Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Aplikasi Lectora Inspire

Elprida Welia Nesti, Rosane Medriati, Andik Purwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan guru dan siswa terhadap media pembelajaran fisika berbasis aplikasi lectora inspire. Data penelitian diambil dari populasi guru fisika dan siswa dari SMA N 1, SMA N 7 dan SMA N 6  di kabupaten Bengkulu Selatan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner lembar angket kebutuhan yang disebarkan secara langsung ke pada siswa dan guru fisika.  Implikasi dari penelitian pada guru dan siswa untuk mengubah pola pengajaran yang sesuai dengan kurikulum.  Pada penelitian ini responden kuesioner terdiri dari 89 siswa dan 3 orang guru fisika pada 3 sekolah yang ada di kabupaten Bengkulu Selatan. Data yang dihasilkan dengan menggunakan angket dan dianalisis kemudian dibuat kesimpulan berdasarkan interpretasi hasil analisis. Data yang dikumpulkan berupa hasil penyebaran angket kebutuhan guru sebesar 82,22% dengan katagori sangat setuju. Pada penyebaran angket kebutuhan siswa sebesar 78,87% dengan katagori sangat setuju. Berdasarkan hasil analisis data kesimpulan bahwa pengembangan media pembelajaran sangat dibutuhkan baik guru fisika maupun siswa. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, maka akan dilakukan pengembangan media pembelajaran fisika berbasis aplikasi lectora inspire.

 

This study aims to analyze the needs of teachers and students for physics learning media based on the Lectora inspire application. The research data were taken from a population of physics teachers and students from SMA N 1, SMA N 7 and SMA N 6 in the Bengkulu Selatan district. The data analysis technique used quantitative descriptive analysis techniques. The data collection technique used in this research is a needs questionnaire distributed directly to students and physics teachers. The implications of research on teachers and students change the teaching pattern according to the curriculum. In this study, 89 students and three physics teachers from 3 schools in Bengkulu Selatan district were questionnaire respondents. The data was generated using a questionnaire and analyzed and then made conclusions based on the interpretation of the analysis results. The data collected from the results of the distribution of teacher needs questionnaires amounted to 82.22%, with the category of strongly agree. In the distribution of student needs questionnaires of, 78.87% with the category of strongly agree. Based on the results of data analysis, it can be concluded that both physics teachers and students very much need learning media development. Based on the needs analysis results, the development of physics learning media based on the Lectora inspire application will be carried out.


Keywords


Lectora Inspire; Media Pembelajaran; Pengembangan

Full Text:

PDF

References


Anggraini, R., Wahyuni, S., & Lesmono, A. D. (2016). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) berbasis keterampilan proses di sman 4 jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 350–365.

Anggraini, S. A., Lesmono, A. D., & Handono, S. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) fisika berbasis poe materi gerak harmonis sederhana di man. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2017, 2(September), 1–6.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 2. PT. Bina Aksara.

Athiyah, U. (2018). Pengembangan media pembelajaran biologi semester 11 kelas x sma berbasis lectora inspire. Jurnal Nalar Pendidikan, 6, 41–46.

Azmi, R. A., Rukun, K., & Maksum, H. (2020). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis web mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 303–314. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/25840

Hendriyani, Y., Jalinus, N., Delianti, V. I., & Mursyida, L. (2018). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 11(2), 85–88. http://tip.ppj.unp.ac.id

Klentien, U., & Kamnungwut, W. (2015). The impact of using electronic media in english teaching for elementary and secondary students in thailand. International Journal of Information and Education Technologi, 5(8), 582–586. https://doi.org/10.7763/IJIET.2015.V5.572

Latifah, S., Yuberti, Y., & Agestiana, V. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis hots menggunakan aplikasi lectora inspire. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(1), 9–16. https://doi.org/10.26877/jp2f.v11i1.3851

Mahmudah, MUnzil, & Yulianti, E. (2017). Analisis kebutuhan multimedia intraktif science-edutainment pada tema bumi untuk siswa smp. In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Ipa Ke-2. http://ipa.fmipa.um.ac.id/

Nisa, A., & Sylvia, I. (2021). Pengembangan multimedia pembelajaran sosiologi sma berbasis lectora inspire. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 132–148.

Nursyam, A. (2019). Peningkatan minat belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(1), 811–819. https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.371

Sari, H. vidia, & Suswanto, H. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis webuntuk mengukur hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer jaringandasar program keahlian teknik komputer dan jaringan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2, 1008–1016.

Sugiyono. S. (2017). Metode penelitian & pengembangan research and development. Alfabeta.

Widaryanto, & Sulfemi, W. B. (2016). Korelasi penguasaan tik guru dengan kemampuan tik siswa. Jurnal Pendidikan Dan Administrasi Pendidikan, 14(1), 1–8. http://www.artikata.com/arti-369095-penguasaan.html.

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan releabilitas instumen penelitian kuantitatif. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i2.5144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats