Analisis Keterampilan Proses Sains pada Materi Suhu dan Kalor di SMA Selama Pembelajaran Online
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains pada materi suhu dan kalor di SMA selama pembelajaran online yang dimana penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. dalam penelitian ini sampel yang dipakai ialah siswa salah satu SMA di Kabuten Karo kelas XII yang berjumlah 30 orang instrumen penelitian 10 butir soal uraian ketrampilan proses sains. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif lalu Didapatkan dari hasil analisis data yang sudah diolah bahwa keterampilan proses sains siswa kelas XII dalam menyelesaikan soal keterampilan proses sains pada tiap aspek mulai dari aspek mengajukan pertanyaan skor rata rata yang diperoleh sebesar 2,98 dan persentase skor rata rata sebesar 74,5%, aspek berhipotesis skor rata rata yang diperoleh 2,83 dan persentase skor rata rata sebesar 70,8%, aspek merencanakan percobaan skor rata rata yang diperoleh 3,695 dan persentase skor rata rata sebesar 84,3%, aspek interpretasi rata rata yang diperoleh sebesar 2,63 dan persentase skor rata rata sebesar 65,75%, dan aspek komunikasi skor rata rata yang diperoleh 5,76 dan persentase skor rata rata sebesar 57,6%. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa aspek keterampilan proses sains siswa SMA tersebut masih dalam kategori baik dengan rata rata skor keseluruhan diperoleh sebesar 3,58 dan persentase skor rata rata keseluruhan sebesar 70,59%. Hal ini mungkin disebabkan karena selama pembelajaran daring siswa SMA di sekolah tersebut dapat mengikuti proses pembelajaran fisika dengan baik sehingga setelah dilakukan analisis keterampilan proses sains maka diperoleh kesimpulan bahwa keterampilan proses sains salah satu SMA di kabupaten Karo berada dalam kategori baik. Kemudian manfaat ataupun dampak dari hasil penelitian ini adalah selama pembelajaran online guru dapat menambah pengetahuan dan pemahamannya bahwa keterampilan proses sains siswa selama pembelajaran online berada dalam kategori baik, serta dapat mengenal bagaimana karakteristik siswa dalam belajar fisika selama pembelajaran online. Dan penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan kajian bagi peneliti selanjutnya dalam menganalisis keterampilan proses sains fisika siswa SMA selama pembelajaran online
This study aims to analyze science process skills on temperature and heat material in high school during online learning, which is included in quantitative descriptive research. In this study, the sample used was 30 students from one of the high schools in Karo regency, class XII. The type of research carried out is descriptive quantitative research, and the research instruments 11 items about the description of science process skills. It was obtained from the result of data analysis that had been processed that the science process skills of class XII students in solving science process skills question in each aspect starting from the aspect of asking the question the average score obtained was 2.98. The average score percentage was 74.5%, aspect hypothesis that the average score obtained is 2.83, and the average score percentage is 70.8%, the aspect of planning the experiment the average score is 3.7 and the percentage of the average score is 84.3%, the average interpretation aspect is 2.63, and the average score percentage is 67.75%. The communication aspect average score is 5.76, and the average score percentage is 57.6%. So that it can be concluded that the science process skills aspect of the high school students is still in the good category with an average overall score of 3.58 and the percentage of the overall average score of 70.59%, this may be because during online learning high school students at the school can follow the physics learning process well, so after analyzing the science process skills, it can be concluded that the science process skills of one of the high schools in Karo district are in the good category. Then the implications of the results of this study include During online learning, the teacher can increase their knowledge and understanding that students’ science process skills during online learning are in a good category And can recognize the characteristics of the students in learning physics during online learning. This research is expected to be a study material for further researchers in analyzing the physics process skills of high school students during online learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alpusari, M. (2015). Analisis keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran ipa sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 41. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v2i2.2818
Ariani, T., & Suanti, W. (2016). Efektivitas Penggunaan model pembelajaran problem based learning (pbl) pada pembelajaran fisika siswa kelas viii smp negeri 2 lubuk linggau tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(2), 1–6.
Bahrudin, B., Zainuddin, Z., & Suyidno, S. (2013). Meningkatkan keterampilan proses sains siswa dengan menerapkan model inquiry-discovery learning (IDL) terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3), 245. https://doi.org/10.20527/bipf.v1i3.883
Darmaji, Kurniawan, D. A., Astalini, & Heldalia. (2020). Analisis keterampilan proses sains siswa pada materi cermin datar. Jurnal Prndidikan, 5(7), 1013–1019. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas Skills analysis of science process of high school students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(20), 245–252. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/21426/12225
Haloho, F., & Wiyono, K. (2016). Pengembangan buku kerja siswa berbasis inkuiri materi optika geometri kelas x sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 30–36. https://doi.org/10.36706/jipf.v3i1.3425
Hartini, L., Zainuddin, Z., & Miriam, S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi keterampilan proses sains menggunakan model inquiry discovery learning terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 69. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i1.4448
Jannah, U., Prastowo, S. H. B., & Subiki. (2018). Analisis keterampilan proses sains terintegrasi dalam pembelajaran fisika pada siswa smk negeri 5 jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(4), 341–348.
Lutfiah, I., Arsyad, M., & Helmi, H. (2020). Pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran fisika di sma negeri kabupaten maros. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM, 2, 142–145.
Nova, D. A. O., Dwikoranto, D., & Lestari, N. A. (2021). Analisis persepsi siswa terhadap pembelajaran fisika berbasis ecopedagogy dengan metode daring selama pandemi covid-19. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 19. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4213
Nurrohim, N. (2020). Analisis kepuasan siswa kelas ix sekolah menengah pertama terhadap pembelajaran daring mata pelajaran pjok pada masa pandemi covid-19 kecamatan purwanegara 2020. Journal of Physical Activity and Sports, 1(1), 133–146. https://mahardhika.or.id/jurnal/index.php/jpas/article/view/26
Pahrudin, A. (2019). Buku: pendekatan saintifik dalam implementasi kurikulum 2013 dan dampaknya terhadap kualitas proses dan hasil.
Pramudiyanti, P., & Munazir, R. (2021). Analisis keterampilan proses sains peserta didik kelas viii dalam pembelajaran daring di smp. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 9(1), 80–86. https://doi.org/10.23960/jbt.v9i1.22286
Rahmi, K., Zainuddin, Z., & Suriasa, S. (2013). Penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing suatu upaya meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 1. https://doi.org/10.20527/bipf.v1i1.847
Ramadhani, F. (2020). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan hasil belajar ipa dalam pembelajaran daring di kelas ix smp. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(4), 237–243. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/index
Sabiq, A. F. (2020). Persepsi orang tua siswa tentang pembelajaran tatap muka pada era new normal pandemi covid-19. Journal of Islamic Education Research, 1(3), 179–189. https://doi.org/10.35719/jier.v1i3.41
Salosso, S. W., & Kusumawardani, R. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sma melalui penerapan model pembelajaran learning cycle 5e pada pokok bahasan larutan asam dan basa. Bivalen: Chemical Studies Journal, 1(1), 1–6.
Sari, S. N., Supriyanti, F. M. T., & Dwiyanti, G. (2019). Analisis keterampilan proses sains deduktif. EduChemia, 4(1), 77–88.
Satriaman, K. T., Pujani, N. M., & Sarini, P. (2019). Implementasi pendekatan student centered learning dalam pembelajaran ipa dan relevansinya dengan hasil belajar siswa kelas viii smp negeri 4 singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(1), 12. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21912
Sedana, I. N. A., Renda, N. T., & Widiana, I. W. (2016). Analisis rekonstruksi keterampilan proses sains dalam pembelajaran ipa siswa kelas iv dan v di gugus xiii. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Ulmiah, N., Andriani, N., & Fathurohman, A. (2016). Studi keterampilan proses sains siswa sma kelas x pada pembelajaran fisika pokok bahasan suhu dan kalor melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation di sma negeri 11 palembang. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 52–60. https://doi.org/10.36706/jipf.v3i1.3429
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.4058
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |