Penggunaan Physics Education Technology (PhET) dengan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Dinamis

Sonia Dwi Nurdini, Rohmatul Husniyah Husniyah, Muhammad Minan Chusni, Eddi Mulyana Mulyana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media simulasi PhET dengan pendekatan inkuiri terbimbing pada konsep fluida dinamis. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental dengan desain non-equivalent control group design. Pengumpulan data dengan teknologi observasi berupa analisis data kuantitatif dan tes kognitif dari siswa. Pengamatan pertama menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Pengukuran sampel dengan metode sampling. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen, dan masing-masing kelas terdiri dari 18 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan  hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis hasil belajar diperoleh dari hasil post-test siswa terkait konsep materi yang diujikan. Hasil ini juga diperoleh setelah kelas eksperimen menerapkan media PhET menggunakan model inkuiri terbimbing. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media PhET dalam model inkuiri terbimbing dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini juga akan berdampak positif bagi berbagai pihak yang bersangkutan.

 

This research determines to improve student learning outcomes using PhET Simulations media with a guided inquiry approach to the dynamic fluid concept. This research was conducted in MAN 2 Bandung Regency. The research method used is quasi-experimental, with the design used Non-Equivalent Control Group Design. Data retrieval with observation techniques and cognitive tests of students as quantitative data analysis. Initial observations show student learning outcomes are still low—determination of the sample with a random sample technique. The research subjects were students of class XI MIPA 1 as the control class and XI MIPA 2 as the experimental class. Each class consisted of 18 students. The results showed differences in student learning outcomes between the experimental class and the control class. Analysis of learning outcomes is seen from the posttest scores of students related to the concepts of the material being studied. This result was also obtained after the experimental class applied PhET media with the help of a guided inquiry model. These results indicate that the application of PhET media with a guided inquiry model can significantly influence student learning outcomes.

 


Keywords


Fluida Dinamis, Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, PhET Simulations

Full Text:

PDF

References


Abdjul, T., & Ntobuo, E. (2019). Penerapan media pembelajaran virtual laboratory berbasis phet terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 7(3), 26–31. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/14383/10912

Affandy, H., Aminah, N. S., & Supriyanto, S. (2019). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa pada materi fluida dinamis di SMA Batik 2 Surakarta. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 25–33. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31608

Alfiyah, S., Bakri, F., & Raihanati, R. (2016). Pengembangan set praktikum fluida dinamis untuk sekolah menengah atas (sma) kelas xi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 02(2), 47–56. https://doi.org/10.21009/1.02207

Alifiyanti, I. F., & Ishafit. (2018). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PhET Simulation untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan teori kinetik gas di MAN 3 Ngawi. Prosiding Seminar Nasional Quantum, 25, 392–400. http://seminar.uad.ac.id/index.php/quantum/article/view/289

Ama Ki`i, O., & Egidius Dewa. (2020). Simulasi phet sebagai media pembelajaran berbasis komputer pada model pembelajaran team games tournament untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika mahasiswa. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 360–367. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.294

Anggraeni, I., Faizah, F., & Septian, D. (2019). Pengembangan modul fisika berbasis inkuiri terbimbing materi fluida dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS, 2(2), 86–96.

Aprita, D. F., Supriadi, B., & Prihandono, T. (2018). Identifikasi pemahaman konsep fluida dinamis menggunakan four tier test pada siswa sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7, 315–321. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/8607/5863

Arifudin, M. (2021). Penggunaan laboratorium virtual phet untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa smA. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(6), 906–916. https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.174

Azizaturredha, M., Fatmawati, S., & Yuliani, H. (2019). penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media laboratorium virtual (phet) untuk meningkatkan hasil belajar, keterampilan proses sains dan minat belajar siswa pada pokok bahasan elastisitas. EduFisika, 4(01), 1–5. https://doi.org/10.22437/edufisika.v4i01.6051

Fathurohman, C., Ruhiat, Y., & Septiyanto, R. F. (2018). Penerapan media simulasi phet untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi fluida. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika Untirta, 1(1), 64–70.

Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574

Fithriani, S., Halim, A., & Khaldun, I. (2016). Penggunaan media simulasi phet dengan pendekatan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan kalor di sma negeri 12 banda aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 45–52.

Hamidah, N., & Haryani, S. (2018). Efektivitas lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2212–2223.

Harahap, R. A., & Derlina, D. (2017). pembelajaran kooperatif tipe group investigation (gi) dengan metode know-want-learn (kwl): dampak terhadap hasil belajar fluida dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 149–158. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1369

Hasni, W. S., & Situmorang, R. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (gi) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis di kelas xi. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 5(4). https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i4.9224

Hidayat, R., Hakim, L., & Lia, L. (2019). Pengaruh model guided discovery learning berbantuan media simulasi phet terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 97. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i2.5900

Istiqomah, N., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2015). Analisis hasil belajar siswa melalui pembelajaran menggunakan lks berbasis poe ( predict , observe , explain ) berbantu phet simulation. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 248–256.

Maisaroh & Rostrieningsih. (2010). Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran active learning tipe quiz team pada mata pelajaran keterampilan dasar komunikasi di smk negeri 1 bogor, Ekonomi & Pendidikan, 8(2), 157–172. https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/download/571/427

Manurung, H. L., & Marpaung, N. (2017). Pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan simulasi phet terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok elastisitas dan hukum hooke di sma negeri 2 medan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 1(1), 7–16. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/9122/8268

Martanti, N., Malika, E. R., & Setyaningsih, A. (2021). Pengaruh metode pembelajaran eksperimen virtual menggunakan phet terhadap hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(1), 83–92.

Masyithah, D. C., Jufrida, & Pathoni. (2017). Pengembangan multimedia fisika berbasis model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan menggunakan adobe flash cs6 pada materi fluida dinamis untuk siswa sma kelas xi. Jurnal EduFisika, 02(01), 51–60.

Mirdayanti, R., & Wardani, S. (2019). Pelatihan super creative teacher dalam pemanfaatan software interaktif berbasis phet simulation pada guru mafia (matematika fisika dan kimia) di madrasah aliyah negeri 3 banda aceh. BAKTIMAS : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 77. https://doi.org/10.32672/btm.v1i2.1359

Pratiwi, N. W., & Supardi, Z. A. I. (2014). Penerapan model pembelajaran learning cycle 5e pada materi fluida statis siswa kelas x sma, Inovasi Pendidikan Fisika, 143–148.

Rais, A. A., Hakim, L., & Sulistiawati, S. (2020). Pemahaman konsep siswa melalui model inkuiri terbimbing berbantuan simulasi phet. Physics Education Research Journal, 2(1), 1. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.1.5074

Rasyidah, K., Supeno, & Maryani. (2018). Pengaruh guided inquiry berbantuan phet simulations terhadap hasil belajar siswa sma pada pokok bahasan usaha dan energi. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 129–134.

RIKU, M. (2021). Meningkatkan hasil belajar siswa kelas x ipa pada materi bentuk molekul melalui model pembelajaran discovery learning berbantuan phet simulations. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(2), 79–87. https://doi.org/10.51878/secondary.v1i2.132

Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamal, J. (2020). PhET: Simulasi interaktif dalam proses pembelajaran fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10–14. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.103

Ruhiat, Y., & Utami, I. S. (2019). Penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan phet untuk meningkatkan keterampilan proses saians siswa pada konsep gerak harmonik sederhana. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika Untirta, 2(1), 247–255.

Sakdiah, H., & Sasmita, P. R. (2018). Pengaruh model pembelajaran tgt berbantukan media phet dalam meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 65–70. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/5641

Sholikhah, Z., & Sucahyo, I. (2021). Pengembagan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbantuan simulasi phet pada materi fluida dinamis. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 372–378. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.372-378

Siagian, H., & Simatupang, R. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi animasi flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 23(1), 47–54.

Sirait, J. V., Bukit, N., & Sirait, M. (2016). Development scientific inquiry based teaching materials on dynamic fluids to improve students achievement. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 7. https://doi.org/10.22611/jpf.v5i1.3699

Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. D. (2020). Efektivitas model pembelajaran inkuiri terhadap kemandirian belajar siswa di rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159–170. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.63

Wahyuni, R., & Taufik, M. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa kelas xi ipa sman 2 mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (, II(4), 2407–6902.

Yolanda, S. B., Mahardika, I. K., & Wicaksono, I. (2021). Penggunaan media video sparkol terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran ipa di smp, Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 189–203.




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i1.4412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats