Pengembangan Buku Ajar Sistem Pengukuran Fisika Terintegrasi Laboratorium Virtual untuk Pembelajaran di Masa Post-Pandemic
Abstract
Proses pembelajaran pada masa post-pandemic dilaksanakan secara tatap muka namun dengan waktu yang terbatas. Akibatnya seringkali kegiatan praktikum di laboratorium dilewatkan. Agar keterampilan psikomotor mahasiswa tetap terbangun, maka dikembangkan buku ajar Sistem Pengukuran Fisika yang terintegrasi dengan laboratorium virtual. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan buku ajar Sistem Pengukuran Fisika yang terintegrasi dengan laboratorium virtual. Tingkat validitas buku ajar tersebut dideskripsikan melalui validasi ahli dan respon mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu RnD (research and development) dengan model pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan angket. Instrumen penelitian meliputi lembar wawancara, lembar angket validator, dan lembar angket respon mahasiswa. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data, diperoleh skor validasi buku ajar adalah sebesar 80,16% (sangat valid) untuk aspek materi, sebesar 97,73% (sangat valid) untuk aspek media, dan sebesar 82,5% (sangat valid) untuk aspek bahasa. Respon mahasiswa menunjukkan bahwa tingkat keterbacaan buku ajar adalah 100%. Saran yang diberikan yaitu perlu penambahan contoh soal dan pembahasan serta integrasi laboratorium virtual pada tiap bab. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa buku ajar Sistem Pengukuran Fisika terintegrasi laboratorium virtual sangat valid digunakan untuk pembelajaran di masa post-pandemic.
The learning process in the post-pandemic period is carried out face-to-face but with limited time. As a result, practical activities in the laboratory are often missed. In order to keep students' psychomotor skills awake, a Physics Measurement System textbook was developed and integrated with a virtual laboratory. The purpose of this research is to develop a Physics Measurement System textbook that is integrated with a virtual laboratory. The validation level of the textbook was described through expert validation and student responses. The research method used is RnD (research and development) with a 4D development model. Data collection techniques include interviews and questionnaires. The research instruments include interview sheets, validator questionnaires, and student response questionnaires. Data analysis techniques were carried out quantitatively and qualitatively. Based on the data analysis, the textbook validation scores were obtained at 80,16% (very valid) for the material aspect; 97,73% (very valid) for the media aspect; and 82,5% (very valid) for the language aspect. Student responses indicate that the level of readability of textbooks is 100%. The advice is that it is necessary to add sample questions and discussion and integrate a virtual laboratory in each chapter. Thus, it can be concluded that the virtual laboratory integrated Physics Measurement System textbook is very valid for learning in the post-pandemic period.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ain, T. N., Wibowo, H. A. C., & Hasyim, F. (2022). Pengembangan simulasi berbasis visual basic application (vba) spreadsheet excel pada pembelajaran fisika materi gelombang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 155–163.
Anggela, M., & Darvina, Y. (2013). Pengembangan buku ajar bermuatan nilai-nilai karakter pada materi usaha dan momentum untuk pembelajaran fisika siswa kelas xi sma. Pillar of Physics Education, 1, 63–70.
Anggrella, D. P., Rahmasiwi, A., & Purbowati, D. (2021). Eksplorasi kegiatan praktikum ipa pgmi selama pandemi covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1), 76–83.
Ariyawati, P. A. M., Waluyo, J., & Prihatin, J. (2017). Analisis respon siswa terhadap model pairs, investigetion and communication (pic) dalam pembelajaran ipa. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Sains, 2(1), 9–15.
Dewa, E., Maria Ursula Jawa Mukin, & Oktavina Pandango. (2020). Pengaruh pembelajaran daring berbantuan laboratorium virtual terhadap minat dan hasil belajar kognitif fisika. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 351–359.
Hasyim, F. (2019). Analisis respon siswa terhadap penggunaan kit kalorimeter dalam pembelajaran ipa pokok bahasan kalor. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 11–18.
Hasyim, F., Prastowo, T., & Jatmiko, B. (2020). The use of android-based phet simulation as an effort to improve students’ critical thinking skills during the covid-19 pandemic. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 14(19), 31–41.
Hasyim, F., Wilujeng, I., & Krismandana, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran virtual berbasis algodoo v.2.1.0 pada pokok bahasan hukum archimedes. Seminar Nasional Pendidikan, Program Studi Pendidikan IPA FKIP ULM, 68–74.
Hikmah, N., Saridewi, N., & Agung, S. (2017). Penerapan laboratorium virtual untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 2(2), 186–195.
Muhajarah, K., & Sulthon, Moh. (2020). Pengembangan laboratorium virtual sebagai media pembelajaran: peluang dan tantangan. Justek : Jurnal Sains dan Teknologi, 3(2), 77–83.
Permatasari, I., Sunarno, W., & Suparmi. (2016). Pengembangan modul fisika sma/ma berbasis siklus belajar 7e (learning cycle 7e) berbantuan video pada materi fluida dinamis sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa kelas xi. Jurnal Inkuiri, 5(2), 134–142.
Prabowo, C. A., Ibrohim, & Saptasari, M. (2016). Pengembangan modul pembelajaran inkuiri berbasis laboratorium virtual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(6), 1090–1097.
Pratama, H., & Yusro, A. C. (2016). Implementasi whatsapp mobile learning untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pokok bahasan pengenalan komponen elektronika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 2(2), 65–69.
Rina Mirdayanti & Murni. (2017). Kajian penggunaan laboratorium virtual berbasis simulasi sebagai upaya mengatasi ketidak-sediaan laboratorium. Visipena Journal, 8(2), 323–330.
Sari, A. K., Ertikanto, C., & Suana, W. (2015). Pengembangan lks memanfaatkan laboratorium virtual pada materi optik fisis dengan pendekatan saintifik. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(2), 1–12.
Sholikah, T., Mardhotillah, A. F., & Indriyani, L. A. (2020). Studi eksplorasi kegiatan praktikum sains saat pandemi covid-19. Indonesian Journal of Science Learning, 1(2), 67–75.
Singh, J., Steele, K., & Singh, L. (2021). Combining the best of online and face-to-face learning: hybrid and blended learning approach for covid-19, post vaccine, & post-pandemic world. Journal of Educational Technology Systems, 50(2), 140–171.
Sugiharti, S., & Sugandi, M. K. (2020). Laboratorium virtual : media praktikum online untuk meningkatkan pemahaman siswa di masa pandemi. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020, 45–51.
Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran berbasis praktikum sebagai sarana siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains dalam materi biologi. Jurnal Bio Educatio, 2(2), 49–57.
Susilawati, S., & Supriyatno, T. (2020). Online learning through whatsapp group in improving learning motivation in the era and post pandemic covid -19. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 852–859.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.
Wibowo, H. A. C. (2018). Rancang bangun simulasi komputer untuk pembelajaran fisika pada topik selektor kecepatan dengan metode numerik euler. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 141–148.
Wibowo, H. A. C., Hasyim, F., & Ain, T. N. (2022). Pengembangan modul praktikum fisika dasar rumahan di masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 78–86.
Wilujeng, I., Hasyim, F., & Permatasari, I. (2019). The effect of laboratory based learning in developing physics teacher candidates’ skills on applying measurement instruments. Journal of Physics: Conference Series, 1424(1), 012054.
Wilujeng, I., & Permatasari, I. (2019). Pengembangan buku ajar fisika matematika berbasis kajian kritis materi fisika sekolah dan integrasi nilai- nilai karakter. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya, 2(2), 1–9.
Wilujeng, I., & Rohman, A. (2021). Pengembangan buku ajar fisika modern berbasis self-regulated learning untuk pembelajaran dalam jaringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 477–486.
Winarni, D. S., Naimah, J., & Widiyawati, Y. (2020). Pengembangan game edukasi science adventure untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2), 91–100.
Yusuf, I., Widyaningsih, S. W., & Purwati, D. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika modern berbasis media laboratorium virtual berdasarkan paradigma pembelajaran abad 21 dan kurikulum 2013. Pancaran Pendidikan, 4(2), 189–200.
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i2.5436
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |