Pengembangan modul pembelajaran IPA SMP berbasis literasi sains pada materi sistem tata surya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas modul pembelajaran IPA SMP berbasis literasi sains pada materi sistem tata surya berdasarkan penilaian para validator. Modul pembelajaran dikembangkan dengan model pengembangan 4D. Tetapi, pada penelitian ini hanya sampai pada tahap validasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi modul pembelajaran berbasis literasi sains, yang telah di validasi oleh lima orang validator. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis validitas isi menurut Aiken’s V. sedangka kriteria valid yang digunakan berdasarkan tabel Aiken’s V adalah nilai indeks V yang didapat minimal berjumlah 0.87. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan data hasil validasi menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbasis literasi sains memiliki tingkat validitas yang sangat baik ditinjau dari lima aspek: 1) kelengkapan penyajian buku memperoleh skor 0.96 kriteria sangat valid, 2) kelayakan isi memperoleh skor 0.90 kriteria sangat valid, 3) teknik penyajian memperoleh skor 0.98 kriteria sangat valid, 4) bahasa memperoleh skor 0.93 kriteria sangat valid, dan 5) literasi sains memperoleh skor 0.84 juga dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan modul pembelajaran IPA SMP berbasis literasi sains pada materi sistem tata surya yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan valid pada kelima aspek tersebut. Peneliti berkeyakinan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan ini dapat memfasilitasi guru dalam proses pembelajaran dan diharapkan dengan modul pembelajaran yang dikembangkan ini peserta didik juga dapat memahami dan menguasai pembelajaran IPA terpadu dengan lebih mudah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahied, M., Muharrami, L. K., Fikriyah, A., & Rosadi, I. (2020). Improving Student’s Scientific Literacy Through Distance Learning With Augmented Reality-Based Multimedia Amid The Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 499–511.
Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131–142.
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran cetakan kelima. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Amallia, Y. R. (2017). Analisis Buku Ajar IPA SMP Kelas VIII Semester 2 ditinjau dari Aspek Literasi Sains, Inkuiri, dan Keterpaduan Materi IPA. Skripsi. Universitas Negeri Padang.
Atmaji, R. D., & Maryani, I. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Literasi Sains Materi Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V SD. Fundamental Pendidikan Dasar, 1(1), 28–34.
Avikasari, A., Rukayah, R., & Indriayu, M. (2018). The influence of science literacy-based teaching material towards science achievement. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE)., 7(3), 182–187.
Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
BSNP. (2014). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Chee, K. N., Yahaya, N., Ibrahim, N. H., & Hasan, M. N. (2017). Review of mobile learning trends 2010-2015: A meta-analysis. Educational Technology & Society, 20(2), 113–126.
Costa, P. D. da, & Araujo, L. (2018). Quality of Teaching and Learning in Science. Luxembourg: Joint Research Centre (JRC).
Dragoş, V., & Mih, V. (2015). Scientific literacy in school. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 209, 167–172.
Fakhriyah, F., Masfuah, S., & Mardapi, D. (2019). Developing Scientific Literacy-Based Teaching Materials to Improve Students’ Computational Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 482–491.
Izzati, N., & Fatikhah, I. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Bermuatan Emotion Quotient Pada Pokok Bahasan Himpunan. EduMa, 4(2), 46–61.
Kartikasari, A., Roemintoyo., & Yamtinah, S. (2018). The Effectiveness of Science Textbook Based on Science Technology Society for Elementary School Level. International Journal of Evaluation and Research in Education, 7(2), 127–131.
Kelana, J. B., & Pratama, D. F. (2019). Bahan ajar IPA berbasis literasi sains. Bandung: Lekkas.
KEMDIKBUD. (2017). Materi penunjang literasi sains: Gerakan literasi sains. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kusumawati, A. T., Sanjaya, I. G. M., & Kholiq, A. (2020). Elite (E-Book Literacy) for Junior High School Student’s Scientific Literacy in Solar System Material. Journal of Physics: Conference Series, 1491(1). IOP Publishing.
Nafaida, R. (2018). Pengembangan Modul Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Termodinamika. GRAVITASI Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 1(2), 17–19.
OECD. (2003). The PISA 2003 assessment framework. Paris: OECD.
OECD. (2016). PISA 2015 results in focus: What 15year-olds know and what they can do with what they know. New York: Columbia University.
OECD. (2019). PISA 2018 results in focus: What 15year-olds know and what they can do with what they know. New York: Columbia University.
Riyanti, R. (2019). Pengembangan Modul IPA Berbasis Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) untuk Memberdayakan Literasi Sains dan Sikap Ilmiah Peserta Didik pada Materi Sistem Gerak Manusia Kelas VIII di SMP/MTs Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung.
Rokhmah, A., Sunarno, W., & Masykuri, M. (2017). Science Literacy Indicators in Optical Instruments of Highschool Physics Textbooks Chapter. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 13(1), 19–24.
Rusilowati, A., Nugroho, S. E., & Susilowati, S. M. (2016). Development of science textbook based on scientific literacy for secondary school. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(2), 98–105.
Sujiono. (2014). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Problem Based Learning Tema Gerak untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. Minneapolis, Minnesota: leadership training institute/special education.
Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun literasi sains peserta didik. Bandung: Humaniora.
Wahyu, E., & Markos, S. (2016). Analisis buku siswa mata pelajaran IPA kelas VIII SMP/Mts berdasarkan kategori literasi sains. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(2).
Yulita, I. (2017). Desain bahan ajar berbasis literasi sains: hakekat ilmu kimia pada konteks air laut. Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY, 89–100.
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.3675
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |