Penggunaan Virtual Laboratory secara Daring pada Praktikum Fluida Statis di Masa Covid-19

Rizal Efendi Simamora, Agus Suyatna, Chandra Ertikanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan laboratorium virtual secara daring pada praktikum Fluida Statis terhadap peningkatan Keterampilan Proses Sains (KPS) pada siswa kelas XI IPA 2 Pringsewu dengan desain penelitian Pre-eksperimental Design jenis One Sample Pretest-posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu: instrumen pretest-posttest materi fluida statis dalam bentuk pilihan jamak sebanyak 20 butir soal. KPS siswa yang diamati antara lain: melakukan pengamatan, menafsirkan pengamatan (interpretasi), mengelompokkan/klasifikasi, berkomunikasi, berhipotesis, dan merencanakan percobaan. Hasil uji data penelitian diketahui bahwa persentase pencapaian rata-rata KPS siswa pada pretsest sebesar 42,52% dengan kategori cukup, sedangkan persentase rata-rata pencapaian pada posttest sebesar 73,48% dengan kategori baik Hasil uji hipotesis dengan menggunakan analisis paired sample t-test diperoleh nilai sig. sebesar 0,00 < 0,050, menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara persentase rata-rata KPS pretest dan posttest, dimana setelah menggunakan laboratorium virtual secara daring pada praktikum fluida statis rata-rata pencapaian KPS siswa pada posttest lebih besar. Dari hipotesis tersebut diharapkan penggunaan laboratorium virtual ini sangat membantu pada pembelajaran daring di kondisi pandemi covid-19

 

This study describes the effect of using an online virtual laboratory in the Static Fluids practicum on improving Science Process Skills (SPS) in class XI IPA 2 Pringsewu with a Pre-experimental Design type of One-Sample Pretest-posttest Design. The data collection techniques used in this study were: pretest-posttest instruments for static fluid material in the form of multiple-choice as many as 20 items. The SPS students observed included: making observations, interpreting observations (interpretation), classifying/classifying, communicating, hypothesizing, and planning experiments. The results of the research data test show that the average percentage of students' SPS achievement at the pretest is 42.52%, with sufficient category. The average percentage of achievement in the post-test is 73.48%, with a good category. Hypothesis test results using paired sample t-analysis test obtained sig value. of 0.00 < 0.050, they were indicating a significant difference between the average percentage of pretest and post-test SPS. After using an online virtual laboratory in the static fluid practicum, the average student's SPS achievement in the post-test is greater. From this hypothesis, it is hoped that using this virtual laboratory will be very helpful in online learning during the COVID-19 pandemic.


Keywords


Fluida Statis; Keterampilan Proses Sains; Laboratorium Virtual

Full Text:

PDF

References


Abdjul, T. (2016). Penerapan Pembelajaran berbasis virtual laboratorium terhadap keterampilan proses sains siswa pada mata pelajaran fisika SMA N 1 Suwawa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(4), 685–693.

Alatas, F. (2018). Peningkatan keterampilan proses sains siswa menggunakan media laboratorium virtual pada mata kuliah termodinamika. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(3), 270–278.

Buda, I. N. H. (2016). Rancang bangun laboratorium virtual berbasis cloud computing di STMIK/STIKOM Indonesia. Jurnal Ilmu Komputer Dan Ilmu Terapan, 7(1), 54–60.

Ertikanto, C. (2016). Teori belajar dan pembelajaran. Media Akademi.

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. The Internet and Higher Education, 19(4), 18–26.

Hutagalung, A. M. (2013). Efek model pembelajaran inquiry training berbasis media komputer terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 9–11.

Ilfira, N. Y. (2017). Peningkatan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep melalui model learning cycle 5e berbantuan virtual lab pada materi usaha dan energi. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 76–82.

Ishafit. (2017). Menggali potensi virtual laboratory untuk pengembangan keterampilan proses sains. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXXIII PSI Jateng & DIY.

Isna, N. H., Khaeruddin, & Yani, A. (2021). Pengembangan lkpd fisika berbasis virtual lab untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 17(2), 104–112.

Ngadinem. (2019). Penggunaan media simulasi phet untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Jurnal Ilmiah WUNY, 1(1), 1–9.

Ongowa, R. O., F, I., & Chisakwa. (2013). Science process skills in the kenya certificate of secondary education biology practical examinations. Creative Education, 14(4), 713–717.

Purwati, D. (2015). Penerapan media laboratorium virtual dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri 2 Sengkang. JPF, 3(1), 56–63.

Riswanto, & Ayu, N. K. D. (2017). Peningkatan keterampilan proses sains melalui pembelajaran berbasis laboratorium untuk mewujudkan pembelajaran berkarakter. JRKPF UAD, 4(2), 60–65.

Ritmayanti, & Supardi, Z. A. I. (2017). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) dalam pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan amrita virtual lab untuk melatih keterampilan proses sains pada sub-materi efek doppler. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 6(3), 49–53.

Rustaman, N. Y. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UPI.

Tawil, M., & Liliasari. (2014). Keterampilan-Keterampilan Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Badan Penerbit UNM.

Wahyu, W. S., & Yusuf, I. (2016). Keterampilan proses saisn mahasiswa melalui penggunaan media laboratorium virtual pada mata kuliah fisika dasar. Pancaran, 5(3), 99–110.

Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM.




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i1.4377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats