Pengembangan LKPD Digital Berorientasi Nature of Science dan Berbantuan PhET Interactive Simulation pada Materi Gerak Harmonik Sederhana
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kelayakan LKPD digital berorientasi nature of science dan berbantuan PhET Interactive Simulation. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Partisipan penelitian ini terdiri dari 4 orang validator dan 32 peserta didik kelas X SMA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi LKPD, lembar wawancara semi terstruktur, dan angket respon peserta didik. Berdasarkan data hasil validasi LKPD didapatkan indeks validitas Aiken sebesar 0,83 dengan kategori validitas tinggi. Respon yang diberikan peserta didik sangat positif dengan rata-rata persentase hasil respon sebesar 87,31%. Penilaian LKPD digital mendapatkan hasil rata-rata nilai sebesar 85,85 yang termasuk ke dalam kategori baik. Dengan demikian, LKPD digital berorientasi nature of science dan berbantuan PhET Interactive Simulation pada materi gerak harmonik sederhana sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran dan dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri oleh peserta didik.
This study aims to develop and determine the feasibility of the nature of science-oriented digital student worksheets and is assisted by PhET Interactive Simulation. This study uses research and development methods with the ADDIE model. The subjects of this study consisted of 4 validators and 32 students of class X senior high school. The instruments used in this study were student worksheets, validation sheets, semi-structured interview sheets, and student response questionnaires. Based on the student worksheets validation results data, Aiken’s validation index is 0.83, with a high validity category. The responses given by students were very positive, with an average percentage of response results of 87,31%. The digital student worksheets assessment got an average score of 85.85, which included a good category. Thus, digital worksheets oriented to the nature of science and assisted by PhET Interactive Simulation on simple harmonic motion material are very suitable for learning and can be used as a source of independent learning by students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abd-El-Khalick, F., Waters, M., & Le, A. P. (2008). Representations of nature of science in high school chemistry textbooks over the past four decades. Journal of Research in Science Teaching, 45(7), 835–855. https://doi.org/10.1002/TEA.20226
Afriani, R., Muti’ah, M., & Idrus, S. W. al. (2021). Pengembangan bahan ajar online sebagai media pembelajaran selama covid-19. Chemistry Education Practice, 4(2), 201–205. https://doi.org/10.29303/CEP.V4I2.2672
Akerson, V. L., Weiland, I., Pongsanon, K., & Nargund, V. (2010). Evidence-based strategies for teaching nature of science to young children. Evidence-Based Strategies for Teaching Nature of Science to Young Children., 11(4), 61–78.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Dewi, T. N. C. (2016). Pengembangan lks dalam rangka menunjang pembelajaran berbasis scientific approach pada materi laporan keuangan perusahaan jasa. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 4(3). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/35/article/view/17055
Fahmi, R., Awaluddin, D., & Wanarti, P. (2016). Pengembangan modul elektronik plc pada standar kompetensi memprogram peralatan sistem pengendali elektronik dengan plc untuk smk raden patah kota mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3).
https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/17/article/view/16080
Fuadi, H., Melita, A. S., Siswadi, S., Jamaluddin, J., & Syukur, A. (2021). Inovasi LKPD dengan desains digital sebagai media pembelajaran ipa di smpn 7 mataram pada masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 167–174. https://doi.org/10.29303/JIPP.V6I2.184
Gondorini, A. (2017). Pengembangan bahan ajar menulis pengalaman dengan pendekatan whole language dalam pembelajaran bahasa indonesia sekolah dasar kelas v. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Intandari, R., Astutik, S., & Maryani, M. (2018). Pengembangan lks (lembar kerja siswa) berbantuan simulasi phet pada materi getaran harmonis untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada siswa sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(4), 349–355. https://doi.org/10.19184/JPF.V7I4.9659
Iryani, Tandililing, E., & Hamdani. (2018). Remediasi miskonsepsi siswa dengan model pembelajaran children learning in science (clis) berbantuan simulasi PhET. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(4). https://doi.org/10.26418/JPPK.V7I4.24725
Khoirunah, N., Pratini, U., & Soekamto, I. (2014). Pengembangan lembar kegiatan siswa ipa terpadu berbasis phet dengan strategi pembelajaran inkuiri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains Unesa, 208–212.
Latifah, S., Setiawati, E., & Basith, A. (2016). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berorientasi nilai-nilai agama islam melalui pendekatan inkuiri terbimbing pada materi suhu dan kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 43–51. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v5i1.104
Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan media pembelajaran fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada siswa sma. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25.
Rahayu, S. (2014). Inovasi pembelajaran kimia abad 21 dan perkembangan riset kimia. Prosiding Seminar Nasional Kimia Dan Pembelajarannya (SNKP).
Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrumen penelitian (panduan peneliti, mahasiswa, dan psikometrian). Parama Publishing.
Sinulingga, P., Hartanto, T. J., & Santoso, B. (2016). Implementasi Pembelajaran Fisika Berbantuan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada materi listrik dinamis. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 57–64. https://doi.org/10.21009/1.02109
Sumaryanta. (2015). Pedoman penskoran. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 2(3), 181–190.
Wulandari, P., Widiyawati, Y., & Sari, D. S. (2019). Pengembangan lkpd berbasis nature of science untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Saintifika, 212, 22–34. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF
Yulia, I., Connie, C., & Risdianto, E. (2018). Pengembangan lkpd berbasis inquiry berbantuan simulasi phet untuk meningkatkan penguasaan konsep gelombang cahaya di kelas xi mipa sman 2 kota bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3 Desember), 64–70. https://doi.org/10.33369/JKF.1.3.64-70
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i3.4797
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |