Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Basis Hands on Activies dan Minds on Activities Pada Materi Alat Optik
Abstract
LKPD berbasis Hands on Activity (HoA) dan Minds on Activity (MoA) belum tersedia, terutama pada materi alat optik. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan LKPD berbasis HoA dan MoA pada materi alat optik serta mendeskripsikan validitas dan kepraktisannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Objek penelitian ini ialah kualitas kelayakan LKPD berbasis HoA dan MoA yang dikembangkan berdasarkan kriteria validitas dan kepraktisan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrumen validitas pakar, wawancara dan kuesioner. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di salah satu SMA Banjarmasin. Data diperoleh dari validitas pakar dan lembar keterbacaan LKPD oleh peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validitas LKPD berbasis HoA dan MoA sebesar 3,39 dengan kategori valid dan (2) kepraktisan LKPD berbasis HoA dan MoA sebesar 75,48% dengan kategori praktis. Dengan demikian, disimpulkan bahwa LKPD alat optik berbasis HoA dan MoA layak digunakan dalam proses pembelajaran fisika. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru atau tenaga pengajar dan membantu proses pembelajaran pada materi alat optik.
Student worksheets based on hands-on and minds-on activities (HoA and MoA) are not yet available, specifically on the subject of optical instruments. This research focused on producing student worksheets based on HoA and MoA on optical instruments subject and describe its validity and practicality. This research is development research with the ADDIE model. The object of this research is the eligibility quality of student worksheets based on HoA and MoA, which was developed regarding its validity and practicality criteria. This development research uses the ADDIE model within student worksheets based on hands-on and minds-on activities as research subjects. The test subjects in this research were class XI students at one of the high schools in Banjarmasin. The data collection techniques were carried out by expert validation instruments, interviews and questionnaires. The data were obtained from expert validation and student worksheets readability sheets. This research showed that: (1) the validity of student worksheets based on HoA and MoA was 3,39, which in the valid category and (2) the practicality of student worksheets based on HoA and MoA was 75.48% which in the practice category. Thus, student worksheets based on HoA and MoA on optical instruments subject were eligible to be implemented in learning physics. This research is expected to be a reference for teachers and help the learning process on optical instrument subjects.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji, S., Hudha, M. N., & Rismawati, A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Science Education Journal, 1(1). https://doi.org/doi.org/10.21070/sej.v1i1.830
Akbar, S. (2017). Instrumen perangkat pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Aprilla, M., Hairida, & Melati, H. A. (2016). Pengaruh pembelajaran berbasis hands on teknik guided worksheet activity terhadap hasil belajar ipa di smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(2).
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Bumi Aksara.
Asmawati, A., Karmana, I. W., & Hunaepi, H. (2017). Pengaruh pendekatan kontekstual berbasis hands on activity terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan kognitif siswa. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33394/j-ps.v5i2.1156
Avisya, N., Miriam, S., & Suyidno, S. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif berbasis hands on activity untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 94–103. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/jipf.v3i3.1036
Bhato, D. N., Winarko, W., Ika, Y., Pranyata, P., & Leonard, M. (2018). Pengaruh hands on and minds on activity dengan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kritis. seminar nasional fst universitas kanjuruhan malang, 1, 541–550.
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). Springer Science & Business Media.
Densius, Bhato, N., Winarko, W., Ika, Y., & Pranyata, P. (2018). Pengaruh hands on and minds on activity dengan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kritis. Seminar Nasional FST, 541–550.
Fathir, M., & Sabrun, S. (2015). Penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis hands on activity pada materi statistika untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 1(2), 131–139.
Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa smp berdasarkan teori belajar ausubel. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182–192.
Hariri, A. I. (2015). Pembelajaran berbasis hands on minds on activity pada pembelajaran sains kontekstual.
Herman, H. (2015). Pengembangan lkpd tekanan hidrostatik berbasis keterampilan proses sains. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 11(2), 120–131.
Jannah, W., Miriam, S., & Mahtari, S. (2021). Pengembangan lkpd berbasis hands on activity untuk melatihkan keterampilan proses sains pada materi gelombang cahaya. JRFES (Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains), 8(1), 8–22.
Kartono. (2010). Hands on activity pada pembelajaran geometri sekolah sebagai asesmen kinerja siswa. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 1(1), 21–32.
Kurniawan, W., Ertikanto, C., & Suana, W. (2017). Hands on minds on activity terhadap hasil belajar melalui inkuiri terbimbing. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2).
Mahjatia, N., Susilowati, E., & Miriam, S. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis STEM untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3).
Masitah, Miriam, S., & Misbah, M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis hands on activity untuk melatihkan aktivitas peserta didik pada materi fluida statis. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 8(1), 24–33.
Novita, I. A., Prastowo, S. H. B., & Wahyuni, S. (2017). Peran bahan ajar multimedia interakif terhadap keterampilan proses sains (kps) siswa kelas x sma. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2017.
Nurqomariah, & Sutrio, G. (2015). Pengaruh model problem based learning dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar ipa fisika siswa kelas vii smp negeri 19 mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 173–178.
Pratiwi, R. (2015). Materi energi panas dan bunyi berbasis model project based learning dengan teknik mind mapping untuk kelas iv sekolah dasar. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Putri, A. S. (2017). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis learning cycle 7e tema “bahaya rokok bagi pernapasan” untuk meningkatkan scientific literacy peserta didik. Universitas Negeri Yogyakarta.
Ramadhani, R., Miriam, S., & Mahtari, S. (2020). Pengembangan lkpd gerak harmonik sederhana berbasis hands on dan minds on activity untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kappa Journal, 4(2), 217–224. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/kpj.v4i2.2549
Suparno, P. J. (2013). Metodologi pembelajaran fisika konstruktivistik dan menyenangkan. Universitas Sanata Dharma.
Syamsurizal, E., Marzelina, D., Dkk, H., Zulfiati, H. M., & Miftah, M. (2017). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) non eksperimen untuk materi kesetimbangan kimia kelas xi ipa sman 8 muaro jambi. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 6(1), 35–42.
Uki, R. S., Saehana, S., & Pasaribu, M. (2017). Pengaruh model pembelajaran generatif berbasis hands-on activity pada materi fluida dinamis terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Physics Communication, 1(2), 6–11. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/physcomm.v1i2.10431
Widjajanti, E. (2008). Kualitas lembar kerja siswa. Seminar Pelatihan Penyusunan LKS Untuk Guru SMK/MAK, pada Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Pendidikan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, 2-5.
Widoyoko, E. P. (2016). Evaluasi program pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Yuliati, D. I., Yulianti, D., & Khanafiyah, S. (2012). Pembelajaran fisika berbasis hands on activities untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dan meningkatkan hasil belajar siswa smp. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1), 23–27. https://doi.org/10.15294/jpfi.v7i1.1064
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.3294
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |