Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik

Rizka Ramdhani, Ahmad Harjono, Wahyudi Wahyudi

Abstract


Riset ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran dengan model kooperatif tipe think-pair-share untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik. Produk yang dikembangkan untuk divalidasi berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan instrumen tes. Jenis riset ini termasuk Research and Development (R&D) model 4D, mencakup beberapa tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Riset ini dibatasi pada tahap develop.Tahap define yaitu langkah awal untuk mendefinisikan masalah. Tahap design yaitu merancang produk pengembangan. Tahap develop yaitu pengembangan produk dilakukan dengan validasi produk oleh validator ahli menggunakan instrumen lembar uji validitas berupa angket. Skor validasi diakumulasikan untuk memperoleh nilai validitas dan reliabilitas. Hasil penyelidikan berdasarkan validasi ahli membuktikan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam kategori sangat valid dan reliabel. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran ini layak diterapkan dalam aktivitas belajar dan mengajar untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik.

 

This research describes the validity of learning tools with a think-pair-share cooperative model to improve students' physical problem-solving abilities. The products are developed to be validated in a syllabus, Learning Implementation Plan (RPP), Student Worksheets (LKPD), and test instruments. This type of research includes the Research and Development (R&D) 4D model, consisting of several stages, namely define, design, develop and dissemination. This research is limited to the development stage. The define stage is the first step to defining the problem. The design stage is designing product development. The development stage, namely product development, is carried out with product validation by expert validators using a validity test sheet instrument in a questionnaire. Validation scores are accumulated to obtain validity and reliability scores. The results are based on expert validation to prove the learning tools developed in the very valid and reliable category. This shows that this learning tool is feasible to be applied in teaching and learning activities to improve students' physics problem-solving skills.


Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah; Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share; Validitas Perangkat Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Andala, S., Tanti, T., & L. Muliawati. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika sekolah menengah atas negeri 10 kota jambi. In Doctoral Dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin.

Arafah, S. F., Priyono, B., & Ridho, S. (2012). Pengembangan lks berbasis berpikir kritis pada materi animalia. Unnes Journal of Biology Education (UJBE), 1(1), 75–81.

Arifin. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Astuti, T D., & Fathoni, A. (2018). Dukungan keterampilan guru dalam pembelajaran, kelengkapan fasilitas belajar dan disiplin belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas viii mts negeri bekonang. Manajemen Pendidikan, 13(2), 130–138.

Charli, L., Amin, A., & Pujiastuti, I. (2018). Penerapan model think pair share pada pembelajaran fisika. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 1(2), 74–80.

Docktor, J. L., Strand, N. E., Mestre, J. P., & Ross, B. H. (2015). Conceptual problem solving in high school physics. Physical Review Special Topics. Physics Education Research, 11(2).

Nisyah, M., Gunawan, G., Harjono, A., & Kusdiastuti, M. (2019). Perangkat pembelajaran model inkuiri dipadu advance organizer (ao) untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 1–6.

Harjono, A. (2012). Perbedaan strategi pembelajaran dan pemberian advance organizer pengaruhnya terhadap hasil belajar fisika siswa kelas x. Jurnal Pijar Mipa, 7(1), 13–17.

Harjono, A., Makhrus, M., Savalas, L., & Rasmi, D. (2019). Pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran ipa untuk mendukung kesiapan guru sebagai role model keterampilan abad 21. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat. 2(3), 343–347.

Hayati, S., & Lailatussaadah, L. (2016). Validitas dan reliabilitas instrumen pengetahuan pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan (pakem) menggunakan model rasch. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 16(2), 169–179.

Maghfiroh, A., & Sukardiyono, S. (2017). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis scientific investigation untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi fluida dinamis peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika,6(3), 173–180.

Majid, A., & Rochman, C. (2015). Pendekatan ilmiah dalam implementasi kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Makhrus, M., Wahyudi, W., Taufik, M., & Zuhdi, M. (2020). Validitas perangkat pembelajaran berbasis ccm-cca pada materi dinamika partikel. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 54–58.

Putra, A., Syarifuddin, H., & Zulfah, Z. (2018). Validitas lembar kerja peserta didik berbasis penemuan terbimbing dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan penalaran matematis. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 56.

Rohyatun, R., & Astono,J. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika dengan model kooperatif tipe think-pair-share (tps) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas x sma. Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

Sahidu, H., & Gunawan, G. (2019). Evaluasi Pendidikan Abad 21. Mataram: Arga Puji Press.

Sahidu, H., Gunawan, G., Rokhmat, J., & Rahayu, S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berorientasi pada kreativitas calon guru. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 1–6.

Salakopa H.M., & Soegimin. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika dengan model kooperatif tipe think-pair-share (tps) pada pokok bahasan suhu dan kalor untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di sma negeri 07 surabaya. Thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development). Jakarta: Alfabeta.

Sumarli, S. (2018). Analisis model pembelajaran tipe think-pair-share berbasis pemecahan masalah terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(1), 8–13.

Susiana, N., Yuliati, L., & Latifah, E. (2017). Analisis pembelajaran berdasarkan profil kemampuan pemecahan masalah fisika siswa kelas x sma. Prosiding Seminar Nasional III Tahun 2017, 3(1), 210–214.

Veronicca, R., Gunawan, G., Harjono, A., & Ardhuha, J. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan konflik kognitif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah momentum dan impuls peserta didik. Indonesian Journal of Applied Science and Technology, 1(4), 167–173.

Wahyudi, W., Supardi, Z. I., & Suyatno, S. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dengan strategi mind map untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi alat-alat optik. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(2), 1084–1089.

Wijayanti, W., Maharta, N., & Suana, W. (2017). Pengembangan perangkat blended learning berbasis learning management system pada materi listrik dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 1–12.




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i2.4966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats