Persepsi Peserta Didik dalam Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Pelajaran Fisika di Tingkat SMA
Abstract
Blended Learning sebagai model pembelajaran di lembaga pendidikan yang mengkombinasikan pembelajaran campuran yaitu offline dengan online. Adanya penelitian ini yang tujuannya mendeskripsikan persepsi peserta didik pada model Blended Learning mata pelajaran Fisika khususnya pada masa pandemi Covid-19, sehingga menjadi bahan evaluasi dalam implementasi Blended Learning di sekolah. Jenis penelitiannya adalah deskriptif. Tempat pelaksanaannya di salah satu SMA Kota Bengkulu. Sampel penelitian berjumlah 20 peserta didik dipilih dari 95 peserta didik kelas XI MIPA 1-3, melalui teknik simple random sampling. Instrumen penelitian berupa angket persepsi dan lembar observasi. Angket persepsi yang dirancang sebanyak 30 butir dengan tingkat reliabilitas angket sebesar (0,736) dengan kategori baik. Teknik analisis penelitian ini memakai metode analisis deskriptif serta pendekatan kuantitatif. Penelitian menghasilkan bahwa persepsi peserta didik sangat beragam dan mendapatkan suport yang positif dari semua aspek/pihak tentang persepsi peserta didik terhadap pembelajaran Blended Learning pada mata pelajaran Fisika.
Blended learning as a learning model in educational institutions that composite blended learning, online educational materials and opportunities for interaction online with traditional place-based classroom methods. This study aims to describe student perceptions of the blended learning model in physical subjects, especially during the Covid-19 pandemic, to become an evaluation material in implementing Blended Learning in schools. This type of research is descriptive. The place of implementation is in one of the Bengkulu City High Schools. The research sample amounted to 20 students selected from 95 class XI MIPA 1-3 through a simple random sampling technique. The research instrument is in the form of a perception and observation sheet. In the form of perception questions, designed as many as 30 items with a questionnaire reliability level of (0.736) with a good category. In the analysis methodology of this study, the descriptive analysis method and quantitative approaches are used. The study found if students will receive positive support in all aspects of how students perceive Blended Learning in physics.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, W. (2018). Model blended learning dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran. Fikrotuna, 7(1), 855–866. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3169
Agustina, R., Suprianto, D., & Muslimin, I. (2017). Analisis perancangan pemesanan makanan menggunakan smartphone berbasis android. Smatika Jurnal, 7(02), 26–30. https://doi.org/10.32664/smatika.v7i02.154
Amelia, Y., & Darussyamsu, R. (2020). Persepsi siswa terhadap pembelajaran online matapelajaran biologi di masa pandemi Covid-19. Bioilmi, 6(2), 86–93.
Anggrawan, A. (2019). Analisis deskriptif hasil belajar pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online menurut gaya belajar mahasiswa. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339–346. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411
Ardiansyah, A. A. I., & Bahriah, E. S. (2016). Persepsi siswa terhadap penggunaan instrumen three-tier multiple choice berbantuan microsoft office excel. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan, 1(2), 204–214.
Astuti, P., & Febrian, F. (2019). Blended learning syarah: bagaimana penerapan dan persepsi mahasiswa. Jurnal Gantang, 4(2), 111–119. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1560
Chinsya, R. N. D. (2017). Kajian konseptual model pembelajaran blended learning berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 51–64.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Irawan, A. (2021). Persepsi peserta didik terhadap metode blended learning dengan google classroom pada peserta didik kelas xi di smk kristen bm salatiga. Jurnal Capital: Kebijakan Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 3(1), 29-42.
Irawati, R., & Santaria, R. (2020). Persepsi siswa sman 1 palopo terhadap pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran kimia. Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 265. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.286
Kurniawan, D. A., Astalini, & Anggraini, L. (2018). Evaluasi sikap siswa smp terhadap ipa di kabupaten muaro jambi. Jurnal Ilmiah Didaktika, 19(1), 124–139.
Meika, I., & Sujana, A. (2017). Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa sma. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 8–13. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2025
Puspaningtyas, N. D., & Dewi, P. S. (2020). Persepsi peserta didik terhadap pembelajaran berbasis daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 3(6), 703–712. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.703-712
Putri, D. Y. F. (2012). Proses pembelajaran pada sekolah dasar inklusi. Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(September), 168–179.
Sari, N., Suryanti, K., Manurung, S. M., & Sintia, S. (2017). Analisis penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi peserta didik terhadap pembelajaran fisika kelas xi mipa 1 sma titian teras muaro jambi. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 3(2), 110. https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i2.1297
Sunendar, A., & Santoso, E. (2020). Student perception of mathematics learning based on the theory of intelligence and the association with mathematical disposition of class xi students intermediate vocational school. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 4(2), 185. https://doi.org/10.31949/th.v4i2.1544
Tang, C. M. (2013). Readiness for blended learning: understanding attitude of university students. International Journal of Cyber Society and Education, 6(2), 79–100. https://doi.org/10.7903/ijcse.1086
Walker, J. (2007). Fundamentals of Physics - [Halliday-Resnick-Walker] - 8th Edition.pdf. 1334.
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). The type of descriptive research in communication study. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90.
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.3978
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |