Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Calon Guru Fisika melalui Model Project Based E-Learning

Irma Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kreatif calon guru fisika dan pelaksanaan model project-based e-learning. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek menggunakan e-learning Moodle dan keterampilan berpikir kreatif calon guru fisika selama mengikuti pembelajaran. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dan lembar penilaian keterampilan berpikir kreatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 14 calon guru fisika yang menempuh mata kuliah multimedia pembelajaran fisika pada semester genap 2020/2021 di Tadris Fisika Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kualitatif terhadap pelaksanaan pembelajaran dan deskripsi kuantitatif terhadap keterampilan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah multimedia pembelajaran fisika telah dilaksanakan secara daring berbantuan e-learning Moodle dan menerapkan model project-based learning dengan tahapan 1) penentuan pertanyaan mendasar, 2) merancang proyek, 3) menyusun jadwal, 4) memantau kemajuan proyek, 5) penilaian hasil, 6) evaluasi pengalaman. Persentase pencapaian indikator keterampilan berpikir kreatif calon guru fisika termasuk dalam kategori sangat baik yaitu merinci/ elaboration (91%), sedangkan indikator lainnya termasuk dalam kategori baik, berpikir lancar/fluency (83%), keluwesan/ flexibility (83%), keaslian/ originality (80%). Dengan demikian project-based learning yang dilaksanakan secara daring dengan bantuan e-learning Moodle dapat diimplementasikan dalam perkuliahan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif calon guru fisika.

 

This study aims to describe the creative thinking skills of physics teacher candidates and the implementation of a project-based e-learning model. This research uses a descriptive method. Data were obtained through observation of the implementation of project-based e-learning using Moodle and the creative thinking skills of physics teacher candidates during the lesson. The subjects of this study consisted of 14 physics teacher candidates who took multimedia courses in 2020/2021 at Tadris Fisika, Antasari State Islamic University, Banjarmasin. The results show that the multimedia course had been conducted with Moodle e-learning and applied a project-based learning model. The learning steps are 1) start with the essential question, 2) design project, 3) create a schedules, 4) monitor the progress of project, 5) assess the outcome , 6) evaluate the experience. The percentage of achievement indicators of creative thinking skills for physics teacher candidates is included in the very good category, namely elaboration (91%), while other indicators are included in the good category, fluently (83%), flexibility (83%), originality (80%). Thus, project-based learning with Moodle e-learning can be applied in lectures to develop the creative thinking skills of physics teacher candidates.

 


Keywords


E-Learning; Keterampilan Berpikir Kreatif; Project Based Learning

Full Text:

PDF

References


Abdurrozak, R., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871–880. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3580

Abidin, J., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis kemampuan berfikir kreatif matematis siswa smp kelas viii pada materi bangun ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 779. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p779-784

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Project based learning integrated to stem to enhance elementary school’s students scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 261–267. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.5493

Almuharomah, F. A., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2019). Pengembangan modul fisika stem terintegrasi kearifan lokal “beduk” untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa smp. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 1. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i1.5630

Anita, I. W. (2017). Implementasi pembelajaran berbasis proyek untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 125–131. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1287

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran online berbasis proyek salah satu solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Armandita, P., Wijayanto, E., Rofiatus, L., & Susanti, A. (2017). Analisis kemampuan berpikir kreatif pembelajaran fisika di kelas xj mia 3 sma negeri 11 kota jambi. Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2).

Astriani, M. M. (2020). Upaya mengembangkan kreativitas mahasiswa melalui pembelajaran model project based learning. Jurnal Petik, 6(1), 36–40. https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i1.738

Djupanda, H. (2015). Sma dalam memecahkan masalah fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 3(2), 3–8.

Haryanti, Y. D., & Saputra, D. S. (2019). Instrumen penilaian berpikir kreatif pada pendidikan abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 58–64. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1350

Ismayanti, I., Arsyad, M., & Marisda, D. H. (2020). Penerapan strategi refleksi pada akhir pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi fluida. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1), 27–31. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/573/450

Khoiri, N., Marinia, A., & Kurniawan, W. (2017). Keefektifan model pembelajaran pjbl (project based learning) terhadap kemampuan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas xi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2), 142–146. https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i2.1309

Listiyani, L. R. (2018). Implementasi model pembelajaran inkuiri berbasis refleksi kelompok pada materi reaksi redoks. Jipva, 2, 58. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i1.576

Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2017). Model pembelajaran ricosre yang berpotensi memberdayakan keterampilan berpikir kreatif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(5), 676–685. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9180

Munandar, U. (2009). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Rineka Cipta.

Pamungkas, A., Subali, B., & Linuwih, S. (2017). Implementasi model pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 118. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14562

Piawa, C. Y. (2010). Building a test to assess creative and critical thinking simultaneously. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 551–559. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.062

Prasetiyo, A. D., & Mubarokah, L. (2014). Berpikir kreatif siswa dalam penerapan model pembelajaran berdasar masalah matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(1), 9–18.

Purwanto, N. (2012). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Remaja Rosdakarya Offset.

Rahmazatullaili, R., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2017). Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa melalui penerapan model project based learning. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 166–183. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.104

Sari, W. P., Hidayat, A., & Kusairi, S. (2018). Keterampilan berpikir kreatif siswa sma dalam pembelajaran project based learning (pjbl) pada materi fluida statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 751–757.

Sudianto, S., Dwijanto, D., & Dewi, N. R. (2019). Students’ creative thinking abilities and self regulated learning on project-based learning with lms moodle. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 8(1), 10–17. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/27183

Treffinger, D. J., Young, G. C., Selby, E. C., & Shepardson, C. (2002). Assessing creativity: A guide for educators. In Journal of Education and Learning (Issue December). http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/detail?accno=ED505548%0Ahttp://dx.doi.org/10.1007/s41465-016-0002-3

Utari, R. S. (2019). Penerapan project based learning pada mata kuliah media pembelajaran di program studi pendidikan matematika. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Wicaksana, E. (2020). Efektifitas pembelajaran menggunakan moodle terhadap motivasi dan minat bakat peserta didik di tengah pandemi covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 117–124. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1937

Wurdinger, S., & Qureshi, M. (2015). Enhancing college students’ life skills through project based learning. Innovative Higher Education, 40(3), 279–286. https://doi.org/10.1007/S10755-014-9314-3

Zarah, J., No, V., Kisworo, B., Cahyani, M. D., & Azizah, D. (2021). Studi kualitatif perkuliahan daring media pembelajaran kimia menggunakan model pjbl berbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Jurnal Zarah, 9(1), 22–28. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/zarah/article/download/2463/1297/

Zubaidah, S. (2019). Memberdayakan keterampilan abad ke-21 melalui pembelajaran berbasis proyek. Seminar Nasional Nasional Pendidikan Biologi, October, 1–19.




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i2.4158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats