Analisis Intensitas Pemanfaatan Laboratorium dan Dampaknya terhadap Pembelajaran Fisika di SMA Negeri Se-Kabupaten Luwu Timur

Rafiqah Rafiqah, Muh. Syihab Ikbal, Arum Budiarti

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis intensitas pemanfaatan laboratorium dan dampaknya terhadap pembelajaran fisika di SMA Negeri se-Kabupaten Luwu Timur. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian survei. Subjek penelitian ini berjumlah 140 orang yang diperoleh dari 7 SMA Negeri di Kabupaten Luwu Timur yang memiliki laboratorium. Instrumen yang digunakan adalah angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas pemanfaatan laboratorium untuk kegiatan praktikum di SMA Negeri se-Kabupaten Luwu Timur masih berada pada level cukup efektif. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan di SMA Negeri se-Kabupaten Luwu Timur disimpulkan bahwa intensitas pemanfaatan laboratorium fisika memberikan dampak terhadap pembelajaran fisika yaitu menjadikan peserta didik lebih termotivasi untuk belajar fisika serta meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep yang telah mereka pelajari di kelas. Implikasi dari penelitian ini adalah hasil analisis intensitas pemanfaatan laboratorium fisika di SMA Negeri se-Kabupaten Luwu Timur memberikan informasi bagi pihak sekolah tentang pentingnya pengelolaan dan pemanfaatan laboratorium dalam mendukung pembelajaran fisika.

 

This research is a quantitative descriptive study that aims to analyze the intensity of the use of the laboratory and its impact on physics learning in State Senior High Schools throughout East Luwu Regency. The research method used is a survey research method. The subjects of this study amounted to 140 people who were obtained from 7 public high schools in East Luwu Regency, which had laboratories. The instruments used are questionnaires and interviews. The results showed that the intensity of the use of laboratories for practicum activities in State Senior High Schools throughout East Luwu Regency was still at a fairly effective level. Based on the results of interviews conducted at State Senior High Schools throughout East Luwu Regency, it was concluded that the intensity of the use of physics laboratories had an impact on physics learning, namely making students more motivated to learn physics and increasing students' understanding of the concepts they had learned in class. This research implies that the results of the analysis of the intensity of the use of physics laboratories in State Senior High Schools throughout East Luwu Regency provide information for schools about the importance of laboratory management and utilization in supporting physics learning.


Keywords


Laboratorium Fisika; Pembelajaran Fisika; Praktikum Fisika

Full Text:

PDF

References


‘Aini, S. N., Kartika, I., & Widayanti. (2019). Analisis sarana prasarana dan intensitas penggunaan laboratorium fisika sma/ma negeri di kabupaten temanggung. Prosiding Seminar Nasional Fisika Festival, November, 140–148.

Anggereni, S., Suhardiman, S., & Amaliah, R. (2021). Analisis ketersediaan peralatan, bahan ajar, administrasi laboratorium, keterlaksanaan kegiatan praktikum di laboratorium fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 414–423. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.3925

Awitaningsih, N. Ek., Sutarto, & Supriadi, B. (2021). Studi pemanfaatan peralatan laboratorium fisika dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran fisika kelas x dan xi di sma negeri kabupaten banyuwangi wilayah selatan-barat. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2), 185–191.

Ekosari, L. Q., Prihandono, T., & Lesmono, A. D. (2018). Analisis efektivitas laboratorium fisika dalam pembelajaran fisika sma dan kesesuaiannya dengan Kurikulum 2013. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2018, 3, 173–177.

Erwin, Permana, I., & Hayat, M. S. (2018). Strategi evaluasi program praktikum fisika dasar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 12–20. https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i1.2308

Istinganah, Y. F., Syam, M., & Zulkarnaen. (2021). Pemanfaatan laboratorium fisika dan kontribusinya dalam pembelajaran fisika, studi kasus di sma negeri 1 sendawar dan sma negeri 1 liggang bigung kabupaten kutai barat. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 2(1), 23–33. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.406

Katili, N. S., Sadia, I. W., & Suma, K. (2013). Analisis sarana dan intensitas penggunaan laboratorium fisika serta kontribusinya terhadap hasil belajar siswa sma negeri di kabupaten jembrana. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 3(2), 14–22.

Martina, M. Y., & Hau, R. R. H. (2021). Analisis pengelolaan laboratorium fisika dan kegiatan praktikum siswa dalam mendukung pelaksanan pembelajaran fisika smask bhaktyarsa maumere kabupaten sikka. Intelligentes: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 2(1).

Noor, Y. A., Putra, N. M. D., Nugroho, S. E., Marwoto, P., Mindyarto, B. N., Linuwih, S., Sugiyanto, Adhi, M. A., Muttaqin, R., Prayitno, W. S. W., Suyanto, & Minhat. (2020). Praksis praktikum fisika mode daring: studi kasus pembelajaran di sma/ma jawa tengah dan jawa timur semasa pandemi covid-19. UPEJ: Unnes Physics Education Journal, 9(3), 276–283.

Nosela, S., Siahaan, P., & Suryana, I. (2021). Pengaruh model pembelajaran level of inquiry dengan virtual lab terhadap keterampilan proses sains peserta didik sma pada materi fluida statis. Journal of Teaching and Learning Physics, 6(2), 100–109. https://doi.org/10.15575/jotalp.v6i2.11018

Putri, D. H., Sutarno, & Risdianto, E. (2014). Profil peralatan dan keterlaksanaan praktikum fisika sma di wilayah miskin propinsi bengkulu. Jurnal Exacta, 12(1), 1–6.

Sari, C. P., & Roza, L. (2020). Hasil analisis kebutuhan pemanfaatan laboratorium fisika sebagai penunjang hasil belajar siswa. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2020, IX, 7–14. https://doi.org/doi.org/10.21009/03.SNF2020.02.PF.02

Sarjono. (2018). Pentingnya Laboratorium Fisika di SMA/MA dalam Menunjang Pembelajaran Fisika. Jurnal Madaniyah, 8(3), 262–271.

Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Suseno, N., & Riswanto. (2017). Sistem pengelolaan laboratorium fisika untuk mewujudkan pelaksanaan praktikum yang efisien. JPF: Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, 1(1), 76–86. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v5i1.743

Yanti, D. E. Bu., Subiki, & Yushardi. (2016). Analisis sarana prasarana laboratorium fisika dan intensitas kegiatan praktikum fisika dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran fisika sma negeri di kabupaten jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 41–46.

Yennita, Sukmawati, M., & Zulirfan. (2012). Hambatan pelaksanaan praktikum ipa fisika yang dihadapi guru smp negeri di kota pekanbaru. Jurnal Pendidikan, 3(1), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31258/jp.3.1.%25p

Yuyung, A., Sari, S. S., & Yani, A. (2020). Analisis pemanfaatan laboratorium fisika di sma negeri 5 makassar. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM, 2, 49–51.




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i2.4964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats