Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation dengan Media Articulate Storyline dalam Pembelajaran Daring Fisika

Ayu Novianti, Sugianto Arjo, Ratih Komala

Abstract


Pembelajaran Fisika secara daring akan terasa lebih sulit dipahami jika tidak dilakukan dengan proses pembelajaran yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Group Investigation dengan media Articulate Storyline dalam pembelajaran daring Fisika pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ciampel Karawang pada semester 1 tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan non-equivalent control group design. Jenis pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Sampel yang digunakan sebanyak 25 peserta didik untuk masing-masing kelas, baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen soal essay sebanyak 10 soal yang sudah melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Selanjutnya, data analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors Galat Taksiran diperoleh Lhitung=0,164 < Ltabel=0,173, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett diperoleh χ2h=6,02 < χ2t=9,49 maka dapat disimpulkan bahwa data yang didapat berasal dari populasi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t diperoleh thitung>ttabel (2,94>1,71; 2,94>2,49), yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Group Investigation dengan media Articulate Storyline dalam pembelajaran daring Fisika.

 

Learning Physics online will be more challenging to understand if it is not done with a good learning process. This study aimed to determine the effect of the used the Group Investigation learning model with the Articulate Storyline media in online learning of Physics in class XII students of SMA Negeri 1 Ciampel Karawang in semester 1 of the academic year 2021/2022. The research method used is a quasi-experimental design with a non-equivalent control group design. The type of sampling used is purposive sampling. The sample used was 25 students for each class, both the experimental and control classes. The instrument used was an essay question instrument with as many as ten questions that have been tested for validity, reliability, level of difficulty and distinguishing power. Furthermore, the data in the analysis of the requirements test, namely the normality test, used the Liliefors test, estimated error obtained Lcount=0.164 < Ltable=0.173. It can be concluded that the data is normally distributed. While the homogeneity test used the Bartlett test obtained χ2h=6.02 < χ2t=9.49, it can be concluded that the data obtained came from a homogeneous population. In the hypothesis test used t-test, obtained tcount>ttable (2.94>1.71; 2.94>2.49), which stated that there was a significant effect between the use of the Group Investigation learning model with the aid of Articulate Storyline media on the resulted of online learning in Physics.


Keywords


Articulate Storyline; Group Investigation

Full Text:

PDF

References


Asrori. (2020). Psikologi pendidikan pendekatan multidisipliner. Pena Persada.

Ayuwanti, I. (2017). Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation di smk tuma’ninah yasin metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1017

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8, 75–83.

Darmayanti, N. W. S., Wati, D. P. A. J., Sudirman, I. N., & Wijaya, I. K. W. B. (2020). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (gi) berbantuan lks (lembar kerja siswa) pada materi kalor untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa sd kelas v. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 159. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.2152

Darnawati, Jamiludin, Batia, L., Irawaty, & Salim. (2019). Pemberdayaan guru melalui pengembangan multimedia pembelajaran interaktif dengan aplikasi articulate storyline. Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1).

Dewa, E. (2020). Model pembelajaran group investigation berbantuan simulasi PhET dalam pembelajaran fisika. Prosiding Seminar Nasional Rekarta 2020 “Menciptakan Inovasi Pendidikan Melalui Kompetensi Pendidik Menuju Kemandirian Bangsa Di Era 5.0,” 142–154.

Harepa, J. E., & Simamora, P. (2021). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap pengetahuan konseptual fisika siswa. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 9(3), 38–45.

Martoredjo, N. T. (2020). Pandemi Covid-19 : Ancaman atau tentangan bagi sektor pendidikan ? Binus University Repository, 2.

Octavia, A. D., Surjanti, J., & Suratman, B. (2021). Pengembangan media m-learning berbasis aplikasi articulate storyline untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik sekolah menengah atas. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2380–2391.

Pudjianto, U., Adisusilo, A. K., Retnawati, L., & Saurina, N. (2020). Peningkatan kompetensi tenaga pendidik muslimat nu surabaya dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). ADIMAS, 22–28.

Saragih, V. C. B., & Bunawan, W. (2017). Peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model kooperatif tipe group investigation (gi) berbasis macromedia flash untuk meningkatkan hasil belajar pada materi momentum dan implus. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 1(1), 7–16. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/9122/8268

Sinaga, C. A., & Sirait, M. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum dan impuls. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 1(1), 7–16. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/9122/8268

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Suliani, M., & Ahmad, A. M. (2021). Faktor yang mempengaruhi hasil pembelajaran jarak jauh di mts negeri 6 hss di masa pandemik covid-19. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(2), 179–188. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.5155

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Windhiyana, E. (2020). Dampak covid-19 terhadap kegiatan pembelajaran online di perguruan tinggi kristen di indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/pip.341.1




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i2.4897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats