Analisis Bibliometrik Implementasi Pembelajaran Fisika Berbasis STEM pada Tahun 2011-2021
Abstract
Analisis tren perkembangan penelitian pembelajaran fisika berbasis STEM pada tahun 2011-2021 dengan menggunakan metode bibliometrik bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) perkembangan publikasi ditinjau dari jumlah, tipe dan bahasa;, (2) top sepuluh publikasi berdasarkan negara, institusi dan peneliti di dunia dan Negara Indonesia;, (3) media ilmiah dan subjek publikasi ilmiah;, (4) visualisasi VOSviewer perkembangan publikasi;, dan (5) visualisasi VOSviewer perkembangan publikasi berdasarkan peneliti. Pengumpulan data melalui penelusuran di Scopus dengan kategori artikel, abstrak dan kata kunci pada tahun 2011-2021. Database dianalisis menggunakan software VOSviewer dan Microsoft Excel 2010. Berdasarkan hasil penelitian diketahui tipe dokumen publikasi berupa conference proceeding, jurnal, buku series dan buku dengan penelitian tertinggi pada tahun 2020. Negara yang banyak mempublikasikan penelitian pembelajaran fisika berbasis STEM adalah United States, dan Universitas Negeri Malang menduduki tingkat pertama yang aktif dalam mengulas pembelajaran fisika berbasis STEM tahun 2011-2021. Social sciences adalah subjek yang banyak diulas dan Journal of Physics Conference Series masuk dalam prosiding yang aktif dalam mempublikasikan pembelajaran fisika berbasis STEM. Pada visualisasi VOSviewer publikasi pembelajaran fisika berbasis STEM terbukti dapat mengembangkan keterampilan abad ke-21. Namun, belum ada peneliti yang mengkaji keterampilan cross-cultural understanding, communication dan career & learning self-reliance dalam pembelajaran fisika berbasis STEM. Selain itu, visualisasi VOSviewer berdasarkan pengarang ditemukan 23 klaster. Berdasarkan temuan ini, penelitian pembelajaran fisika berbasis STEM direkomendasikan untuk dikembangkan lebih lanjut, terutama yang berkaitan dengan keterampilan cross-cultural understanding, communication, dan career & learning self-reliance.
Trend analysis of the STEM-based development of physics learning research in 2011-2021 using a bibliometric method to describe (1) Publication growth in terms of quantity, type, and language; (2) Country, institution, and author rankings of top ten publications; (3) core journals and scientific publication subjects, (4) VOSviewer visualization of publication developments; (5) Researcher-driven visualization of VOSviewer publication developments. We used the Scopus database to collect articles, abstracts, and keywords in 2011-2021. VOSviewer software and Microsoft Excel 2010 were used to analyze the database. Research results, conference proceedings, journals, book series, and books will have the highest research in 2020. The United States and state universities are frequent publishers of STEM-based physics learning studies. Malang achieved the status of a first-level research institution. Social science`s subject is often reviewed, and the Journal of Physics Conference Series`s included in a scientific media that is active in publishing STEM-based physics learning. In the VOSviewer visualization of development, STEM-based physics learning proves able to develop 21st-century skills. However, in STEM-based physics learning, no studies have been done on cross-cultural comprehension, communication, and career and learning self-reliance; A VOSviewer graphic created by the author also detected 23 clusters. Based on these findings, STEM-based physics learning research is recommended to be further developed, especially those related to cross-cultural understanding, communication, and career & learning self-reliance skills.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akib, E., & Muhsin, M. A. (2019). Assessment of teaching in 21st century. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1179, Issue 1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012065
Alfika, Z. A., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2019). Modul STEM berbasis pemecahan masalah dengan tema rumah dome. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 93–105. https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1566
Almuharomah, F. A., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2019). Pengembangan modul fisika STEM terintegrasi kearifan lokal “beduk” untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa smp. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1).
Ardianto, D., Firman, H., Permanasari, A., & Ramalis, T. R. (2019). What is science, technology, engineering, mathematics (STEM) literacy? Dvances in Social Science, Education and Humanities Research, 253, 381–382. https://doi.org/10.2991/aes-18.2019.86
Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi 4C (communication, collaboration, critical thinking dan creative thinking) untuk menyongsong era abda 21. Prosiding : Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), 37–39.
Asri, Y. N. (2018). Pembelajaran berbasis stem melalui pelatihan robotika. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 74–78. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i2.13735
Asrizal, Amran, A., Ananda, A., Festiyed, F., & Sumarmin, R. (2018). The development of integrated science instructional materials to improve students’ digital literacy in scientific approach. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 442–450. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i4.13613
Basbooir, K., & Suparbar. (2018). Validitas dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja literasi sains pelajaran Fisika berbasis STEM. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 168–181. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.20270
Desiriah, E., & Setyarsih, W. (2021). Tinjauan literatur pengembangan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) fisika di sma. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7, 79–89.
Faridi, H., Tuli, N., Mantri, A., Singh, G., & Gargrish, S. (2021). A framework utilizing augmented reality to improve critical thinking ability and learning gain of the students in Physics. Computer Applications in Engineering Education, 29, 258–273.
Fikri, M. R., Purwana, U., & William, M. (2019). Upaya meningkatkan kreativitas siswa dalam membuat karya fisika melalui model pembelajaran berbasis STEM (science, technology, engineering and mathematics) pada materi fluida statis. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 4(1), 73–76.
Handayani, E. S., Yuberti, Saregar, A., & Wildaniati, Y. (2021). Development of STEM-integrated physics e-module to train critical thinking skills: The perspective of preservice teachers. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1796(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012100
Hikmah, N., & Jauhariyah, M. N. R. (2021). Meta- analysis of students ’ critical thinking skills improvement on physics learning. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 9(2), 155–173. https://doi.org/10.20527/bipf.v9i2.10585
Idawati, Muharddjito, & Yuliati, L. (2019). Authentic learning berbasis inquiry dalam program STEM. 4(8), 1024–1029.
Izzah, N., Asrizal, A., & Festiyed, F. (2021). Meta analisis effect size pengaruh bahan ajar IPA dan fisika berbasis STEM terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 114–130. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3495
Jatmika, S., Lestari, S., Rahmatullah, R., Pujianto, P., & Dwandaru, W. S. B. (2021). Integrasi project based learning dalam science technology engineering and mathematics untuk meningkatkan keterampilan proses sains dalam pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 6(2), 107–119. https://doi.org/10.25273/jpfk.v6i2.8688
Jumaeda, S. (2015). Kreativitas dalam Pedagogik: Thinking and Creativity of Teacher. Jurnal Harian Pendidikan, 10(2), 163–174.
Kristiani, K. D., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2017). Pengaruh pembelajaran STEM-PjBL terhadap keterampilan berpikir kreatif. Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika), 21, 266–274.
Kurniati, R. D., Andra, D., & Wayan Distrik, I. (2021). E-module development based on PBL integrated STEM assisted by social media to improve critical thinking skill: A preliminary study. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1796(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012077
Kusumadewi, N., & Ulhusna, D. (2019). ISMIK (ISTIMA‟ ASIK) media pembelajaran berbasis cross cultural understanding terhadap ketrampilan menyimak bahasa arab siswa mts kelas vii. Prosiding, 154–163.
Laila, R., & Asrizal. (2021). Analysis of need for development of physics teaching materials assisted by a learning house portal integrating STEM and contextual models to improve student digital literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1876(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1876/1/012043
Maliki, A. (2021). Optimalisasi pendekatan STEM dalam pembelajaran abad 21. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Guru Berbagi.
Mardhiyah, R., F., Aldriani, Sekar N., F., Chitta, F., Zulfikar, & Rizal, M. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 187–193.
Masitoh, S. (2018). Blended Learning berwawasan literasi digital suatu upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan membangun generasi emas 2045. Proceedings of the ICECRS, 1(3), 13–34. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1377
Mawarni, R., & Sani, R. A. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pokok fluida statis di kelas xi sma negeri tebing tinggi t.p 2019/2020. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 8(2), 8–15.
Mu’Minah, I. H., & Aripin, I. (2019). Implementasi STEM dalam pembelajaran abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 1495–1503.
Nadiya, N., Rosdianto, H., & Murdani, E. (2016). Penerapan model pembelajaran group investigation (GI) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi gerak lurus kelas x. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 1(2), 49. https://doi.org/10.26737/jipf.v1i2.63
Nessa, W., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Pengembangan Buku siswa materi jarak pada ruang dimensi tiga berbasis science, technology, engineering, and mathematics (STEM) problem-based learning di kelas x. Jurnal Elemen, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.273
Neves, R. G. (2020). Physics education with interactive computational modelling. AIP Conference Proceedings, 2293(400002), 1–4. https://doi.org/10.1063/5.0026566
Ningsari, I. S., Zainuddin, A., & Setyarsih, W. (2021). Kajian literatur instrumen isomorfik sebagai asesmen pembelajaran fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 54–64. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4407
Nisa, I. K., Yuliati, L., & Hidayat, A. (2020). Analisis Penguasaan konsep melalui pembelajaran guided inquiry berbantuan modul terintegrasi STEM pada materi fluida dinamis. Jurnal Pendidikan, 5(6), 809–816.
Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus literasi abad 21 di indonesia. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 107–126. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.789
Parno, Anggraini, R. T., Hidayat, A., Fauziyah, S., Pramono, N. A., Supriana, E., & Ali, M. (2021). The building of students’ problem solving skills through STEM aproach with virtual simulation media. Journal of Physics: Conference Series, 1842(1), 1–11. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1842/1/012073
Patrick Griffin, & Care, E. (2015). Educational assessment in an information age. In M. Wilson (Ed.), Assessment and Teaching of 21st Century Skills. Springer International.
Purwaningsing, E., Usdiana, E. N., Yulianti, L., Kurniawan, B. R., & Zahiri, M. A. (2020). Improvement of students’ creative skills in optical subject with STEM worksheets. The 4th International Conference on Mathematics and Science Education (ICoMSE), 2330(050008), 1–7.
Putri, C. D., Pursitasari, I. D., & Rubini, B. (2020). Problem based learning terintegrasi STEM di era pandemi covid-19 untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(2), 193–204. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i2.17859
Putri, N., Rusdiana, D., & Suwarma, I. R. (2020). Enhanching physics students’ creative thinking skills using CBL model implemented in STEM in vocational school. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042045
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Rivai, H. P., & Yuliati, L. (2018). Penguasaan konsep dengan pembelajaran STEM berbasis masalah materi fluida dinamis pada siswa sma. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(8), 1080–1088.
Robert B. Kozma, & Martina Roth. (2012). Assessment and teaching of 21st century skills (P. Griffin, E. Care, & and B. McGaw (eds.)). Springer Dordrecht Heidelberg London New York.
Sabri, I. (2019). Peran pendidikan seni di era society 5 . 0 untuk revolusi industri 4.0. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 2(1), 342–347.
Sarnita, F., Fitriani, A., Anhar, Utama, J. A., Suwarma, I. R., & Widia. (2021). Application of STEM-based online learning to train creative skills of students in covid-19 pandemic periods. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012039
Septarini, R. A., & Kholiq, A. (2021). Pengembangan media prest untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik sma pada materi momentum dan impuls. IPF : Inovasi Pendidikan Fisika, 10(1), 32–38.
Simarmata, J., Simanihuruk, L., Ramadhani, R., Safitri, M., Wahyuni, D., & Iskandar, A. (2020). Pembelajaran STEM Berbasis HOTS dan Penerapannya (1st ed.). Yayasn Kita Menulis.
Siswanto, J. (2018). Keefektifan pembelajaran fisika dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2), 133–137. https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i2.3183
Siswanto, J. (2019). Mempersiapkan society 5 . 0 melalui pembelajaran fisika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika V, 1–6.
Subekti, H., Taufiq, M., Susilo, H., Ibrohim, I., & Suwono, H. (2017). Mengembangkan literasi informasi melalui belajar berbasis kehidupan terintegrasi STEM untuk menyiapkan calon guru sains dalam menghadapi era revolusi industri 4.0: revieu literatur. Education and Human Development Journal, 3(1), 81–90. https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i1.90
Sudiatmika, I. K. (2020). Penerapan model pembelajaran project based learningdengan pendekatan stem dalam upaya meningkatkan Hasil belajar fisika peserta didik kelas x rpl 1 smk n 1 negaratahun pelajaran 20192020. Widyadari Jurnal Pendidikan, 21(1), 34–44. https://doi.org/10.5281/zenodo.3742505
Susilowati, E., Miriam, S., Suyidno, S., Sholahuddin, A., & Winarno, N. (2020). Integration of learning science, technology, engineering, and mathematics (STEM) in the wetland environment area to increase students’ creativity. Journal of Physics: Conference Series, 1491(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1491/1/012047
Thahir, A., Anwar, C., Saregar, A., Choiriah, L., Susanti, F., & Pricilia, A. (2020). The Effectiveness of STEM learning: scientific attitudes and students’ conceptual understanding. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1–9). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012008
Utami, I. S., Septiyanto, R. F., Wibowo, F. C., & Suryana, A. (2017). Pengembangan STEM-A (science, technology, engineering, mathematic and animation) berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 67–73. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.1581
Utami, I. S., Vitasari, M., Langitasari, I., & Muliyati, D. (2021). The implementation of STEM learning on creative-critical thinking styles (study on pre-service physics teacher). AIP Conference Proceedings, 2331(030029), 1–6. https://doi.org/10.1063/5.0041991
Vallejo-Jiménez, M. M., Martínez-Puerta, J. J., Agudelo, S. B., & Salgado, N. D. (2018). SENA tecnoacademia risaralda and caldas as a collaborative learning scenario in robotics. CEUR Workshop Proceedings, 2312. https://doi.org/10.21428/3b133f71
Wibowo, I. G. A. W. (2018). Peningkatan keterampilan ilmiah peserta didik dalam pembelajaran fisika melalui penerapan pendekatan STEM dan e-learning. Journal of Education Action Research, 2(4), 315–321. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16321
Wijayanto, T., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2020). Pengaruh model pembelajaran project based learning dengan pendekatan STEM terhadap hasil belajar siswa sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(3), 113–120. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i3.18561
Yanuarti, E. A., & Suprapto, N. (2021). Ten years of research on history of science (physics): A bibliometric analysis. Studies in Philosophy of Science and Education, 2(1), 7–16. https://doi.org/10.46627/sipose.v2i1.66
Yulia, S. R., & Ramli, R. (2019). Analisis kebutuhan pengembangan handout berbasis STEM terhadap pembelajaran fisika dalam menghadapi era revolusi industri 4 . 0. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(1), 42–48.
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.3904
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |