Implementasi Kurikulum Terpadu Model Integrated Berbasis STEM menggunakan Flipped Classroom untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep

Zavira Utami Ramadita, Abdurrahman Abdurrahman, Agus Suyatna

Abstract


Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh implementasi kurikulum terpadu model integrated berbasis STEM menggunakan flipped classroom dalam  meningkatkan penguasaan konsep peserta didik. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, maka kelas sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII I SMP Al-Kautsar Bandar Lampung tahun ajaran 2020/2021. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu Pre-eksperimental dengan jenis One-Group­-Pretest-Posttest. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar tes soal pilihan ganda. Pembelajaran dengan menerapkan pendekatan STEM mampu meningkatkan penguasaan konsep siswa hal ini terlihat dari nilai rata-rata nilai posttest siswa lebih unggul daripada nilai rata-rata pretest, yaitu 84,29 > 66.79.  Berdasarkan hasil data penelitian menunjukkan nilai rata-rata N-gain, yaitu sebesar 0,503 yang berkatagori sedang, dan nilai signifikasi pada uji Paired Sample T-test sebesar 0,000 artinya bahwa implementasi kurikulum terpadu model integrated berbasis STEM mampu meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi global warming. Melalui pendekatan STEM yang diterapkan pada materi global warming peserta didik membentuk sikap kreatifitas, meningkatkan pemahaman materi, dan menggiring peserta didik untuk lebih menyadari pentingnya menjaga lingkungan.

 

The purpose o this study is to find out the effect of implementing a STEM-based integrated model curriculum using a flipped classroom in increasing students' mastery of concepts. The sample in this study were 7th grade I students of Al-Kautsar Bandar Lampung Junior High School in the academic year 2020/2021. The research design used in the research is Pre-experimental with the type One-Group¬-Pretest-Posttest. The instrument in this study used a multiple-choice test sheet. Learning by applying the STEM approach can increase students' mastery of concepts; this can be seen from the average posttest value, which is greater than the pretest score, which is 84.29 > 66.79. Based on the research data results, the average N-gain is 0.503 medium-category. The significance value of the Paired Sample T-test is 0.000, meaning that implementing the STEM-based integrated curriculum can improve students' mastery of concepts in global warming material. Through the STEM approach applied to global warming material, students form a creative attitude, enhance understanding of the material, and better realise the importance of maintaining the environment.

 


Keywords


Flipped Classroom; Kemampuan Penguasaan Konsep; Kurikulum Terpadu Tipe Integrated; Pendekatan STEM

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, A., & Wahyudi, I. (2018). Implementasi pendekatan pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa sma pada materi gelombang bunyi. Jrkf Uad, 5(2), 53-62.

Aldila, C., Abdurrahman, A., & Sesunan, F. (2017). Pengembangan LKPD berbasis STEM untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 5(4), 85-95.Djaelani, R. A., Hawik, H. P., & Toni, S. 2019. Implementasi Kurikulum 2013 dan Permasalahannya (Studi Kasus Di Smk Ganesa Kabupaten Demak). Jurnal Pawiyatan, 26(1), 1–9.

Anderson, L.W.,& Krathwolh, D.R. (2001). A taxonomy for Learning,Teaching, and Assesing; A revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. New York : Addison Wesley Lonman Inc.

Bybee, Rodger. (2013). The case for STEM education chalengess and opportunities. Arlington: National Science Teachers Assosiation. 111 hlm.

Jauhariyyah, F. R., Suwono, H., & Ibrohim. (2017). Science, technology, engineering and mathematics project based learning (Stem-Pjbl) pada pembelajaran sains. In Prosiding Seminar Pendidikan Ipa Pascasarjana Um 2, 432–436.

Listiana, L., Abdurrahman, A., Suyatna, A., & Nuangchalerm, P. (2019). The effect of newtonian dynamics stem-integrated learning strategy to increase scientific literacy of senior high school students. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 8(1), 43–52.

Mulyana, K. M., Abdurrahman, & Rosidin, U. (2018). Implementasi pendekatan science, technologhy, enginerring, and mathematics (STEM) untuk menumbuhkan skill multipresentasi siswa pada materi hukum newton tentang gerak. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 69–75.

Mustofa, M. (2014). Implikasi kurikulum 2013 terhadap proses belajar mengajar. Mimbar Sekolah Dasar, 1(2), 185-190.

Nofiana, M., & Julianto, T. (2018). Upaya peningkatan literasi sains siswa melalui pembelajaran berbasis keunggulan lokal. Biosfer : Jurnal Tadris Biologi, 9(1), 24-35.

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume III): What school lie means for students’ lives. PISA, OECD Publishing Paris.

Pangesti, K. I., Yulianti, D., & Sugianto, S. (2017). Bahan ajar berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMA. UPEJ Unnes

Sartika, D. (2019). Pentingnya pendidikan berbasis STEM dalam kurikulum 2013. JISIP (Jurnal Ilmu Sosail dan Pendidikan). 3(3), 89–93.

Sugiana, A. (2018). Proses pengembangan organisasi kurikulum dalam meningkatkan pendidikan di indonesia. Jurnal Pendagogik, 5(02), 257-273.

Tipani, A., Toto, T., & Yulisma, L. (2019). Implementasi model PjBL berbasis STEM untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir analitis siswa. BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education), 4(2), 70–76.

Trianto. (2010). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara. 312 hlm.

Yuliati, D., Yuliati, D. I., Yulianti, D., & Khanafiyah, S. (2012). Pembelajaran fisika berbasis hands on activities untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dan meningkatkan hasil belajar siswa smp. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1). 23-27.

Yuliati., Y. (2016). Peningkatan keterampilan proses sains siswa sekolah dasar melalui model pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2), 71–83.




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.3739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats