Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Sparkol Videoscribe Materi Fluida Dinamis Kelas XI SMA

Mega Laylia Kusumawardhani, Trapsilo Prihandono, Firdha Kusuma Ayu Anggraeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan serta keefektifan media pembelajaran fisika menggunakan Sparkol Videoscribe pokok bahasan fluida dinamis. Produk yang dikembangkan berupa video pembelajaran memakai Sparkol Videoscribe pokok bahasan fluida dinamis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4D dengan 4 tahap yakni define, design, development, disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 di SMA Negeri 1 Glenmore tahun ajaran 2021/2022. Instrument pengumpulan data yang digunakan di penelitian ini yakni lembar validasi, lembar pre-test serta post-test yang terdiri dari 5 soal.  Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan Sparkol Videoscribe pokok bahasan fluida dinamis dikategorikan valid atau layak dengan hasil rata-rata uji validator ahli dan pengguna mencapai tingkat kevalidan 88,5% dan media pembelajaran ini efektif dipakai pada kegiatan belajar mengajar di kelas XI karena terbukti dapat menaikkan hasil belajar siswa di aspek kognitif dengan nilai N-gain sejumlah 75% termasuk dalam kategori “tinggi”, sehingga media pembelajaran fisika memakai Sparkol Videoscribe menghasilkan video pembelajaran yang valid. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran fisika menggunakan Sparkol Videoscribe valid, efektif dan dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran fluida dinamis.

 

This research aims to develop and determine the feasibility and effectiveness of physics learning media using Sparkol Videoscribe on dynamic fluid topics. The product developed is a learning video using Sparkol Videoscribe on dynamic fluid topics. This study uses research and development methods with a 4D development model with four stages: define, design, development, and dissemination. The subjects in this study were students of classes XI MIPA 3 and XI MIPA 4 at SMA Negeri 1 Glenmore for the academic year 2021/2022. The data collection instruments used in this study were validation sheets and pre-test and post-test sheets consisting of 5 questions. The results of the research on the development of learning media using Sparkol Videoscribe the subject of dynamic fluid discussions are categorized as valid or feasible, with the average results of expert and user validator tests reaching a validity level of 88.5%. This learning media is effectively used in teaching and learning activities in class XI because it is proven to increase student learning outcomes in the cognitive aspect with an N-gain value of 75% are included in the "high" category, so that the physics learning media using Sparkol Videoscribe produces valid learning videos. Based on the research results, the physics learning media using Sparkol Videoscribe is valid, effective and can be used as a tool in dynamic fluid learning.


Keywords


Fluida Dinamis; Media Pembelajaran Fisika; Sparkol Videoscribe

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

al Munawwarah, R. (2019). Sparkol videoscribe sebagai media pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2), 430-437 https://doi.org/10.24252/ip.v8i2.12412

Daryanto. (2010). Media pembelajaran: peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Gava Media.

Hake, R. (1999). Analyzing change/gain score. Indiana University.

Halliday, D., Resnick, R. , & Walker, J. (2010). Fisika Dasar (ketuju). Erlangga.

Ismail, I., Enawaty. E., & Lestari, I. (2018). Pengaruh penggunaan media pembelajaran videoscribe terhadap hasil belajar siswa materi ikatan kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(10).

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i10.29053

Jannah, M., Harijanto, A., & Yushardi, ). (2019). Aplikasi media pembelajaran fisika berbasis sparkol videoscribe pada pokok bahasan suhu dan kalor terhadap hasil belajar siswa smk. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(2), 65-72

https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jpf.v8i2.11140.

Ma’ruf, M. W., & Syaifin, R. A. (2021). Strategi pengembangan profesi guru dalam mewujudkan suasana pembelajaran yang efektif. Al-Musannif, 3(1), 27–44. https://doi.org/10.56324/al-musannif.v3i1.54

Muhammad, H., Murtinugraha, R. E., & Musalamah, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis moodle pada mata kuliah metodologi penelitian. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 54-60.Jurnal PenSil, 9(1), 54–60. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.13453

Muthoharoh, V., & Sakti, N. C. (2021). Media pembelajaran interaktif menggunakan adobe flash cs6 untuk pembelajaran ips siswa sekolah menengah atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 364–375. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.315

Niswatin, L. (2020). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis sparkol videoscribe untuk membantu peserta didik menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor kelas XI SMA. Universitas Negeri Malang.

Nugroho, A. A., Putra, R. W. Y., Putra, F. G., & Syazali, M. (2017). Pengembangan blog sebagai media pembelajaran matematika. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 197. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2028

Nur, D. R., & Anggaryani, M. (2022). Pengembangan media pembelajaran whiteboard animation berbasis sparkol Videoscribe pada Materi Gerak Lurus untuk Siswa SMA Kelas X. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 3832–3843. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2855

Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi pada perkuliahan sejarah matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705

Raisa, S., Adlim, A., & Safitri, R. (2018). Respon peserta didik terhadap pengembangan media audio-visual. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 82–86. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9821

Rubiyah, S. , D. D., & S. H. (2020). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis sparkol videoscribe dan avs video editor untuk siswa kelas x smk mahadhika 2 jakarta timur. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(2).

Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Sumiharsono, R., & Hisbiyatul, H. (2017). Media pembelajaran: buku bacaan wajib dosen, guru dan calon pendidik. CV Pustaka Abadi.

Wulandari, D. A. (2016). Pengembangan media pembelajaran menggunakan sparkol videoscribe dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran ipa materi cahaya kelas viii di smp negeri 01 kerjo tahun ajaran 2015/ 2016 [Thesis (Under Graduates), Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24062

Yuanita, D., & Susarno, L. H. (2020). Pengembangan media pembelajaran videoscribe untuk materi aksara murda mata pelajaran bahasa jawa kelas x sman i mojosari kab. mojokerto. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 10(29).




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i2.5073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats