Analisis Motivasi Belajar Siswa Tingkat SMA dalam Pembelajaran Fisika secara Online

Sella Melinda, Andik Purwanto, Desy Hanisa Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh analisis motivasi belajar fisika siswa SMA dalam pembelajaran online selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Populasi penelitian meliputi semua siswa jurusan matematika dan pengetahuan alam (MIPA) di salah satu SMA Negeri di kabupaten Seluma, provinsi Bengkulu yakni terdiri dari  9 kelas dimana jumlah siswa seluruhnya 315 orang. Adapun sampel penelitian meliputi sebagian besar siswa kelas XI jurusan MIPA yang terdiri dari  3 kelas berjumlah 97 siswa. Teknik pengambilan sampel ini yaitu dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data  ialah dengan observasi dan penyebaran angket motivasi belajar secara online. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif, yakni menghitung mean dan standar deviasi dari skor angket, menginterpretasikan tingkatan motivasi belajar, menentukan persentase motivasi belajar secara keseluruhan dan tiap indikator, kemudian membandingkan hasil yang diperoleh dengan hasil obsevasi. Hasilnya menunjukan bahwa sebagian besar siswa (64,95 %)  yang terdiri dari  63 siswa memiliki motivasi belajar  fisika kategori sedang dalam pembelajaran fisika secara online. Terdapat 20 siswa mempunyai motivasi belajar tinggi (20,62 %), dan sisanya  14 siswa (14,43 %) yang memiliki motivasi belajar rendah. Selain itu, hasil analisis setiap indikator yang diukur,  sebagian besar menunjukan motivasi kategori sedang. Informasi yang didapatkan dari riset ini berupa analisis motivasi belajar fisika selama pembelajaran online yang dapat menjadi evaluasi dan  bahan pertimbangan bagi pendidik dalam menentukan kebijakan-kebijakan  dalam pelaksanaan  pembelajaran online supaya hasil belajar  yang dicapai tinggi. Riset ini diharapkan dapat dijadikan bahan kajian bagi para peneliti selanjutnya dalam  menganalisis motivasi belajar fisika  siswa selama pembelajaran online.

 

This study analyses high school students' motivation to learn physics in online learning during the Covid-19 pandemic. This research uses a descriptive research method. The research population includes all mathematics and sciences subjects (MIPA) in one of the public high schools in Seluma district, Bengkulu province, consisting of 9 classes where the total number of students is 315 people. The research sample that represents the population includes most of the students of class XI majoring in Mathematics and Sciences (MIPA), who are collected in 3 classes with a total of 97 students. This sampling technique is by using the purposive sampling technique. Data collection techniques are by observing during learning and distributing online learning motivation questionnaires. The data analysis technique uses quantitative and qualitative descriptive, which considers the questionnaire scores, interprets the level of motivation, determines the overall learning motivation and each indicator, then compares the results obtained with the results of observations. The results show that most of the students (64.95%), consisting of 63 students, are motivated to learn physics in the moderate category in learning physics online. There are 20 students with high learning motivation (20.62 %), and the remaining 14 students (14.43%) have low learning motivation. In addition, the results of the analysis of each measured indicator most show moderate category motivation. The information obtained from this study is in the form of motivation to learn physics in online learning, which can assist educators in determining policies in the implementation of learning so that the learning outcomes are high. This research is expected to be used as study material for further researchers in analyzing students' motivation to learn physics during online learning.


Keywords


Analisis; Motivasi Belajar; Pembelajaran Online

Full Text:

PDF

References


Alifah, U. (2021). Pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 88–95.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa sma pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. iq (ilmu al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring selama pandemik covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Guido, R. M. D. (2018). Attitude and motivation towards learning physics. International Journal of Engineering Research & Technology (IJERT), 2(11), 2087–2094.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan 22(1), 65–70.

Maison, Astalini, & Darmaji. (2019). The phenomenon of physicology senior high school education: relationship of students’ attitudes toward physic, learning style, motivation. Universal Journal of Educational Research, 7(10), 2199–2207. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071018

Nasrah, & Muafiah, A. (2020). Analisis motivasi belajar dan hasil belajar daring mahasiswa pada masa pandemik covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2), 207–213.

Nurfallah, M., & Pradipta, T. R. (2021). Motivasi belajar matematika siswa sekolah menengah selama pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 05(03), 2425–2437.

Nursetiawati, S., Josua, D. ., Atmanto, D., & Oktaviani, F. (2020). Science education in the family environment with the experimental method of facial cosmetics plant fertilization in the covid-19 pandemic erA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 561–573. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.26563

Saleh, S. (2021). Malaysian students’ motivation towards Physics learning. European Journal of Science and Mathematics Education, 2(4), 223–232. https://doi.org/10.30935/scimath/9414

Saptenno, A. E., Tuaputty, H., & Papilaya, P. M. (2019). The Improvement of learning motivation and creative thinking skills of senior high school students through modified problem based learning model. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 1175–1194.

Sari, N., & Sunarno, W. (2018). Analisis motivasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 17–32. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.591

Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2016). Pengembangan instrumen motivasi belajar fisika : angket. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(Pendidikan IPA), 13–21.

Sur, W. A. A., Hasanah, M., & Mustofa, M. R. (2020). Analisis motivasi belajar mahasiswa dengan sistem pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19. EQUATION Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2), 40–54.

Syachtiyani, W. R., Trisnawati, N., & Surabaya, U. N. (2021). Analisis motivasi belajar dan hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19. Prima Magistra Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101.

Ugwuanyi, C. S., Okeke, C. I. O., & Ageda, T. A. (2020). Psychological predictors of physics learners’ achievement: The moderating influence of gender. Cypriot Journal of Educational Sciences, 15(4), 834–842. https://doi.org/10.18844/cjes.v15i4.4635

Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran online selama masa pandemi covid-19 student learning concentration and motivation on online learning during the covid-19 pandemic. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13–24.




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.4052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats