Kepraktisan Buku Ajar Listrik Magnet Seri 2 Bermuatan Ayat-Ayat Al-Qur’an Menggunakan Model Pembelajaran Connecting-Organizing-Reflecting-Expanding
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kepraktisan buku ajar listrik magnet Seri 2 bermuatan ayat-ayat Al-Qur’an menggunakan model pembelajaran CORE (Connecting-Organizing-Reflecting-Expanding). Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model 4D. Penelitian ini menggunakan mahasiswa calon guru fisika berjumlah 14 orang yang sedang mempelajari topik listrik pada mata kuliah listrik magnet di tahun akademik 2020/2021 sebagai subjek ujicoba. Data dikumpulkan melalui angket respon mahasiswa, lembar observasi keterlaksanaan aktivitas mahasiswa, dan lembar observasi keterlaksanaan aktivitas dosen. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh buku ajar praktis digunakan karena skor rata-rata indikator kemudahan penggunaan, efisiensi waktu pembelajaran, manfaat buku ajar, dan ketertarikan terhadap buku ajar sebesar 4,00; skor rata-rata keterlaksanaan aktivitas dosen di kelas sebesar 4,52; dan skor rata-rata keterlaksanaan aktivitas mahasiswa di kelas sebesar 3,91. Oleh karena itu, buku ajar yang dikembangkan dapat digunakan pada perkuliahan listrik magnet. Selain itu, buku ajar yang dikembangkan hendaknya diuji pada sampel yang lebih besar.
This research aimed to describe Electricity and Magnetism Series 2 textbook practicality that contained Al-Qur’an verses that used CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending) learning model. The research was research and development that used a 4D model. The study used 14 prospective teachers who learned electricity topics in the Electricity and Magnetism course of the 2020/2021 academic year as subjects. The data were collected through the students’ responses questionnaire, observation sheet of student activities implementation, and lecturer activities implementation. The analysis data were conducted quantitatively and qualitatively. Based on the result of the research, the textbook practicality was practical because the average score of easy to use, learning time efficiency, benefit, and interest were 4.00, the lecturer activities implementation average score was 4.52, and the student activities implementation average score was 3.91. Therefore, this textbook could be used in Electricity and Magnetism course. Furthermore, this textbook should be tested on a larger sample.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, N., Zainuddin, Z., & Mahardika, A. I. (2018). Pengembangan Materi ajar IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif berorientasi lingkungan lahan basah. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 264–277.
Amalia, A. F. (2017). Penerapan metode blended learning berbasis TIK untuk meningkatkan pemahaman konsep pada matakuliah Listrik Magnet II. Sosiohumaniora, 3(1), 43–46.
Amrulloh, M. S., & Suprapto, N. (2018). Pengembangan bahan ajar fisika berbasis CORE untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik materi momentum dan impuls. Inovasi Pendidikan Fisika, 07(03), 448–451.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Azizah, N., & Astuti, B. (2020). Pengembangan bahan ajar fisika berbasis I-SETS (Islamic, Science, Environment, Technology, Society) terkomplementasi kearifan lokal dan muatan karakter. Unnes Physics Education Journal, 9(2), 164–177.
BSNP. (2014). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Deswita, R. (2020). Peningkatan self efficacy matematis siswa melalui model pembelajaran CORE dengan pendekatan scientific. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 173–181.
Diani, R., Susanti, A., Lestari, N., Saputri, M., & Fujiani, D. (2021). The influence of connecting, organizing, reflecting, and extending (CORE) learning model toward metacognitive abilities viewed from students’ information literacy in physics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1796(012073), 1–9.
Fatikhakh, N., Maftukhin, A., & Fatmaryanti, S. D. (2018). Pengembangan handout fisika berbasis CORE (Connecting, Organizing, Reflecting and Extending) untuk meningkatkan higher order thinking skills pada peserta didik SMA. Radiasi, 10(2), 46–52.
Fatima, F., Yusuf, I., & Bancong, H. (2014). Implemantasi pembelajaran Kurikulum 2013 berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan listrik magnet terhadap aktivitas, persepsi , dan hasil belajar peserta didik di SMA Tut Wuri Handayani Makassar. Jurnal Fisika Indonesia, 18(Agustus), 62–65.
Firmonia, N. A., Asrizal, A., & Mufit, F. (2020). Pengembangan bahan ajar fisika materi fluida terintegrasi literasi baru dan bencana untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI. Pillar of Physics Education, 13(1), 9–16.
Fitri, H. R., Mufit, F., & Asrizal, A. (2020). Validitas dan praktikalitas bahan ajar fisika materi kalor dan teori kinetik gas mengintegrasikan literasi bencana untuk kelas XI SMA. Pillar of Physics Education, 13(1), 169–176.
Fitriah, L. (2019). Efektivitas Buku Ajar Fisika Dasar 1 Berintegrasi Imtak dan Kearifan Lokal Melalui Model Pengajaran Langsung, 7(2), 82–96.
Fitriah, L. (2020). Students’ response to the basic physics textbook integrated with faith, piety, and local wisdom. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 23–32.
Fitriah, L. (2021). I-CLORE teaching material based on katupat kandangan local wisdom on the topic of heat and temperature. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 9(1), 28–38.
Fitriah, L., & Rahmawati, I. (2020). Listrik Magnet Seri 2. Kabupaten Banjar: Alra Media.
Fitriani, A., Maria, T., & Mursyid, S. (2020). Integrasi remediasi kesulitan belajar menggunakan model CORE berbantuan booklet tentang getaran gelombang di SMP. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 17–28.
Fitriza, R., Putra, M. S., & Samad, D. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berwawasan Al-Qur’an dan budaya Minangkabau dalam pembelajaran matematika kelas X. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1159–1171.
Hakim, L., Sinaga, P., & Setiawan, A. (2018). Pengembangan konten materi listrik magnet adaptif untuk calon guru. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 3(1), 120–126.
Handayani, W., Setiawan, W., Sinaga, P., & Suhandi, A. (2017). Kesulitan mahasiswa calon guru fisika dalam merepresentasikan konsep listrik magnet. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics 2, 2(2), 21–29.
Handayani, W., Setiawan, W., Sinaga, P., & Suhandi, A. (2019). Keterampilan representasi mahasiswa calon guru fisika pada materi listrik magnet. In Prosiding Seminar Nasional Fisika SNF 2019 (Vol. 8, pp. 381–388).
Hau, R. R. H., Marwoto, P., Putra, N. M. D., & Wiyanto, W. (2018). Deskripsi kemampuan representasi matematik dalam pemecahan masalah fisika pada perkuliahan Listrik Magnet. Physics Communication, 2(1), 1–17.
Hayati, S., Aini, I., & Guntara, Y. (2020). Analisis persepsi guru dan calon guru fisika terkait sumber belajar, media pembelajaran dan bahan ajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika Untirta (Vol. 3, pp. 295–300).
Herman, M. (2021). Integrasi dan interkoneksi ayat-ayat Al-Quran dan Hadist dengan ikatan kimia. Jurnal Education and Development Institut, 9(2), 317–327.
Hidayat, S., & Raharjo, A. (2020). Inovasi Indo-mudskipper-book berbasis unity of sciences sebagai sumber belajar mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Phenomenon, 10(1), 15–24.
Husna, A., Hasan, M., Mustafa, M., Syukri, M., & Yusrizal, Y. (2020). Pengembangan modul fisika berbasis integrasi Islam-sains pada materi gerak lurus untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Indonesian Journal of Science Education, 8(1), 55–66.
Junitasari, Roza, Y., & Yuanita, P. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis model CORE untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematik, 5(1), 744–758.
Kurniasih, E., Heliawati, L., & Permana, I. (2021). Specifications of energy module in living systems integrate religious values against student’s. Indonesian Journal of Science and Education, 5(1), 1–10.
Luthfia, S., Suratno, S., & Narulita, E. (2020). Pengembangan buku siswa berbasis kontekstual bermuatan nilai-nilai agama Islam pada materi bioteknologi kelas XII SMA/MA. Jurnal Edukasi, 7(3), 1–4.
Mailisa, P., Masril, M., & Darvina, Y. (2017). Pengaruh penerapan bahan ajar terintegrasi nilai-nilai karakter dalam model pembelajaran kooperatif tipe CORE pada materi usaha energi dan getaran harmonis sederhana terhadap kompetensi siswa kelas XI SMAN 1 Tarusan. Pillar of Physics Education, 9, 145–152.
Marlina, M., Mastuang, M., & Dewantara, D. (2021). Kepraktisan bahan ajar dinamika partikel bermuatan ayat-ayat Al-qur’an menggunakan model pengajaran langsung. In Prosiding konferensi integrasi interkoneksi Islam dan sains (Vol. 3, pp. 88–92).
Matsun, M., Ramadhani, D., & Lestari, I. (2018). Pengembangan bahan ajar listrik magnet berbasis android di Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 9(1), 99–107.
Mayub, A. (2020). Efektifitas ICT belajar fisika mahasiswa melalui program pembelajaran fisika berbasiskan. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 40–49.
Misbah, M., & Wati, M. (2020). The practicality of physics teaching materials based on local wisdom in the wetland environment. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 407(Sbicsse 2019), 185–187.
Murniati, M., Ayub, S., & Sahidu, H. (2020). Pengaruh model pembelajaran Coneccting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terhadap pemahaman konsep fisika dan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Pijar MIPA, 15(2), 116–121. 475
Mutmainna, M. (2020). Pengembangan bahan ajar terintegrasi ayat-ayat Al- Qur’ an pada peserta didik kelas I di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 3(1), 47–62.
Nugraha, M. G., Saepuzaman, D., & Tarigan, D. E. (2014). Pengaruh pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap penguasaan konsep mahasiswa pada perkuliahan Listrik Magnet topik muatan listrik dan hukum Coulomb. In Prosiding Seminar Konstribusi Fisika (pp. 127–130).
Nursamsu, N., Mustika, D., Nafaida, R., & Manurung, N. (2020). Analisis kelayakan dan kepraktisan modul praktikum berbasis literasi sains untuk pembelajaran IPA. JIPI (Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA), 4(1), 29–40.
Rahayu, C., Eliyarti, & Festiyed. (2019). Kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis model generative learning dengan pendekatan open-ended problem. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(3), 164–176.
Saregar, A., Cahyanti, U. N., Misbah, M., Susilowati, N. E., Anugrah, A., & Muhammad, N. (2021). CORE learning model: Its effectiveness towards students’ creative thinking. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 10(1), 35–41.
Suseno, N. (2010). Kendala penerapan inkuiri dalam perkuliahan Listrik-Magnet di LPTK. Jurnal Pengajaran MIPA, 15(2), 95–102.
Suseno, N. (2014). Pemetaan analogi pada konsep abstrak fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 1–10.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Minnesota: Leadership Training Institute Special Education, University of Minnesota.
Wati, M., Hartini, S., Lestari, N., An’nur, S., & Misbah, M. (2019). Developing a physics module integrated with the local wisdom of baayun maulid to build wasaka character. International Journal of Recent Technology and Engineering, 7(6S5), 720–724.
Wibowo, H. A. C., Hasyim, F., Majid, A. I., & Ma’ruf, F. (2019). Pengembangan dan validitas instrumen tes diagnostik kemampuan matematika pada materi Listrik Magnet. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Integrasinya, 2(2), 13–21.
Widoyoko, E. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wiharso, T. A., & Susilawati, H. (2020). Meningkatkan kemampuan koneksi matematik dan self efficacy mahasiswa melalui model CORE. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 429–438.
Zainuddin, Z., Astuti, D. A., Misbah, M., Wati, M., & Dewantara, D. (2020). Pengembangan modul pembelajaran generatif materi fluida statis terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 9(1), 1–12.
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i1.4079
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |