Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Fisika di Era New Normal

Hafifah Fitriani, Ahmad Syarkowi

Abstract


Di masa pandemi covid-19 dengan kasus penularan yang cukup tinggi, kegiatan belajar mengajar harus dilaksanakan secara daring, sehingga para guru maupun siswa harus siap menghadapi era baru yaitu era new normal. Aspek utama keberhasilan belajar siswa adalah motivasi. Oleh sebab itu perlu dilakukan riset ini untuk menganalisis bagaimana motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring terutama berfokus pada pengukuran motivasi 2 (dua) tingkat. Riset ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif tipe survey dengan metode memberikan angket kepada siswa-siswi SMA di 6 (enam) sekolah yang melaksanakan pembelajaran fisika di era new normal dengan jumlah 305 responden. Teknik pengumpulan data didapatkan melalui penyebaran angket. Angket yang disebarkan terdiri atas 2 (dua) tingkatan yaitu, motivasi siswa belajar fisika dan persepsi siswa mengenai pembelajaran daring. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa siswa mempunyai persepsi belajar daring yang positif dan motivasi belajar fisika yang cukup tinggi. Pada variabel motivasi sangat tidak sepakat sebesar 6%, tidak sepakat 16%, sepakat 56% sangat sepakat 22%. Sedangkan pada variabel persepsi pembelajaran daring dengan hasil sangat tidak sepakat sebesar 4%, tidak sepakat 9%, sepakat 64% , dan sangat sepakat 23%. Adapun implikasi pentingnya hasil dari penelitian ini adalah sebagai data awal dan sebagai saran perbaikan pendidikan di era new normal.

 

During the COVID-19 pandemic with a fairly high number of transmission cases, teaching and learning activities must be carried out online, so that teachers and students must be ready to face a new era, namely the new normal era. The main aspect of student learning success is motivation. Therefore, it is necessary to conduct this research to analyze how high school students' motivation in online learning is primarily focused on measuring 2 (two) levels of motivation. This research is a descriptive quantitative survey type with the method of giving questionnaires to high school students in 6 (six) schools that carry out physics learning in the new normal era with a total of 305 respondents. Data collection techniques were obtained through the distribution of questionnaires. The questionnaire distributed consisted of 2 (two) levels, namely, students' motivation to learn physics and students' perceptions of online learning. The results of the descriptive analysis show that students have a positive perception of online learning and a fairly high motivation to learn physics. On the motivation variable strongly disagree at 6%, disagree 16%, agree 56% strongly agree 22%. Meanwhile, on the online learning perception variable, 4% strongly disagree, 9% disagree, 64% agree, and strongly agree 23%. The implications of the importance of the results of this study are as initial data and as suggestions for improving education in the new normal.


Keywords


Fisika; Motivasi; New Normal; Persepsi

Full Text:

PDF

References


Adamu, F. U. (2017). Students’ perception of e-classroom and their motivation in learning computer science in Bauchi State, Nigeria. Journal of Statistics and Management Systems, 20(4), 731–741. https://doi.org/10.1080/09720510.2017.1396002

Amrita, P. D., Jamal, M. A., & Misbah, M. (2016). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui model pengajaran langsung pada pembelajaran fisika di kelas x ms 4 sma negeri 2 banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 248. https://doi.org/10.20527/bipf.v4i3.1858

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa sma pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Dinata, P. A. C., Jamal, M. A., & Mastuang, M. (2016). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan asyik, dan menyenangkan pada siswa kelas ix a smp muhammadiyah 1 banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 161–172.

Glynn, S. M., Brickman, P., Armstrong, N., & Taasoobshirazi, G. (2011). Science motivation questionnaire II: Validation with science majors and nonscience majors. Journal of Research in Science Teaching, 48(10), 1159–1176. https://doi.org/10.1002/tea.20442

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.an. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.

Hasanah, N., Zulhelmi, & Azizahwati. (2015). Perbedaan motivasi belajar siswa berdasarkan gender dalam pembelajaran fisika dengan model collaborative learning dikelas x madrasah aliyah al-ihsan boarding school kampar. Jurnal Online Mahasiswa, 2(2), 1–15.

Khusna, A. (2020). Persepsi siswa terhadap sistem pembelajaran daring di smp muhammadiyah 1 sidoarjo. In Program Studi Administrasi Negara (Issue December).

Kustijono, R., & Wiwin HM, E. (2014). Pandangan guru terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran fisika smk di kota surabaya. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 4(1), 1. https://doi.org/10.26740/jpfa.v4n1.p1-14

Makarim, N. A. (2020). Pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran coronavirus disease(covid-19). Surat Edaran Dari Kemetrian RI, 5(2020), 2013–2015.

Napaswati. (2020). Analisis situasi pembelajaran ipa fisika dengan metode daring di tengah wabah covid-19 (studi kasus peserta didik mts ddi seppange kabupaten bone). Karst Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1), 6–12. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/546

Nasrah, A. M. (2020). Analisis motivasi belajaar dan hasil belajar daring mahasiswa pada masa pandemik covid-19. Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207–213.

Noviansyah, W., & Mujiono, C. (2021). Analisis kesiapan dan hambatan siswa smk dalam menghadapi pembelajaran daring di masa pandemi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran Universitas Sebelas Maret, Indonesia, 4(1), 82–88.

Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar fisika. MAGISTRA: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101–109. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1801

Pujiwidodo, D. (2016). Pembelajaran masa pandemi: Dari konvensional ke daring. III(2), 2016.

Puteri, R. A., Jamal, M. A., & Wati, M. (2013). Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan cooperative learning tipe tps pada pokok bahasan listrik dinamis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 127. https://doi.org/10.20527/bipf.v1i2.869

Restiyawan, A. A. (2016). Persepsi mahasiswa pendidikan ekonomi terhadap keberadaan bank mini di program studi pendidikan ekonomi UNDIKSHA. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 7(2), 3.

Sandu, S. (2015). Dasar metodologi penelitian. Literasi Media Publishing.

Sanur, D. (2020). Wacana kebijakan lockdown dalam menghadapi covid-19 di indonesia. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, 12(6), 25–30.

Sari, N., & Sunarno, W. (2018). The Analysis of students learning motivation on physics learning in senior secondary school. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 17–32.

Setiati, S., & Azwar, M. K. (2020). COVID-19 and Indonesia. April.

Sitompul, R. S., Astalini, A., & Alrizal, A. (2018). Deskripsi motivasi belajar fisika siswa kelas x mia di sman 9 kota jambi. EduFisika, 3(02), 22–31. https://doi.org/10.22437/edufisika.v3i02.5395

Sukma, A. K., & Kholiq, A. (2021). Pengembangan SI VINO (physics visual novel) untuk melatihkan berpikir tingkat tinggi siswa sma. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 123. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i2.3313

Wati, L., Rahimah, R., Nengsih, E. W., & Mardaya, M. (2021). Media pembelajaran majalah fisika terintegrasi nilai keislaman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 192. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i2.2731




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.4050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats