Pramudya, Y. (2019). Pengembangan e-modul fisika interaktif pada materi fluida dinamis menggunakan pendekatan sets (Science, Environment, Technology, Society), (September), 330–340.
Widada, W., & Rosyidi. R. (2017). Perancangan Media Pembelajaran Fisika SMP Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal IT CIDA Vol. 3 No. 2 Desember 2017, 3(2), 53–68.
Widiyastuti, N., Slameto, S., & Radia, E. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Adobe Flash Materi Bumi Dan Alam Semesta. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 77–84.
Widyanto, E., & Kurniasari, I. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Professional CS6 pada Materi Teorema Pythagoras untuk Siswa Kelas VIII. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5), 21–29.
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2791
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |