Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD Berbasis STEM untuk Melatih Berpikir Kritis Materi Elastisitas dan Hukum Hooke
Abstract
Kegiatan proses belajar di sekolah tentunya menjadi sorotan bagi kita untuk melihat hasil belajar peserta didik. Artinya, sekolah harus mampu menyediakan fasilitas ataupun sarana pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan guru dan peserta didik terhadap pengembangan LKPD berbasis STEM untuk melatih berpikir kritis materi elastisitas dan hukum Hooke. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang termasuk kedalam bagian penelitian research and development (R&D). Model yang digunakan adalah model 4D yang diantaranya meliputi tahapan define, design, develop, dan dissemination. Dalam penelitian ini tahapan yang digunakan adalah tahapan analisis kebutuhan, Data penelitian diambil dari populasi guru fisika dan peserta didik dari 3 sekolah SMA di Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan instrumen lembar angket kebutuhan yang disebarkan secara langsung kepada guru fisika dan peserta didik SMA. Pada penelitian ini responden kuesioner terdiri dari 75 peserta didik dan 3 orang guru fisika dari 3 sekolah yang ada di Kota Bengkulu. Instrumen dalam penelitian ini ialah angket, dimana angket yang digunakan ialah angket analisis kebutuhan peserta didik. Hasil penelitian menyebutkan bahwa instrument yang digunakan valid dan reliabel. Hasil penelitian juga, menyebutkan bahwa peserta didik dari 3 sekolah SMA di Kota Bengkulu sangat setuju dengan pengembangan LKPD berbasis STEM untuk melatih berpikir kritis. Adapun fungsi dari penelitian ini sebagai need assessment yang berimplikasi terhadap pertimbangan dalam merancang LKPD berbasis STEM agar dapat memfasilitasi guru dan peserta didik dalam melatih berpikir kritis materi elastisitas dan hukum Hooke.
Learning process activities at school are certainly a highlight for us to see student learning outcomes. This means that schools must be able to provide learning facilities or facilities that support the learning process in schools. Therefore, this study was conducted to describe the results of the analysis of the needs of teachers and students towards the development of STEM-based Student Worksheets to train critical thinking of elasticity material and Hooke law. This method is descriptive research included in the research and development (R&D) section. The model used is a 4D model, which includes the stages of define, design, develop, and dissemination. In this study, the stage used was the stage of integrity analysis. The research data was taken from the population of physics teachers and students from 3 high schools in Bengkulu City. The data collection technique in this study used a needs questionnaire sheet instrument distributed directly to physics teachers and high school students. In this study, the questionnaire respondents comprised 75 students and three physics teachers from 3 schools in Bengkulu City. The instrument in this study is a questionnaire, where the questionnaire used is a questionnaire for analyzing student needs. The study's results stated that the instruments used were valid and reliable. The study's results also stated that students from 3 high schools in Bengkulu City strongly agreed with developing STEM-based Student Worksheets to train critical thinking. The function of this study as a need assessment has implications for considerations in designing STEM-based Student Worksheets to facilitate teachers and students in training critical thinking of elasticity material and Hooke law.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminah, S., Susiani, T. S., & Suryandari, K. C. (2017). Peningkatan keterampilan berpikir kritis melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan multimedia daalm pembelajaran IPA tentang energi pada siswa kelas III SD. Kalam Cendekia, 5(3), 261–265.
Elfina, S., & Sylvia, I. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sosiologi di sma negeri 1 payakumbuh. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 27–34. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i1.56
Ennis, R. H. (2015). The nature of critical thinking: Outlines of general critical thinking disposition and abilities. Sixth International Conference on Thinking at MIT, 2013, 1–8.
Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574
Herdiansyah, K. (2018). Pengembangan LKPD berbasis model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Eksponen, 8(1), 25-33.
Husnita, L., Atriani, M., Hidayat, S., & Wardhani, S. (2013). Analisis kebutuhan lkpd untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sel di sma negeri 8. Bioedukasi Jurnal Pendidikan Biologi.
Katriani, L. (2016). Pengembangan lembar kerja siswa. Prosiding Mathematics and Sciences Forum, 819–824.
Komariyah, N., Yuliani, H., & Syar, N. I. (2021). Analisis kebutuhan lks berbasis stem kelas xi materi fluida dinamis. Kappa Journal, 5(2), 289-297.
Lasksani, P., Ratnaya, G., & Arsa, P. S. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif teknik listrik dan elektronika berbasis lectora inspire 17. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(2), 81–89. https://doi.org/10.23887/jjpte.v7i2.20224
Mardiah, U., & Simatupang, P. (2020). Pengaruh Peran Dan Inovasi Terhadap Kinerja Karyawan Di Ptpn Iv Unit Kebun Marihat. Manajemen : Jurnal Ekonomi, 2(2), 124–133. https://doi.org/10.36985/manajemen.v2i2.358
Mawar, A. Y. D., Ernaningsih, D., & Syafriati, Y. M. (2020). Pengembangan LKPD berbasis berpikir kritis pada materi jamur. Jurnal Bios, 1–10.
Misbah, M., Dewantara, D., Hasan, S. M., & Annur, S. (2018). The development of student worksheet by using guided inquiry learning model to train student's scientific attitude. Unnes Science Education Journal, 7(1).
Nidyasafitri, F., Serevina, V., & Rustana, C. E. (2017). Pengembangan Lks berbasis pbl (problem based learning) pada pokok bahasan momentum dan impuls fisika sma kelas xi. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(2), 51. https://doi.org/10.17509/wapfi.v2i2.8279
Pamungkas, A., & Kusdiwelirawan, A. (2020). Analisis kebutuhan pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis android. IX, 69–74. https://doi.org/10.21009/03.snf2020.02.pf.11
Pertiwi, R. S. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa dengan pendekatan stem (science,technology,engineering,mathematics) untuk melatih keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi fluida statis. Lampung.
Puri, V. A. (2019). Pengembangan Lkpd berbasis science, technology, engineering and mathematics (stem) pada materi usaha dan energi di sma muhammadiyah 7. Eprints.Uad.Ac.Id.
Risdianto, E., Yanto, M., Kristiawan, M., & Gunawan, G. (2020). Respon guru pendidikan anak usia dini terhadap MOOCs berbantuan augmented reality. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1487–1500. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.907
Sanders, M. (2009). STEM, STEM Education,STEM mania. The Technology Teacher, 20–27. https://vtechworks.lib.vt.edu/bitstream/handle/10919/51616/STEMmania.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Sari, O. B. mila, Risdianto, E., & Sutarno, S. (2020). Analisis kebutuhan pengembangan lkpd berbasis poe berbantuan augmented reality untuk melatihkan keterampilan proses dasar pada konsep fluida statis. PENDIPA Journal of Science Education, 4(2), 85–93. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.2.85-93
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Alfabeta.
Vitrianingsih, D., Aulianingsih, I., & Yuliani, H. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) IPA Terintegrasi Islam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 27. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2525
Vitrianingsih, D., Yuliani, H., Syar, N. I., & Nasir, M. (2021). Analisis kebutuhan pengembangan lembar kerja siswa (lks) berbasis problem based learning pada materi elastisitas dan hukum hooke kelas xi di sma negeri 1 palangka raya. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i3.5383
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |