Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Connected Materi Konsep Cahaya

Sugeng Wibowo, Amiruddin Hatibe, I Komang Werdhiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA terpadu tipe connected materi konsep cahaya, serta mendeskripsikan kelayakannya yang ditinjau dari: 1) validitas perangkat pembelajaran materi konsep cahaya; 2) respons siswa terhadap perangkat; dan 3) hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D model Kemp serta analisis fenomenologis. Hasil yang diperoleh berupa: 1) kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Buku Bacaan Siswa, Lembar Kerja Siswa, dan Tes hasil Belajar adalah berkategori baik; 2) respon siswa terhadap perangkat pembelajaran terpadu  tipe connected baik; 3) produk hasil pengembangan perangkat yang dikembangkan berdampak signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Poso. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran IPA terpadu tipe connected materi konsep cahaya layak untuk digunakan. Produk pengembangan ini dapat dimanfaatkan menjadi salah satu alternatif pada pembelajaran materi konsep cahaya.


Keywords


Pengembangan; Perangkat Pembelajaran; Tipe Connected

Full Text:

PDF

References


Abruscato, J., & DeRosa, D. (2019). Teaching children science a discovery approach. Tokyo: University of Vermont.

Andansari, R. F., & Sugiarto, B. (2015). Penerapan pembelajaran ipa terpadu tipe connected materi sifat larutan serta keterkaitannya dengan sumber arus listrik kelas vii smpn 1 trawas mojokerto. Jurnal Pendidikan Sains.

Annisa, N., Hidayatullah, S., & Usmeldi, U. (2021). Meta analisis pengaruh model terhubung terhadap kompetensi pengetahuan siswa sd dan smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1).

Astiti, K. A., & Engge, B. Y. (2020). Pengembangan bahan ajar ipa terpadu tipe connected pada materi energi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 102–111.

Bangun, G. J. F. Y., Wati, M., & Miriam, S. (2019). Pengembangan modul fisika menggunakan model inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains dan sikap sosial peserta didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2).

Fogarty, R. (2013). The mindful school how to integrate the curricula. Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc. Palatine.

Ibrahim, A. A. (2015). Comparative analysis between system approach, kemp, and assure instructional design models. Internasional Journal of Education and Research, 3(1).

Makhrus, M., & Hadiprayitno, G. (2013). Penerapan perangkat pembelajaran fisika berorientasi pembelajaran ipa terpadu tipe connected. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 237–242.

Ningsih, R. (2017). Pengaruh penggunaan perangkat pembelajaran ipa terpadu tipe connected terhadap kompetensi pengetahuan dan keterampilan siswa smp negeri 2 kelumpang tengah. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 6(2), 1335–1362.

Oktamagia, D. W. (2013). Pengaruh pembelajaran terpadu tipe connected terhadap hasil belajar ipa fisika pada materi cahaya dan alat optik di kelas viii smp n 1 sungai tarab. Pillar of Physics Education, 2(1).

Pratiwi, R. (2013). Pemanfaatan media animasi dalam pembelajaran kimia untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa di sma n 12 pekanbaru. Prosiding Semirata Universitas Lampung.

Qalbi, N. A., Zainuddin, Z., & Miriam, S. (2019). Validitas dan kepraktisan perangkat pembelajaran dengan metode problem solving melalui model pengajaran langsung pada materi usaha energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(3).

Rahayu, D. M. (2013). Penerapan model kooperatif tipe stad pada pembelajaran ipa terpadu tema fotosintesis untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas viii a smp n 2 sugio-lamongan. Pensa E-Jurnal, 1(2), 78–83.

Ridha, F. A. (2015). Penerapan pembelajaran ipa terpadu tipe connected materi sifat larutan serta keterkaitannya dengan sumber arus listrik kelas vii smpn 1 trawas mojokerto. Jurnal Pendidikan IPA UNESA, 1–8.

Ridyah, S. W., & Sriyati, S. (2016). Pembelajaran ipa terpadu dengan tipe connected dengan model experiential learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa smp., 8(2), . Edusains, 8(2), 122–127.

Sudrajat, A., Zainuddin, Z., & Misbah, M. (2017). Meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas x ma muhammadiyah 2 al furqan melalui model pembelajaran penemuan terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 74–85.

Usmeldi, U., Amini, R., & Asrizal, A. (2021). Pendampingan guru dan peserta didik dalam pembelajaran ipa terpadu di smp. Abdimas Galuh, 3(2), 288–297.




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.3369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats