Analisis Deskripsi Capaian Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XI

Arief Rahman Jalal, Maison Maison, Dwi Agus Kurniawan, M Al Amin, Hariono Hariono

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan pengaruh dan capaian pemahaman konsep peserta didik terhadap prestasi belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif yang mendeskripsikan atau menggambarkan mengenai pengaruh dan capaian pemahaman konsep peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 11 Kerinci terhadap mata pelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara terhadap guru fisika dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 11 Kerinci. Peneliti melaksanakan wawancara yang bersifat semi terstruktur terhadap guru dengan teknik in-depth interview dalam proses wawancara dan 25 peserta didik kelas XI SMA Negeri 11 Kerinci dijadikan sampel dalam penelitian ini. Data-data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru di sekolah dan juga hasil tes peserta didik sebagai variable rata-rata pencapaian peserta didik. Hasil dari data-data diproses melalui perhitungan statistik didapatkan hasil nilai tes dari belajar fisika diperoleh nilai minimum 50, mean 62.76, median 64.00, modus 70, dan nilai maximum 70  yang termasuk dalam kategori rendah yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 11 Kerinci terhadap pembelajaran fisika.  

 

This study describes the effect and the achievement of students' conceptual understanding on learning achievement. The method used in this study is a descriptive method that describes the effect and understanding of the conceptual understanding of students in class XI science at SMA Negeri 11 Kerinci on physics subjects. This study used interviews with physics teachers and student learning outcomes of class XI IPA SMA Negeri 11 Kerinci. The researchers conducted semi-structured interviews with teachers using an in-depth interview technique; in the interview process and 25 students of class XI SMA Negeri 11 Kerinci were sampled in this study. The data were collected through interviews with school teachers and student test results as a variable for the average student achievement. The results of the data processed by statistical calculation showed that the test score from studying physics obtained a minimum score of 50, a mean of 62.76, a median of 64.00, mode 70, and a maximum value of 70, which were included in the low category caused by a lack of understanding of the concepts of class XI science high school students. Negeri 11 Kerinci towards learning physics.


Keywords


Pemahaman Konsep; Pembelajaran Fisika

Full Text:

PDF

References


A’yun, D. Q., Prihandono, T., & Wahyuni, S. (2021). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad disertai media audio visual dalam pembelajaran fisika berbasis multirepresentasi kelas x. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2), 152–f157.

Aufa, M., & Haq, A. L. A. (2020). Pengaruh model student teams achievement division (stad) terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 12(2), 77–84.

Azizah, Z., Taqwa, M. R. A., & Assalam, I. T. (2020). Analisis pemahaman konsep fisika peserta didik menggunakan isntrumen berbantukan quizizz. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(2), 1–11. https://doi.org/10.23971/eds.v8i2.1707

Busyairi, A., Sutrio, S., Gunada, I. W., Harjono, A., Doyan, A., & Munandar, R. (2021). Peningkatan pemahaman konsep calon guru fisika melalui pendekatan multipel representasi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 502-508.

Chan, M. I. H., Septia, E. A., Febrianti, K., & Desnita, D. (2021). Efektivitas model pembelajaran terhadap peningkatan pemahaman konsep fisika siswa sma: meta-analisis. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 238. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5714

Dede, D., Amir, M., & Arifin, M. T. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar ips siswa kelas viii smpn satu atap paga kecamatan tanawawo. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 3(04), 10–17.

Fatimiyah, C., Martawijaya, M. A., & Arsyad, M. Meningkatkan pemaknaan materi-materi fisika melalui strategi peta konsep pada peserta didik kelas xi mia 1 sma negeri 7 takalar kabupaten takalar. In Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs Universitas Negeri Makassar (Vol. 2, pp. 134-137).

Ghofur, M. K. A., & Taqwa, M. R. A. (2021). Analisis level pemahaman konsep tekanan hidrostatis mahasiswa calon guru fisika dengan four-tier test. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 6(4), 903-912.

Handayani, D., Septhiani, S., Matematika, P., & Pgri, U. I. (2021). Pengarun diri terhadap prestasi beh kecerdasan emosional aspek kesadaralajar matematika. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1352–1358.

Hidajat, D., Pratiwi, D. A., & Afghohani, A. (2018). Analisis kesulitan dalam penyelesaian permasalahan ruang dimensi dua. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(1). https://doi.org/10.21043/jpm.v1i1.4452

Hidayat, R., Hakim, L., & Lia, L. (2019). Pengaruh model guided discovery learning berbantuan media simulasi phet terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 97. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i2.5900

Ikbal, M. S., Jusman, J., Badu, T. K., Permana, I., & Ali, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran children learning in science (cils) terhadap pemahaman konsep fisika:(The effect of children learning in science learning models on the physics concepts understanding). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 1(3), 82-90.

Kurniasari, L. Y., & Wasis, W. (2021). Analisis kemampuan multi representasi dan kaitannya dengan pemahaman konsep fisika. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 142–150. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2404

Lestari, P. A. S., Rahayu, S., & Hikmawati, H. (2015). Profil miskonsepsi siswa kelas x smkn 4 mataram pada materi pokok suhu, kalor, dan perpindahan kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 146-153.

Linarwati, M., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2016). Studi deskriptif pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia serta penggunaan metode behavioral event interview dalam merekrut karyawan baru di bank mega cabang kudus. Journal of Management, 2(2), 1.

Marhento, G. (2015). Efektivitas pembelajaran kontekstual dalam mengajarkan matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v1i3.73

Martina, M. Y., & Hau, R. R. H. (2021). Identifikasi pemahaman konsep impuls dan momentum pada siswa kepeminatan fisika 1. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 2(2).

Mayasari, A., Asrizal, A., & Festiyed, F. (2022). Meta analisis pengaruh media pembelajaran elektronik terhadap hasil belajar dan pemahaman konsep siswa. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(1), 10-14.

Miftahussaadah, M., & Subiyantoro, S. (2021). Paradigma

pembelajaran dan motivasi belajar siswa. Islamika, 3(1), 97–107. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1008

Mulyana, V., Asrizal, A., & Mufit, F. (2021). Meta analisis pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 166–172. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.8971

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 441. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.156

Nastiti, F. F., & Syaifudin, A. H. (2020). Hubungan pemahaman konsep matematis terhadap hasil belajar siswa kelas viii smp n 1 plosoklaten pada materi lingkaran. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 8. https://doi.org/10.33087/phi.v4i1.80

Nikat, R. F., & Loupatty, M. (2022). Pemahaman konsep dinamika dan kinematika berdasarkan conceptual knowledge melalui aplikasi game quizizz pendahuluan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 218–230. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.23418

Purnia, D. S., Adiwisastra, M. F., Muhajir, H., & Supriadi, D. (2020). Pengukuran kesenjangan digital menggunakan metode deskriptif berbasis website. EVOLUSI : Jurnal Sains Dan Manajemen, 8(2). https://doi.org/10.31294/evolusi.v8i2.8942

Putri, W. A. S., Hakim, L., & Sulistyowati, R. (2022). Pengembangan e-lkpd materi efek doppler berbasis inkuiri terbimbing berbantuan aplikasi phyphox untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(1), 15-20.

Ridha, M. R. M., Suhaili, N., & Irdamurni, I. (2021). Perkembangan motivasi peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3092-3097.

Riwanto, D., Azis, A., & Arafah, K. (2019). Analisis pemahaman konsep peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal fisika kelas x mia sma negeri 3 soppeng. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 15(2), 23–31. https://doi.org/10.35580/jspf.v15i2.11033

Sandra, R. O., Iqbal, M., & Abimantara, A. Y. (2021). Pengaruh kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar fisika di kelas x. Edutainment, 8(2), 48–56. https://doi.org/10.35438/e.v8i2.323

Sari, S. P., Lubis, P. H. M., & Sugiarti, S. (2021). Pengembangan lkpd berbasis discovery learning berbantuan software tracker pada materi gerak melingkar untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 137–146. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.137-146

Shidik, M. A., Faradina, F., Pertiwi, P., & Irwan, A. (2021). Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 4(2), 44–49. https://doi.org/10.46918/karst.v4i2.1029

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Sihombing, S., Silalahi, H. R., Sitinjak, J. R., & Tambunan, H. (2021). Analisis minat dan motivasi belajar, pemahaman konsep dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar selama pembelajaran dalam jaringan. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 4(1), 41–55.

Simamora, N. N., Putri, W. A., Iqbal, M., Ramadhanti, A., & Rini, E. F. S. (2020). Description of student discipline attitudes at smp negeri 16 jambi city. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 8(2), 76. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v8i2.3175

Suryana, A., Noviansyah, I., & Tamara, F. (2022). Pengaruh media audio visual terhadap prestasi belajar siswa di madrasah ibtidaiyah nurul ilmi citeureup bogor. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 2(2), 112-132.

Sukarjita, I. W., & Fakhruddin, F. (2021). Analisis efektivitas model pembelajaran predict observe explain dalam menanamkan pemahaman konsep dan sikap ilmiah siswa. Haumeni Journal of Education, 1(2), 57-67.

Swistoro Warimun, E., & Murwaningsih, A. (2015). Model pembelajaran induktif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan generik fisika siswa sma. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 01(1), 105–110. https://doi.org/10.21009/1.01115

Syafari, Y., & Montessori, M. (2021). Analisis pembelajaran daring terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa dimasa pandemi covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1294–1303.

Theasy, Y., Bustan, A., & Nawir, M. (2021). Penggunaan media laboratorium virtual phet simulation untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika mahasiswa pada mata kuliah eksperimen fisika sekolah. Variabel, 4(2), 39-45.

Trianggono, M. M. (2017). Analisis kausalitas pemahaman konsep dengan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pemecahan masalah fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 3(1), 1. https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i1.874

Winarti, W. T., Yuliani, H., Rohmadi, M., & Septiana, N. (2021). Pembelajaran fisika menggunakan model discovery learning berbasis edutainment. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 47. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2789

Yarlis, E., Fisika, P. K., Pembelajaran, M., & Power, M. (2021). Melalui penggunaan media pembelajaran microsoft power point pada siswa kelas xii ipa 3 man 2 kota padang. Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 5(2), 1–11.

Yuli, F., & Mufit, F. (2021). Disain dan validitas bahan ajar berbasis konflik kognitif mengintegrasikan virtual laboratory pada materi optik untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa sma/ma. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1), 101–112. https://doi.org/10.24036/jppf.v7i1.111889




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i2.4990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats