Modul Fisika Berbasis Augmented Reality Sebagai Alternatif Sumber Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran terintegrasi Augmented Reality sebagai sumber belajar siswa kelas X SMK Cendekia Madiun. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Produk yang dikembangkan adalah modul yang terintegrasi Augmented Reality pada pokok bahasan Getaran dan Gelombang. Modul pembelajaran terintegrasi Augmented Reality ini telah melalui tahap uji validasi dengan melibatkan 5 validator dengan rata-rata persentase capaian sebesar 77,7% menurut ahli materi dengan kategori layak, 72,5% menurut ahli media pembelajaran. Hasil uji coba kelas kecil oleh 6 siswa dilaksanakan di SMK Ma’arif Dolopo menunjukkan respon siswa terhadap modul yang dikembangkan dengan persentase sebesar 78,67% dengan kategori baik dan hasil uji coba kelas terbatas di SMK Cendekia Madiun terhadap 20 siswa menunjukkan respon siswa dengan persentase sebesar 71,60 % dengan kategori baik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran terintegrasi Augmented Reality ini memenuhi persyaratan dengan kualitas baik dan layak digunakan sebagai modul penunjang dalam pembelajaran.
This study aims to develop an integrated learning module of Augmented Reality as a learning resource for grade X students of SMK Cendekia Madiun. This study uses the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) method. The product being developed is a module integrated with Augmented Reality on the subject of Vibrations and Waves. This Augmented Reality integrated learning module has gone through the validation test stage with an average percentage of achievement of 77.7% according to material experts with the feasible category, 72.5% according to instructional media experts. The small class trial results by six students showed an achievement percentage of 51%, and the results of a limited class trial with 20 students showed an achievement percentage of 31%. From the results of this study, this Augmented Reality integrated learning module meets the requirements with good quality and is suitable for use as a supporting module in learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Affandi, H., Suwarna, I. P., & Hertanti, E. (2014). Pengaruh media pembelajaran berbasis augmented reality terhadap hasil belajar siswa kelas x pada konsep dinamika partikel.
Agus, M. (2008). Pembiasaan Berpikir Kritis dengan Pembiasaan Membaca Kritis. Bandung: Alfabeta.
Alfika, Z. A., & Mayasari, T. (2018). Profil kemampuan memecahkan masalah pelajaran fisika siswa MTs. Paper presented at the Quantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika.
Aryani, P. R., Akhlis, I., & Subali, B. (2019). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbentuk augmented reality pada peserta didik untuk meningkatkan minat dan pemahaman konsep ipa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(2), 90-101.
Asmawati, E. Y. (2015). Lembar kerja siswa (LKS) menggunakan model guided inquiry untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1).
Cai, S., Chiang, F.-K., Sun, Y., Lin, C., & Lee, J. J. (2017). Applications of augmented reality-based natural interactive learning in magnetic field instruction. Interactive Learning Environments, 25(6), 778-791.
Chaeranti, S. N., Bakri, F., & Permana, A. H. (2018). Modul yang Dilengkapi dengan Teknologi Augmented Reality: Cara Mudah Belajar Fisika untuk Konsep dan Fenomena Kuantum dI SMA Kelas XII. Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal).
Clark, A., & Dünser, A. (2012). An interactive augmented reality coloring book. Paper presented at the 2012 IEEE Symposium on 3D User Interfaces (3DUI).
Diani, R. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis pendidikan karakter dengan model problem based instruction. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 243-255.
Dünser, A., Walker, L., Horner, H., & Bentall, D. (2012). Creating interactive physics education books with augmented reality. Paper presented at the Proceedings of the 24th Australian computer-human interaction conference.
Fidan, M., & Tuncel, M. (2019). Integrating augmented reality into problem based learning: The effects on learning achievement and attitude in physics education. Computers & Education, 142, 103635.
Hapsari, N. D., Toenlioe, A. J., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Augmented Reality Video Sebagai Suplemen Pada Modul Bahasa Isyarat. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 185-194.
Jannah, S. N., Doyan, A., & Harjono, A. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan problem posing ditinjau dari pengetahuan awal terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa smk. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(4), 257-264.
Khunaeni, L. N., Yuniarti, W. D., & Khalif, M. A. (2020). Pengembangan modul fisika berbantuan teknologi augmented reality pada materi gelombang bunyi untuk sma/ma kelas xi. Physics Education Research Journal, 2(2), 83-94.
Muliyati, D., Bakri, F., & Ambarwulan, D. (2018). Aplikasi android modul digital fisika berbasis discovery learning. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 74-79.
Nisrina, N., Gunawan, G., & Harjono, A. (2017). Pembelajaran kooperatif dengan media virtual untuk peningkatan penguasaan konsep fluida statis siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 66-72.
Ramadani, R., Ramlawati, R., & Arsyad, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Augmented Reality. Chemistry Education Review (CER), 3(2), 152-162.
Salsabillah, S., Sudarti, S., & Supeno, S. (2018). Analisis Penguasaan Konsep–Konsep Fisika Pokok Bahasan Gelombang Elektromagnetik Pada Siswa Kelas XiI SMA. FKIP e-PROCEEDING, 3(1), 259-267.
Samiyana, S. (2012). Pengelolaan Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Purworejo. (Magister). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
Sari, Y. M. (2012). Profil Kemampuan siswa smp dalam memecahkan masalah matematika open-ended materi pecahan berdasarkan tingkat kemampuan matematika. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 1(1), 1-8.
Yusro, A. C. (2015). Kontekstual yang terintegrasi dengan website pada siswa kelas XI IA SMA Negeri 5 Madiun tahun ajaran 2012/2013. (Magister). UNS (Sebelas Maret University), Surakarta.
Yusro, A. C., & Sasono, M. (2016). Penggunaan modul ilustratif berbasis inkuiri terbimbing pokok bahasan kinematika gerak lurus untuk meningkatkan hasil belajar dan kemandirian siswa kelas VII SMPN 14 Madiun. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 29-35.
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2874
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |