Advantages and Disadvantages of Applying the NHT Type Cooperative Learning Model Physics Learning in School

Hadma Yuliani, Normilawati Normilawati, Tiya Andani, Maryam Aulia

Abstract


This study analyses the advantages and disadvantages of cooperative learning type Numbered Head Together (NHT). The method in this research is a literature study based on previous research. The analysis technique used in this research is descriptive qualitative obtained from books and journals. Based on literature from 26 articles in scientific journals, it was found that the advantages of this type of NHT cooperative learning model are to make students more active, make students more interested in learning, think critically and responsibly and can improve student learning outcomes. While the obstacle in this learning model is the lack of time management) so that not all students can present the results of the discussions obtained during the learning process

Keywords


Advantages; Disadvantages; NHT

Full Text:

PDF

References


Afta, Y., Sada, C., & Etiovia, R. Y. (2016). Penerapan model pembelajaran tipe number heads together (nht) berbasis pendekatan saintifik terhadap hasil belajar ipa. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 103.

Aslamiyah, L., Masturi, & Nugroho, S. E. (2017). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis integrasi –interkoneksi nilai-nilai Al-Quran. Jurnal Fisika, 6(3), 45.

Azizah, R. (2015). Kesulitan pemecahan masalah fisika pada siswa sma. Jurnal Penelitian Dan Aplikasinya, 5(2), 45.

Basonggo, H., Darsikin, & Pasaribu, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran numbered head together (nht) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 7(1), 5.

Batubara, F., & Sinulingga, K. (2014). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe number head together terhadap hasil belajar siswa smp pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Unimed, 2(2), 53.

Bektiarso, S., Haniyah, L., & Wahyuni, S. (2014). Model pembelajaran kooperatif tipe nht (numbered head together) disertai metode eksperimen pada pembelajaran ipa fisika smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(1), 6–8.

Damanik, D. P., Panjaitan, J., & Simangunsong, I. T. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif nht (numbered head together) berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar fisika pada materi pokok listrik dinamis. Jurnal Darma Agung, 28(1), 98.

Dewi, D. R., Prihandono, T., & Handayani, R. D. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe nht disertai metode eksperimen pada pembelajaran fisika kelas X di SMA negeri Arjasa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 49–51.

Hakim, A., & Rambe, D. (2012). Perbedaan hasil belajar fisika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe nht dan model konvensional pada materi pokok besaran dan satuan. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 12.

Hidayah, N. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap pemahaman konsep fisika siswa di SMA Negeri 2 Tebih Tinggi, 433–434.

Huda, M. (2016). Cooperative Learning: metode, teknik, struktur dan model terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hutahaean, J, & Ratna, S. D. (2014). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (nht) dengan menggunakan media mindmapping terhadap hasil belajar siswa kelas xi semester 2 pada materi pokok fluida statis di SMA Negeri 10 Medan TP. 2013/2014. Jurnal Inpafi, 2(4), 66.

Mahir, M. (2015). Peningkatan hasil belajar fisika melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together pada peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 16 Makassar. JPF, 4(1), 82–86.

Nor, M., Suryani, L., & Zulhelmi, Z. (2009). Keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran fisika melalui penerapan model kooperatif pendekatan nht dan tsos Di Kelas X SMA Negeri 12 Pekanbaru. Jurnal Geliga Sains, 3(1), 42.

Nurazizah, N., Sudarto, S., & Yunus, S. R. (2017). Pengaruh penggunaan metode mind mapping pada model pembelajaran kooperatif tipe nht (number head together) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar ipa peserta didik kelas VII SMPN 6 Watampone. JIT, 1(1), 80.

Nurhadisah, N., Halim, A., & Khaldun, I. (2014). Pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dengan pendekatan inkuiri untuk meningkatkan penguasaan konsep kalor siswa sma. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 2(1), 58–63.

Nursyamsi, S. Y., Corebima, A. D., & Susilo, H. (2016). Pengaruh strategi pembelajaran numbered heads together (nht) terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Muara Badak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 1997.

Prastiti, W. (2016). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (nht) pada materi gerak parabola dan gerak melingkar melalui kegiatan lesson study. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 57.

Purnomo, B. E., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. R. (2017). Penerapan model kooperatif tipe nht untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar fisika. Jurnal Sainsmat, 6(1), 70–73.

Rahmawati, D., Nugroho, S. E., & Putra, N. M. D. (2014). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together berbasis eksperimen untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa smp. Unnes Physics Education Journal, 3(1), 41–45.

Rasyid, A., Pasaribu, M., & Kamaluddin, H. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe nht (numbered heads together)dan kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di SMP Negeri 2 Poso. Jurnal Mitra Sains, 3(1), 64.

Rofiqoh, F., Mahardika, I. K., & Yushardi. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (nht) disertai media monopoli games terintegrasi pendekatan problem solving pada pembelajaran fisika di sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 202.

Sani, R. A. (2014). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Pranada Media.

Sari, E. W., Husna, H., & Anaperta, M. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (nht) terhadap pemahaman konsep ipa fisika siswa kelas vii SMP Muhammadiyah 6 Padang.

Sari, R. K., Supriatin, A., & Yuliani, H. (2015). Perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (nht) dan study team achievement division (stad) ditinjau dari sikap ilmiah siswa. EduSains, 3(2), 107.

Setianingrum, R. P., & Sunarti, T. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe nht dengan media physicround pada materi cahaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2), 90.

Simanjuntak, B. A., & Soedjito, S. (2014). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia dan Conservation International.

Simanjuntak, M. P. (2013). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe nht terhadap hasil belajar siswa smp pada materi gaya dan hukum Newton T.P 2012/2013. Jurnal Inpafi, 1(2), 111–113.

Siregar, A. F. (2012). Pengaruh model kooperatif tipe nht terhadap hasil belajar siswa kelas viii SMP Negeri 18 Medan. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 38.

Subur, S. (2015). Pembelajaran Nilai Moral Berbasis Kisah. Yogyakarta: Kalimedia.

Susanti, F., Ayub, S., & Taufik, M. (2016). Perbedaan hasil belajar fisika melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (nht) berbantuan kartu soal dengan model pembelajaran direct instruction di SMAN 7 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 150–152.

Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2014). Model-Model Pembelajran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Trianto, T. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Warsono, W., & Hariyanto, H. (2013). Pembelajaran aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wati, W., & Rini, F. (2016). Effect size model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (nht) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran fisika. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 219–220.

Yuli, Sahidu, H., & Ayub, S. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (nht) berbantuan lkpd terhadap kemampuan berpikir kreatif fisika peserta didik Di SMAN Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 54–55.




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats