Pengaruh Penerapan Media E-Learning Edmodo Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika Saat Tatap Muka Terbatas
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh penggunaan media e-learning Edmodo sekolah terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika saat tatap muka terbatas. Metode penelitian jenis eksperimen semu (Pre-Experimental) dengan menggunakan rancangan One Group pretest-posttest. Purposive sampling, digunakan sebagai teknik pengambilan sampel. Instrumen penelitian berupa angket minat sebelum dan sesudah perlakuan serta soal pre-test dan post-test. Statistik deskriptif, Pengujian normalitas, pengujian homogenitas, dan uji-t (hipotesis) dipergunakan dalam menganalisis data. Berdasarkan dengan temuan penelitian ini, minat siswa terhadap media pembelajaran e-learning Edmodo tergolong sedang yaitu “cukup berminat”. Hasil uji-t ialah 0,001<0,05, menurut temuan. Hal ini menyatakan bahwasanya penggunaan media pembelajaran e-learning Edmodo sekolah memiliki pengaruh pada minat belajar siswa. Sedangkan pada penelitian ini, hasil belajar siswa untuk media e-learning Edmodo berada pada rentang sedang, namun tidak masuk kriteria ketuntasan minimum (KKM). Berdasarkan hasil uji-t diperoleh hasil 0,00<0,05. Sehingga penggunaan media pembelajaran e-learning Edmodo sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika tatap muka terbatas dipengaruhi oleh penggunaan media e-learning Edmodo sekolah, menurut temuan penelitian ini.
This study aimed to analyze whether or not the use of the school's Edmodo e-learning media on students' interest and learning outcomes in physics subjects when face-to-face was limited. The research method is a quasi-experimental type (Pre-Experimental) using the One Group pretest-posttest design. Purposive sampling is used as a sampling technique. The research instrument was an interest questionnaire before and after treatment and pre-test and post-test questions. Descriptive statistics, normality testing, homogeneity testing, and t-test (hypothesis) were used in analyzing the data. Based on the findings of this study, students' interest in the Edmodo e-learning media was classified as moderate, namely "quite interested". The t-test result was 0.001 < 0.05, according to the findings. This means that the use of the school's Edmodo e-learning media influences students' interest in learning. While in this study, student learning outcomes for the Edmodo e-learning media were in the moderate range but did not enter the minimum completeness criteria (KKM). Based on the results of the t-test, the results were 0.00 < 0.05. So that the use of the school's Edmodo e-learning media affects student learning outcomes. According to the findings of this study, students' interest and learning outcomes in face-to-face physics learning are limited by the use of the school's Edmodo e-learning media.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angraini, M. R., Muharini, R., & Lestari, I. (2018). Penerapan blended learning berbasis edmodo terhadap minat dan hasil belajar siswa sman 9 pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(12), 1–12.
Asmuni, A. (2020). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 dan solusi pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Chotimah, C., Utomo, A. P., & Wahyuni, S. (2021). Analisis pengaruh edmodo terhadap minat belajar siswa smp pada materi getaran, gelombang dan bunyi. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 45–51.
Daniyati, N. A. (2015). Hubungan antara kemampuan verbal , kemampuan interpersonal , dan minat belajar dengan prestasi belajar matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10, 50–60.
Dayal, H. C., & Tiko, L. (2020). When are we going to have the real school? A case study of early childhood education and care teachers’ experiences surrounding education during the COVID-19 pandemic. Australasian Journal of Early Childhood, 45(4), 336–347. https://doi.org/10.1177/1836939120966085
Fauziyah, S., & Triyono2, M. B. (2017). Pengaruh e-learning edmodo dengan model blended learning terhadap minat belajar. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 112-124
Haryadi, R., Nuraini, H., Kansaa, A., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2021). Pengaruh media pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 7(1), 68–73.
Herlambank, M. A. (2015). Hubungan penggunaan media pembelajaran edmodo dengan hasil belajar siswa pada pelajaran simulasi digital di smk negeri 1 gombong.Skirpsi: Universitas Negeri Yogyakarta.
Hertiavi, M. A. (2020). Penerapan e-learning dengan platform edmodo untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 1–8.
Hudaya, A. (2018). Pengaruh gadget terhadap sikap disiplin dan minat belajar peserta didik. Research and Development Journal of Education, 4(2), 86–97. https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380
Husna, M. (2021). Eksplorasi penerapan pembelajaran tatap muka terbatas pada jenjang paud di masa kebiasaan baru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1846–1858. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1814
Larasati, I. (2016). Pengaruh motivasi belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika materi persamaan linear satu variabel pada siswa kelas vii-c smp bopkri 1 yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Skripsi: Universitas Sanata Darma.
Kurniawan, D. A. (2020). Penggunaan media belajar monopoli untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 3(1), 10-15.
Latapamei, D. A. (2021). Keefektifan penggunaan edmodo sebagai media pembelajaran e-learning siswa kelas xi otkp smk negeri 4 surabaya. Journal of Office Administration: Education and Practice, 1(3), 391–405.
Muhajir, Musfikar, R., & Hazrullah. (2019). Efektivitas penggunaan e-learning berbasis edmodo terhadap minat dan hasil belajar (studi kasus di smk negeri al mubarkeya). Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(1), 50–56.
Noesgaard, S. S., Ørngreen, R., & Foundation, K. (2015). The effectiveness of e-learning : an explorative and integrative review of the definitions , methodologies and factors that promote e-learning effectiveness. Electronic Journal of E-learning, 13(4), 278–290.
Nu’man, A. Z. (2014). Siswa, efektifitas penerapan e-learning model edmodo dalam pembelajaran pendidikan agama islam terhadap hasil belajar. Duta Com, 7(1).
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Oktarika, D. (2015). Pengaruh pembelajaran menggunakan media e-learning terhadap minat belajar mahasiswa pada mata kuliah e-learning di program studi p.tik. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 4(1), 15–26.
Pacheco, J. A. (2021). The “new normal” in education. Prospects, 51(1–3), 3–14. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09521-x
Parjanto, P., & Ferdiana, R. (2015). Analisis minat penggunaan e-learning pada guru dan peserta didik SMA Negeri 1 Depok Sleman. Prosiding SNATIF, 365-370.
Podungge, N., Paramata, D. D., & Odja, A. H. (2020). Penerapan e-learning berbantuan media pembelajaran edmodo terhadap hasil belajar siswa pada konsep gejala pemanasan global. Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 5(2), 77–85. https://doi.org/10.20414/konstan.v5i2.55
Rahayu, S., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh media pembelajaran e-learning dengan google meet terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 91–99.
Rasyid Karo-Karo, I. S., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. Axiom, VII, 91–96.
Sigar, F. S., Dungus, F., & Komansilan, A. (2021). Efektivitas penggunaan e-learning berbasis edmodo terhadap hasil belajar fisika sma negeri 2 tondano kelas xi pada materi suhu dan kalor. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 126–130.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. PT Alfabeta.
Ulfaida, U., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran online terhadap hasil belajar melalui minat belajar siswa pada kelas x otkp di smkn1 lamongan. Jurnal Edukasi, 8(2), 25–31.
Utami, R., Fadillah, F., & Enawaty, E. (2021). Hasil belajar siswa pada materi kalor menggunakan bahan ajar berbasis e-learning edmodo. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(1), 28–37.
Waicaksana, E. J., Atmaja, P., & Muthia, G. A. (2021). E-learning edmodo dengan model pbl untuk meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 22–29.
Wulansari, N. H., & Manoy, J. T. (2020). Pengaruh motivasi dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika selama study at home. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 72. https://doi.org/10.26740/jppms.v4n2.p72-81
Zahara, N. N., Murtono, M., & Pratiwi, I. A. (2021). Efektivitas media e-learning berbasis edmodo terhadap hasil belajar siswa kelas v sdn 02 ngabul jepara. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(1), 0–5. https://doi.org/10.24176/jpi.v1i1.6063
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i2.4410
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |