Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Berbantuan Platform Wix Pada Materi Gelombang untuk Siswa SMK

Inayatun Diraya, Chairatul Umamah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan media pembelajaran fisika berbasis web berbantuan platform wix pada materi gelombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Borg and Gall. Instrumen pengumpulan data dari lembar validasi ahli media dan ahli materi yang terdisi dari 6orang validator yang terdiri dari 3 validator ahli media dan 3 validator ahli materi. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian untuk menghasilkan produk. Hasil penilaian dari validator ahli media dengan persentase rata-rata 85,01% dengan kategori sangat layak dan hasil penilaian dari validator ahli materi dengan persentase rata-rata 89.05%. Berdasarkan penilaian oleh ahli media dan ahli materi maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis web berbantuan platform wix sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Media Pembelajaran berbasis web dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang disajikan dan dapat memanfaatkan smartphone yang dimiliki untuk pembelajaran di sekolah maupun pembelajaran jarak jauh.

 

This study aims to analyze the feasibility of web-based physics learning media assisted by the Wix platform on wave material. This study uses the Borg and Gall model's research and development (R&D) methods. The data collection instrument was from the validation sheet of media experts and material experts consisting of 6 validators consisting of 3 validators of media experts and three validators of material experts. The type of data produced is qualitative data analyzed using the assessment criteria guidelines to produce a product. The assessment results from the media expert validator with an average percentage of 85.01% with a very decent category, and the assessment results from the material expert validator with an average percentage of 89.05%. Based on the assessment by media and material experts, it can be concluded that the web-based physics learning media assisted by the Wix platform is very suitable for learning. Web-based learning media can improve students' understanding of the material presented, and they can use their smartphones for learning at school and distance learning.


Keywords


Fisika; Media; Web

Full Text:

PDF

References


Agustini, S., Arsyad, M., & Yani, A. (2019). Penggunaan media pembelajaran virtual lab terhadap pemahaman konsep fisika pada peserta didik sma negeri 1 marioriwawo. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs Universitas Negeri Makassar, 1(0), Article 0. https://ojs.unm.ac.id/semnasfisika/article/view/8713

Amelia, T., & Asikin, N. (2018). Media pembelajaran berbasis web pada mata kuliah biologi sel: kajian dari aspek validitas. Jurnal Pedagogi Hayati, 2, 22–27.

Asyhari, A., & Diani, R. (2017). Pembelajaran fisika berbasis web enhanced course: Mengembangkan web-logs pembelajaran fisika dasar I. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 13–25.

Defianti, A., Hamdani, D., & Syarkowi, A. (2021). Penerapan metode praktikum virtual berbasis simulasi phet berbantuan guided-inquiry module untuk meningkatkan pengetahuan konten fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11, 47–55.

Gunawan, R. G., Siahaan, B. Z., & Astra, I. M. (2017). Pengembangan media e-learning berbasis web dengan pendekatan contextual teaching and learning (ctl) untuk meningkatkan belajar mandiri mahasiswa. Prosidingg Serminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2017, 41–48.

Hafizah, S. (2020). Penggunaan dan pengembangan video dalam pembelajaran fisika. jurnal pendidikan fisika (JPF) Universitas Muhammadiyah Metro, 8, 225–240.

Haloho, K. H., Tanjung, R., & Sudarma, T. F. (2019). Rancangan media pembelajaran fisika berbasis website pada materi pokok fluida dinamis kelas xi. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 5(1), 41. https://doi.org/10.24114/jiaf.v5i1.12380

Irawan, B., Maria, H. T., & Mursyid, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran online berbasis website pada materi listrik dinamis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(9), Article 9. https://doi.org/10.26418/jppk.v7i9.29007

Ismawati, I., Mutia, N., Fitriani, N., & Masturoh, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis web menggunakan google sites pada materi gelombang bunyi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 140–146.

Mufidah, L., & Habibi, M. W. (2022). Validasi media pembelajaran berbasis web pada materi sistem pernafasan manusia kelas viii di smp. Bioeduce : Journal of Biology Education, 4, 57–66.

Mukti, W. M., Puspita, Y. B., & Anggraeni, Z. D. (2020). Media pembelajaran fisika berbasis web menggunakan google sites pada materi listrik statis. Webinar Pendidikan Fisika 2020, 5, 51–59.

Mulyaningsih, N. N., & Saraswati, D. L. (2017). Penerapan media pembelajaran digital book dengan kvisoft flipbook maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 25–32. https://doi.org/10.24127/jpf.v5i1.741

Nur, C., Susyetina, A., Darmayanan, R. E., & Wijaya, K. (2021). Pelatihan pengembangan media pembelajaran daring menggunakan aplikasi Wix bagi sukarelawan Yayasan Rumah Impian Yogyakarta. In Unri Conference Series: Community Engagement, 3, 190-199.

Nurfadilah, N., Putra, D. P., & Riskawati, R. (2021). Pembelajaran Daring Melalui Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Literasi Digital, 1(2), 108-115.

Pertiwi, E., & Irfan, D. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran sistem komputer kelas x tkj di smk ngeri 1 painan. Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), 4, 202–208.

Rahayu, T., Mayasari, T., & Huriawati, F. (2019). Pengembangan media website hybrid learning berbasis kemampuan literasi digital dalam pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 130–142. https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1567

Riduwan, R., & Akdon, A. (2010). Rumus dan data dalam analisis statistika. Alfabeta.

Rohmani, R., Sunarno, W., & Sukarmin, S. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif terintegrasi dengan lks pokok bahasan hukum newton tentang gerak kelas x sma/ma. Junrnal Inkuiri, 4, 152–162.

Sugiyono, S. (2008). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono, S. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Wahyudi, I. (2017). Pengembangan program pembelajaran fisika sma berbasis e-learning dengan schoology. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 187–199. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1850

Wahyuni, N. L. D. A., Sugihartini, N., & Sindu, I. G. P. (2021). Pengembangan media pembelajaran animasi 2d pada mata pelajaran fisika kelas x di sma negeri 1 sawan. kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10, 111–122.




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i2.5321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats