Analisis Kebutuhan Terhadap Pengembangan Alat Peraga Pada Materi Ayunan Sederhana Berbasis Arduino Uno

Eka Nur Indah Septioningrum, Eko Risdianto, Afrizal Mayub

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan alat peraga pada materi ayunan sederhana berbasis Arduino UNO untuk siswa SMA. Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisis data kualitatif dan kuantitatif dan disimpulkan menggunakan analisis kualitatif. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian R&D dengan metode penelitian 4D yang dibatasi pada tahap define. Tahapan yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahap analisis kebutuhan, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi sekolah, lembar wawancara, dan angket kebutuhan alat peraga berbasis Arduino. Teknik pengumpulan data menggunakan data observasi, wawancara, dan data angket. Sampel data dalam penelitian ini adalah 84 siswa kelas XI IPA dan 3 guru fisika di 3 SMAN di Kota Bengkulu, yaitu SMAN 01 Kota Bengkulu, SMAN 02 Kota Bengkulu, dan SMAN 08 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa alat peraga sangat dibutuhkan oleh guru dan siswa dalam menunjang proses pembelajaran. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh dari hasil uji validitas menjelaskan jumlah siswa yang valid (N) yaitu 84 siswa dengan prosentase 100% dan hasil uji reliabilitas menjelaskan 17 butir soal yang dihitung menggunakan metode cronbach's alpha diperoleh hasil 0,645 dengan nilai standar item Cronbach's alpha sebesar 0,650. Dari hasil data yang diperoleh menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan valid dan reliabel. Oleh karena itu dari hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti berharap dapat memberikan kontribusi yang lebih kepada praktisi pendidikan sehingga dapat mengembangkan alat peraga berupa alat peraga materi ayunan sederhana untuk siswa.

 

This study aims to analyze the need for developing teaching aids on a simple Arduino UNO-based swing material for high school students. The data analysis technique was carried out by analyzing qualitative and quantitative data using qualitative analysis. This research is part of R&D research with the 4D research method, which is limited to the define stage. The stages used in this study are the needs analysis stage. The instruments used in this research are school observation sheets, interview sheets, and a questionnaire on the need for Arduino-based teaching aids. Data collection techniques used observation data, interviews, and questionnaire data. The sample data in this study were 84 students of class XI science and three physics teachers at 3 SMAN in Bengkulu City, SMAN 01 Bengkulu City, SMAN 02 Bengkulu City, and SMAN 08 Bengkulu City. Based on the results of the research that has been done, it can be concluded that teachers and students need learning media in the form of teaching aids to support the learning process. This is based on the data obtained from the validity test results explaining the number of valid students (N), namely 84 students with a 100% and the reliability test results explaining 17 items calculated using Cronbach's alpha method. The result obtained is 0.645, with a standard value of Cronbach's alpha items of 0.650. The results of the data obtained indicate that the instrument used is valid and reliable. Therefore, from the results of the research that has been done, the researcher hopes to make more contributions to educational practitioners so that they can develop teaching aids in the form of simple swing material props for students.


Keywords


Alat Peraga; Arduino; Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, A., & Hidyatama, O. (2013). Rancangan bnagun prototipe elevator menggunakan microcontroller arduino ATMEGA 328P. Jurnal Teknologi Elektro, Universitas Mercu, 4(3), 235–238.

Azmi, R. A., Rukun, K., & Maksum, H. (2020). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis web mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 303–314.

Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan reliabilitas kuisioner pengetahuan , sikap dan perilaku pencegahan demam berdarah. Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 73–79.

Diah, I., & Nita, S. (2018). Pembuatan video sebagai media pembelajaranuntuk meningkatkan pemahaman mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68–75. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/doubleclick

Fadhilah, A. N., Khikmah, N., & Salsabila, W. T. (2020). Analisis kebutuhan pengembangan alat peraga materi segitiga dan segiempat kelas vii smp islam al bayan. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020, 42–44.

Hakim, R. Al, Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas dan reliabilitas angket motivasi berprestasi. E- Jurnal Pendidikan, 4(4), 263–268.

Hertanto, E. (2017). Perbedaan skala likert lima dengan modifikasi skala likert empat skala. Metodologi Penelitian, September, 1–4. https://www.academia.edu

Huriawati, F., & Yusro, A. C. (2017). Pengembangan odd "osilator digital detector" sebagai alat peraga praktikum gerak harmnik sederhana. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4, 1–9.

Jagom, Y. O., Uskono, I. V, & Fernandez, A. J. (2020). Pemanfaatan alat peraga matematika sebagai media pembelajaran di sd ocbola di nusa Tenggara Timur. Abdidas, 1(5), 339–344.

Kusriyanto, M., & Wismoyo, N. (2017). Sistem palang pintu perlintasan kereta api otomatis dengan komunikasi wireless berbasis arduino. Teknoin, 23(1), 73–80.

https://doi.org/10.1109/ICCSP48568.2020.9182139

Nusyirwan, D., & Alfarizi. (2019). “Fun Book” rak buku otomatis berbasis arduino dan bluetooth pada perpustakaan untuk meningkatkan kualitas siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 12(2), 94. https://doi.org/10.20961/jiptek.v12i2.31140

Nuvitalia, D., Patonah, S., Saptaningrum, E., Khumaedi, K., & Rusilowati, A. (2016). Analisis kebutuhan alat peraga dalam implementasi kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Ipa Terpadu. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(2), 60–65.

Pramesty, R. I., & Prabowo, P. (2013). Pengembangan alat peraga kit fluida statis sebagai media pembelajaran pada sub materi fluida statis di kelas xi ipa sma negeri 1 mojosari, mojokerto. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 02(03), 70–74. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/ipf.v2n3.p%25p

Priwantoro, S. W., Fahmi, S., & Astuti, D. (2018). Analisis kebutuhan pengembangan multimedia berbasis kvisoft dipadukan dengan geogebra pada mata kuliah program linier. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 8(1), 49. https://doi.org/10.12928/admathedu.v8i1.11119

Putra, R. P., & Ayuningtyas, T. R. (2019). Pengembangan media pembelajaran flip chart berbahan dasar bambu. Jurnal Historia, 7(1), 79–94.

Rahmani, Y., Hamdani, D., & Risdianto, E. (2022). Pengembangan alat peraga eksperimen fisika dasar 1 pada materi viskositas fluida. Amplitudo: Jurnal Ilmu Pembelajaran Fisika, 1(2), 128–137.

Risdianto, E., Yanto, M., Kristiawan, M., & Gunawan, G. (2021). Respon guru pendidikan anak usia dini terhadap MOOCs berbantuan Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1487–1500. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.907

Saniman, S., Ramadhan, M., & Zulkarnain, I. (2020). Rancang bangun smart glass telemetri tegangan menggunakan teknik simplex berbasis arduino nano. J-SISKO TECH (Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer TGD), 3(1), 12–18. https://doi.org/10.53513/jsk.v3i1.191

Sari, O. B. mila, Risdianto, E., & Sutarno, S. (2020). Analisis kebutuhan pengembangan lkpd berbasis poe berbantuan augmented reality untuk melatihkan keterampilan proses dasar pada konsep fluida statis. PENDIPA Journal of Science Education, 4(2), 85–93. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.2.85-93

Shofa, M. I., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran ipa berbasis argument mapping. JPPSI, 3(1), 31–40.

Suari, M. (2017). Pemanfatan arduino nano dalam perancangan media pembelajaran fisika. Natural Science Jurnal, 3(1), 474–480.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Yohanes C, S., Sompie, S. R. U. A., & Tulung, N. M. (2018). Kotak penyimpanan uang berbasis mikrokontroler arduino uno. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 7(2), 167–174.




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i3.5286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats