Efektivitas E-Learning Materi Persamaan Bessel Menggunakan Schoology pada Fisika Matematika untuk Melatih Karakter Mahasiswa

Imas Ratna Ermawati, Desti Setianingrum, Maurina Maurina

Abstract


Kemajuan zaman yakni dari segi teknologi memiliki peranan penting dalam mendukung pembelajaran. Fokus dari penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas E-learning Schoology pada materi persamaan Bessel untuk melatih karakter mahasiswa. Penelitian ini merupakan bagian dari Research and Development dengan model Allessi & Trolyb (Planning, Design, Development). Subjek uji coba adalah 25 mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP UHAMKA semester IV yang dipilih secara purposive samlpling. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi yang digunakan untuk mengetahui hasil kegiatan dengan pembelajaran E-Learning melalui media Schoology. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan Kelayakan penggunaan E-learning Schoology ditinjau dengan menggunakan angket untuk mengukur karakter mahasiswa pada pengumpulan tugas. Kelayakan penggunaan Schoology dengan nilai rata-rata 71% dengan kriteria baik saat menggunakan E-learning Schoology ditunjukkan dengan nilai rata-rata keseluruhan untuk 6 prinsip karakter pengguna tingkat tinggi dengan rata-rata kejujuran 8,58, disiplin rata-rata 9, 08, materi iklan rata-rata 9,33, rata-rata 8,76 dan tanggung jawab rata-rata 7,37. Rata-rata keseluruhan karakter adalah 8,60 (baik).  Simpulannya adalah bahwa E-learning melalui media Schoology layak untuk melatih karakter dalam belajar mahasiswa semester IV pada materi persamaan Bessel.

The progress of the times in terms of technology has an important role in supporting learning. The focus of this research is describes the effectiveness of e-learning Schoology on the Bessel equation material to train student character. This research is part of the Research and Development by Alessi & Trolyb (Planning, Design, Development) model. The test subjects were 25 Physics Education FKIP UHAMKA semester IV students selected by purposive sampling. The data collection technique is through observation used to find out the results of activities with E-Learning learning through Schoology media. This research and development resulted in the feasibility of using E-learning Schoology reviewed by using a questionnaire to measure students' character in collecting assignments. The feasibility of using Schoology with an average value of 71% with good criteria when using E-learning Schoology is indicated by the overall average score for six high-level user character principles with an average honesty of 8.58, discipline an average of 9.08, creative average 9.33, average 8.76 and average responsibility 7.37. The overall average of the characters is 8.60, with a good category. This research concludes that E-learning through Schoology is feasible to train character in fourth-semester student learning on the Bessel equation material.


Keywords


E-Learning; Karakter; Schoology

Full Text:

PDF

References


Bahri, S. (2015). Implementasi pendidikan karakter dalam mengatasi krisis moral di sekolah. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 57–76.

Dahiya, S., Jaggi, S., Chaturvedi, K. K., Bhardwaj, A., Goyal, R. C., & Varghese, C. (2016). An elearning system for agricultural education. Indian Research Journal of Extension Education, 12(3), 132–135.

Dewantara, D, Misbah, M., & Wati, M. (2019). The implementation of blended learning in analog electronic learning. Journal of Physics: Conference Series, 1422(012002), 1–5. https://doi.org/10.4108/eai.27-4-2019.2285291

Dewantara, Dewi. (2018). Perbedaan Kemampuan Analisis Mahasiswa Antara Pembelajaran Berbantuan Schoology dan Edmodo Pada Mata Kuliah Fisika Biologi. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(April), 1–8. Retrieved from https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i1.826

Dewantara, Dewi, Wati, M., & Misbah, M. (2020). Blended learning to improve learning outcomes in digital electronics courses. In 1st South Borneo International Conference on Sport Science and Education (SBICSSE 2019). Atlantis Press.

Firmansyah, B. H. (2015). Pengembangan blended learning berbasis schoology. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UM, 3(8), 86–102.

Hilyana, F. S., & Hakim, M. M. (2018). Integrating character education on physics courses with schoology based e-learning. Journal of Information Technology Education: Research, 17(1), 577–593.

Kironoratri, L. (2020). Komik Berbasis Pendidikan Karakter Sebagai Media Pembelajaran Memproduksi Teks Cerpen. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1–11.

Kulsum, U. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis PAIKEM. Surabaya: Gema Pratama Pustaka.

Maulida, M., Wati, M., & Annur, S. (2015). Pengembangan bahan ajar berbasis pendidikan karakter dalam mendukung implementasi kurikulum 2013. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 11–19.

Misbah, M., Khairunnisa, Y., Amrita, P. D., Dewantara, D., Mahtari, S., Syahidi, K., … Deta, U. A. (2021). The effectiveness of introduction to nuclear physics e-module as a teaching material during covid-19 pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1760(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1760/1/012052

Misbah, M, Pratama, W. A., Hartini, S., & Dewantara, D. (2018). Pengembangan e-learning berbasis schoology pada materi impuls dan momentum untuk melatihkan literasi digital. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 3(2), 109–114.

Misbah, Misbah, Wati, M., Rif’at, M. F., & Prastika, M. D. (2018). Pengembangan petunjuk praktikum fisika dasar i berbasis 5m untuk melatih keterampilan proses sains dan karakter wasaka. Jurnal Fisika FLUX, 15(1), 26. https://doi.org/10.20527/flux.v15i1.4480

Murni, C. K., & Harimurti, R. (2016). Pengaruh e-learning berbasis schoology terhadap peningkatan hasil Smk Negeri 3 Buduran , Sidoarjo. Jurnal IT-Edu, 01(01), 86–90.

Nurhayati, V., Suyanto, E., & Suana, W. (2018). Desain perangkat blended learning berbantuan learning management system pada materi fluida dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 21–33.

Pratama, W. A., Hartini, S., & Misbah, M. (2019). Analisis Literasi Digital Siswa Melalui Penerapan E-Learning Berbasis Schoology. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 9-13.

Rahayu, F. S. (2012). Cyberbullying sebagai dampak negatif penggunaan teknologi informasi. Journal of Information Systems, 8(1), 22–31.

Saregar, A., Jamaludin, W., & Septiani, R. (2019). Feasibility test of mobile learning with schoology: efforts to foster the students’ learning interest on magnetism publishing. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.

Susilowati, E., & Dewantara, D. (2021). Pengaruh blended learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan ketrampilan berpikir kreatif. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 6(2).

Tandirerung, V. (2014). Implementasi e-learning program keahlian TKJ di SMK DIY pasca pembubaran RSBI. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 96–110.

Wardono, W., Mashuri, M., & Masrukan, M. (2018). Peningkatan uncertainty statistics data mahasiswa melalui lesson study berbasis pembelajaran realistic scientific schoology bermuatan karakter kreatif kemandirian. PRISMA Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 498–515.

Wati, M., Misbah, Rizki, M., Astuti, T. P., & Rizky, S. (2021). Analisis kebutuhan pengembangan instrumen karakter wasaka. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 6(April).

Wibowo, A. T., Akhlis, I., & Nugroho, S. E. (2014). Pengembangan LMS (learning management system) berbasis web untuk mengukur pemahaman konsep dan karakter siswa. Scientific Journal of Informatics, 1(2), 127–137.

Wicaksana, Y., Wardono, W., & Ridlo, S. (2017). Analisis kemampuan literasi matematika dan karakter rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran berbasis proyek berbantuan schoology. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 167–174.

Zainuddin, Z., Irawati, E., M, A. S., Misbah, M., & Dewantara, D. (2020). Developing of natural science teaching materials character-based in science technology and society (STS) approach Developing. Journal of Physics: Conference Series, 1422(012013), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1422/1/012013




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i2.2860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats