Pengembangan Buku Ajar Listrik Magnet Berbasis CORE dan Bermuatan Ayat-Ayat Al-Qur’an

Lutfiyanti Fitriah, Irma Rahmawati, Muhammad Fauzan Pribakti, Al Zakaria Al Zakaria

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskipsikan kelayakan buku ajar berbasis model pembelajaran CORE dan bermuatan ayat-ayat Al-Qur’an yang dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan melatih karakter religius mahasiswa calon guru fisika. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model 4D. Subjek ujicoba penelitian ini adalah mahasiswa calon guru fisika berjumlah 14 orang yang sedang mempelajari topik listrik pada mata kuliah Listrik Magnet di tahun akademik 2020/2021. Data diperoleh melalui lembar validasi, inventori evaluasi diri, lembar observasi, dan soal tes. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar memiliki validitas yang sangat baik dengan nilai rata-rata 89,31%; efektif meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa dengan nilai N-gain sebesar 0,56 dalam kategori medium; dan effect size sebesar 3,09 dalam kategori berpengaruh kuat. Selain itu, buku ajar juga mampu menjadikan mahasiswa memiliki karakter religius dengan sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 4,66. Dengan demikian, buku ajar yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan melatih karakter religius pada mata kuliah Listrik Magnet.


The research aims to describe the feasibility of a developed textbook based on the CORE learning model containing Al-Qur’an verses to improve student cognitive learning outcomes and train prospective physics teachers to do religious behaviour. The research used to research and development with the development model of 4D. The subjects of this research were 14 students of the 2020/2021 academic year who learned electricity topics in the Electricity and Magnetism course. The data were obtained through a validation sheet, self-evaluation inventory sheet, observation sheet, and test. The data were analyzed quantitatively and qualitatively. The result of the research showed that textbook validity was very well with an average score of 89.31%, students’ cognitive learning outcomes improved with an N-Gain score of 0.56 in the medium category, and an effect size score of 3.09 in the strong effect category. Then, the textbook made students have religious characters very well, with an average score of 4.66. This research concludes that the textbook could improve cognitive learning outcomes and train religious characters in Electricity and Magnetism course.

 


Keywords


Ayat Al-Qur’an; Model Pembelajaran CORE; Pengembangan Buku Ajar

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Rosdakarya.

Ali, M., Sunarno, W., & Sukarmin, S. (2015). Pengembangan modul IPA berbasis karakter islami melalui pendekatan saintifik pada tema rotasi dan revolusi bumi sebagai implementasi kurikulum 2013. Jurnal Inkuiri, 4(2), 57–67.

Amrulloh, M. S., & Suprapto, N. (2018). Pengembangan bahan ajar fisika berbasis CORE untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik materi momentum dan impuls. Inovasi Pendidikan Fisika, 7(03), 448–451.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ardan, A. S. (2016). The development of biology teaching material based on the local wisdom of Timorese to improve students knowledge and attitude of environment in caring the persevation of environment. International Journal of Higher Education, 5(3), 190–200.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azizah, L., Mariani, S., & Rochmad. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran model CORE bernuansa konstruktivis untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1(2), 100–105.

BSNP. (2014). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Cahyati, F., & Suseno, N. (2015). Pengembangan LKS materi listrik statis berorientasi nilai Al-Qur’an untuk siswa kelas IX Sekolah Muhammadiyah. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, 3(2), 60–68.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Methods in Education (Six edition). Newyork: Taylor & Francis.

Diani, R., & Hartati, N. S. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 234–244.

Ewing, B. (2011). Direct instruction in mathematics: issues for schools with high indigenous enrolments: A Literature Review. Australian Journal of Teacher Education, 36(5), 64–91.

Fatikhakh, N., Maftukhin, A., & Fatmaryanti, S. D. (2018). Pengembangan handout fisika berbasis CORE (Connecting, Organizing, Reflecting and Extending) untuk meningkatkan higher order thinking skills pada peserta didik SMA. Radiasi, 10(2), 46–52.

Fatmaryanti, S. D., & Sarwanto, S. (2015). Profil kemampuan representasi mahasiswa pendidikan fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 1(1), 20–22.

Fitriah, L. (2019). Efektivitas buku ajar fisika dasar 1 berintegrasi imtak dan kearifan lokal melalui model pengajaran langsung, 7(2), 82–96. 5909

Fitriah, L. (2020). Use of islamic and local wisdom textbook to train the religious character of prospective physics teachers. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(3), 157–169.

Fitriah, L., & Rahmawati, I. (2020). Listrik Magnet Seri 2. Kabupaten Banjar: Alra Media.

Gunada, I. W., Sahidu, H., & Sutrio, S. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 38–46.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 1(68), 64–74.

Hartini, S., Isnanda, M. F., Wati, M., Misbah, M., An’nur, S., & Mahtari, S. (2018). Developing a physics module based on the local wisdom of Hulu Sungai Tengah regency to train the murakata character. Journal of Physics: IOP Conference Series, 1088, 1–6.

Hartini, S., Misbah, M., Helda, H., & Dewantara, D. (2017). The effectiveness of physics learning material based on South Kalimantan local wisdom. In AIP Conference Proceeding, 1868, 1-7.

Hartono, H. (2011). Sains Qur’ani: Produk Integrasi Sains dan Agama. Purwokerto: STAIN Press.

Hasan, S. H., Wahab, A. A., Hamka, Kurniawan, Anas, Z., & Nurlaili, L. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Husna, A., Hasan, M., Mustafa, M., Syukri, M., & Yusrizal, Y. (2020). Pengembangan modul fisika berbasis integrasi Islam-sains pada materi gerak lurus untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Indonesian Journal of Science Education, 8(1), 55–66.

Khoiri, A., Agussuryani, Q., & Hartini, P. (2017). Penumbuhan karakter Islami melalui pembelajaran fisika berbasis integrasi sains-Islam. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 19–31.

Khumaidah, S., & Misbah, M. (2020). Pengaruh motivasi, kebiasaan belajar, sarana belajar, dan gaya mengajar guru pada prestasi hasil belajar siswa MA Manbail Futuh Jenu tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal Oportunitas Unirow, 01(01), 42–49.

Latifah, S. (2015). Pengembangan modul IPA terpadu terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an pada materi air sebagai sumber kehidupan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 155.

Latifah, S., & Ratnasari, R. (2016). Pengembangan modul IPA terpadu terintegrasi ayat-Ayat Al-Qur’an pada materi tata surya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(20), 25–33.

Leech, N. L., Barret, K. C., & Morgan, G. A. (2005). SPSS for Introductory Statistics: Use and Interpretation Second Edition. Jurnal Pendidikan Eksakta (Vol. 1). New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Incan.

Mailisa, P., Masril, M., & Darvina, Y. (2017). Pengaruh penerapan bahan ajar terintegrasi nilai-nilai karakter dalam model pembelajaran kooperatif harmonis sederhana terhadap kompetensi. Pillar of Physics Education, 9, 145–152.

Mardiansyah, Y., Asrizal, A., & Yulkifli, Y. (2013). Pembuatan modul fisika berbasis TIK untuk mengintegrasikan nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran siswa SMAN 10 Padang kelas X semester 1. Pillar of Physics Education, 1, 30–38.

Mastuang, M., Misbah, M., Yahya, A., & Mahtari, S. (2019). Developing the physics module containing Quranic verses To train the local wisdom character. Journal of Physics: IOP Conference Series, 1171 01201, 1–7.

Nurhafizah, N., Zainuddin, Z., & An’nur, S. (2015). Pengembangan modul fisika kelas VII SMP/MTs berbasis interelasi Al-Qur’an dan sains pada materi ajar kalor. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 1–10.

Nursulistiyo, E., Kusumaningtyas, D. A., & Puspitasari, A. D. (2018). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis keunggulan teknologi dan dijiwai nilai Islam mata pelajaran. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, 6(1), 1–11.

Ogunleye, A. O. (2009). Teachers’ and students’ perceptions of students’ problem-solving difficulties in physics : Implications for remediation. Journal of College Teaching and Learning, 6(7), 85–90.

Pertiwi, F. N. (2016). Pembelajaran fisika dasar terintegrasi nilai-nilai pendidikan Islam melalui diagram vee. Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(1), 35–46.

Rahmaniati, R., & Supramono, S. (2015). Pembelajaran I–SETS (islamic, science, environment, technology and society) terhadap hasil belajar siswa. Anterior Jurnal, 14(2), 194–200.

Saregar, A., Cahyanti, U. N., Misbah, M., Susilowati, N. E., Anugrah, A., & Muhammad, N. (2021). CORE learning model: Its effectiveness towards students’ creative thinking. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 10(1), 35–41.Sari, A. R., & Budhi, W. (2017). Hubungan antara karakter siswa, kedisiplinan siswa, dan kelengkapan sarana prasarana sekolah dengan prestasi belajar fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Compton, 4(1), 1–12.

Setiawan, B., Innatesari, D. K., Sabtiawan, W. B., & Sudarmin. (2017). The development of local wisdom-based natural science module to improve science literation of students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 49–54.

Suseno, N. (2014). Pemetaan analogi pada konsep abstrak fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 1–10.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. Minnesota: Leadership Training Institute Special Education, University of Minnesota.

Umajjah, N. T. (2018). Pengembangan modul pembelajaran fisika bernuansa pendidikan islam di SMA Islam Al Azhar 12 Makassar. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 1(1), 74–95.

Wahyuni, A. I., Astuti, B., & Yulianti, D. (2017). Bahan ajar fisika berbasis I-SETS (Islamic, Science, Environment, Technology, Society) terintegrasi karakter. Unnes Physics Education Journal, 6(3), 17–25.

Widoyoko, E. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winarti, W. (2015). Pengembangan Perangkat pembelajaran fisika bermuatan integrasi Islam-sains untuk menanamkan nilai-nilai spritual siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan, 1(2), 54–60.

Zainuddin, Z., Afnizar, H. A., Mastuang, M., & Misbah, M. (2018). Developing a teaching material oriented to science and technology and local wisdom in wetland environment. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 274, 323–325.




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.2970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats