Validitas Perangkat Pembelajaran Model Kausalitik Berbantuan Google Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Fisika Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk menentukan dan merincikan validitas perangkat pembelajaran model kausalitik berbantuan google classroom untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah (KPM) dan kemampuan berpikir kreatif (KBK) peserta didik pada topik usaha dan energi. Penelitian ini merujuk langkah-langkah model 4D (Define, Design, Develop,and Disseminate) yang dibatasi hingga tahap develop dengan jenis penelitian pengembangan (R&D) oleh Thiagarajan. Pengumpulan data berupa validitas produk penelitian yang terdiri dari: RPP, Tugas Pendahuluan, LKPD dan Instrumen tes. Validitas produk penelitian ini ditentukan oleh 3 validator ahli dosen fisika Universitas Mataram serta 3 validator praktisi yakni guru fisika dari MAN 2 Mataram dengan menggunakan lembar validasi sebagai instrumen penelitian. Data yang telah dikumpulkan berupa lembar validasi kemudian dianalisis menggunakan skala Likert. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki rentang persentase dari 84,0% hingga 90,6% dengan kategori cukup valid hingga sangat valid, sehingga dapat disimpulkan perangkat pembelajaran model kausalitik berbantuan google classroom ini layak diterapkan dalam proses pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan rujukan atau sebagai data pendukung terkait pengembangan model kausalitik yang masih terbatas.
This research aims to determine and detail the validity of causalitic model learning tools assisted by Google Classroom in improving students’ problem-solving and creative thinking skills on the subject of work and energy. This research refers to the 4D model phase (Define, Design, Development, and Disseminate) limited to the development phase of development research by Thiagarajan in Sugiyono. Data collection in research product validity consists of lesson plans, preliminary assignments, student worksheets, and test instruments to measure students’ problem-solving abilities and creative thinking skills. The validity of this research product is determined by three expert validators of physics lecturers at the University of Mataram and three practitioners’ validators of physics teachers from MAN 2 Mataram by using the validation sheet as a research instrument. The data that has been collected is in the form of a validation sheet and then analyzed using a Likert scale. Based on the results of the validity analysis, it is obtained that the learning tools developed had a percentage range of 84.0% to 90.6% with valid to very valid criteria, so it can be concluded that the learning tools as a product of this research are suitable for use in. The implication of this research is to provide a reference or supporting data related to developing a causal model, which is still limited.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amanda, F. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep topik tekanan siswa sman 2 sungai penuh dengan metode pembelajaran berbasis video. Journal Evaluation in Education, 55–58.
Baharuddin, I. (2020). Pembelajaran bermakna berbasis daring di tengah pandemi covd-19. Journal of Islamic Education Management, 79–88.
Busyairi, A., & Sinaga, P. (2021). Pengembangan instrumen tes model ideation-explanation untuk mengukur kemampuan berfikir kreatif dalam pemecahan masalah. Jurnal Pijar MIPA, 57–63.
Dewi, S. M., Gunawan, G., Susilawati, S., & Harjono, A. (2019). Validitas perangkat pembelajaran fisika berbasis model generatif berbantuan laboratorium virtual. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 162–166.
Gunada, I. W., Sahidu, H., & Sutrio, S. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(1), 38–46.
Gunawan, G., Harjono, A., & Sahidu, S. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 38–46.
Istiqamah, I. (2019). Validitas perangkat pembelajaran konsep pencemaran lingkungan untuk meningkatkan keterampilan komnikasi sains sisa sma di banjarmasin. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 117–124.
Kurniawan, B. R., & Taqwa, M. R. A. (2018). Pengembangan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi listrik dinamis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(11).
Kusuma, Y. (2018). Creative problem solving. Rumah Pengetahuan.
Lestari, N. D., & Suliyanah, S. (2020). Validitas perangkat pembelajaran fisika model prediction observe explain (poe) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 157–165.
Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019). Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem komputer. PENDIPA Journal of Science Education, 167–173.
Mukti, F., Connie, C., & Medriati, R. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) pembelajaran fisika untuk menigkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa sma sint carolus kota bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 57–63.
Muslimah, M., Lina, S., Rosalina, E., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) tematik berbasis outdoor learning pada siswa sekolah dasar Jurnal Basic Edu, 60–66.
Nirfayanti, N. (2019). Pengaruh media pembelajaran google classroom dalam pembelajaran analisis real terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 50–59.
Pratiwi, Y., & Suliyanah, S. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi getaran Harmonik Sederhana. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 158–165.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1).
Rahayu, C. F. (2021). Validitas perangkat pembelajaran fisika sma berbasis model pembelajaran generatif dengan pendekatan open-ended problem untuk menstimulus keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika, 1–6.
Reski, R., Hutapea, M. N., & Saragih, S. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran problem based learning untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa kelas vii smp/mts. Jurnal Cendekia, 701–717.
Rokhmat, J. (2017). The causal model in physics learning with a causalitic-thinking approach to increase the problem-solving ability of pre-service teacher. Pertanika Journal of Social Science and Humanities (JJSH), 160–168.
Rokhmat, J. (2018). Instrumen pembelajaran fisika dengan pendekatan berpikir kausalitik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa sma [The …. In Laporan Penelitian PDUPT tahun kedua Universitas ….
Rokhmat, J., Marzuki, Hikmawati, & Verawati, N. N. S. P. (2017). Instrument development of causalitic thinking approach in physics learning to increase problem solving ability of pre-service teacher. American Institute of Physics Conference Proceeding of the Theorotical and Applied Physics (ICTAP).
Sari, Y., Rokhmat, J., & Hikmawati, H. (2020). Pengaruh model pembelajaran kausalitik terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik. Jurnal GeoScienceEdu, 11–16.
Setyosari, P. (2016). Metode penelitian, pendidikan dan pengembangan. Kencana Prenadamedia Group.
Sugiyono, S. (2015). Metode penulisan pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i2.4992
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |