Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Simulasi PhET Berbasis Instrumen HOTS Terhadap Hasil Belajar Siswa
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model problem based learning (PBL) berbantuan simulasi PhET berbasis Instrumen HOTS pada siswa SMA untuk meningkatkan hasil belajar level kognitif tingkat tinggi. Penelitian ini termasuk dalam jenis deskriptif kuantitatif. Adapun metode yang digunakan pra-eksperimental design. Desain yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design. Subjek dari penelitian ini siswa kelas X yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel total serta teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Tes yang digunakan berupa 10 butir soal esai untuk melatih siswa berpikir tingkat tinggi. Serta instrumen HOTS berupa 3 butir soal esai setiap pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL berbantuan simulasi PhET berbasis Instrumen HOTS pada siswa SMA meningkatkan hasil belajar siswa terutama kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal tingkat tinggi (HOTS). Hal tersebut dibuktikan dengan siswa mengalami peningkatan hasil belajar pengetahuan kognitif selama pembelajaran 3 pertemuan dengan perolehan N-Gain dari rata-rata pretest dan posttest adalah 59,10 yang lebih dari 30 dan kurang dari 70 sehingga peningkatan hasil belajar siswa termasuk dalam kategori sedang. Dengan hasil N-Gain tersebut, menunjukkan penguasaan materi siswa lebih baik dari pembelajaran konvensional. Sehingga, pembelajaran lebih efektif serta dapat membantu siswa dalam menghadapi tuntutan ketuntasan dan tuntutan kompetensi abad 21.
This study aimed to analyze the effect of the problem-based learning (PBL) model assisted by the HOTS Instrument-based PhET simulation on high school students to improve learning outcomes at a high cognitive level. This research is included in the quantitative descriptive. The method used is a pre-experimental design. The design used is one group pretest-posttest design. The subject of this study was class X students, totalling 26 students. The sampling technique uses the total sample technique and the data collection technique to test and observe techniques. The test used is in the form of 10 essay questions to train students to think at a higher level. As well as the HOTS instrument in the form of 3 essay questions for each meeting. The results of this study indicate that the PBL learning model assisted by the HOTS Instrument-based PhET simulation for high school students improves student learning outcomes, especially students' ability to solve high-level questions (HOTS). This is evidenced by students experiencing an increase in cognitive knowledge learning outcomes during learning three meetings with the acquisition of N-Gain from the pretest and posttest average of 59.10, which is more than 30 and less than 70 so that the increase in student learning outcomes is included in the moderate category. The N-Gain results show that students' mastery of the material is better than conventional learning. Thus, learning is more effective and can assist students in dealing with the demands of completeness and 21st-century competence.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dea, H., Cendana, W., & Daeli, B. A. S. D. (2021). Penerapan kompetensi pedagogi guru abad 21 dalam pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 172–178. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15100
Dywan, A. A., Airlanda, G. S., Kristen, U., Wacana, S., & Tengah, J. (2020). Efektivitas model pembelajaran project based learning berbasis stem dan tidak berbasis stem terhadap keterampilan berfikir kritis siswa. Jurnal Basicedu, 4(2), 344–354. https://doi.org/https://jbasic.org/index.php/basicedu
Faqiroh, B. Z. (2020). Indonesian journal of curriculum problem-based learning model for junior high school in indonesia (2010-2019). Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 8(5), 42–48.
Finkelstein, N., Adams, W., Keller, C., Perkins, K., & Wieman, C. (2006). High ¬ tech tools for teaching physics: The physics education technology project. Merlot Journal of Online Learning and Teaching, 2(3), 110–121.
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-analisis model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355.
Hidayah, A. A. F., Adawiyah, R. Al, & Mahanani, P. A. R. (2020). Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(2), 53–56.
Jauhari, T., Hikmawati, H., & Wahyudi, W. (2016). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media phet terhadap hasil belajar fisika siswa kelas x sman 1 gunungsari tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, II(1), 7–12.
Mafudiansyah, Sari, S. S., & Arsyad, M. (2020). Analisis hasil belajar fisika di sma negeri 3 makassar. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika (JSPF), 16(1), 8–19.
Mahtari, S., Wati, M., Hartini, S., Misbah, M., & Dewantara, D. (2020). The effectiveness of the student worksheet with PhET simulation used scaffolding question prompt. In Journal of Physics: Conference Series, 1422(1), 012010
Mariam, P., Nurhayati, Y., Studi, P., Ekonomi, P., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2020). Penerapan evaluasi pembelajaran berbasis hots. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 2(2), 171–178.
Maulani, R. N., Wati, M., Misbah, M., Dewantara, D., & Mahtari, S. (2018). The development of the PhET learning program's learning support worksheet. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 2, 105-110.
Mulyasa, E. (2018). Implementasi kurikulum 2013 revisi (bunga sari fatmawati, ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Munandar, H., Sutrio, S., & Taufik, M. (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media animasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa SMAN 5 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 111-120.
Notanubun, Z. (2019). Pengembangan kompetensi profesionalisme guru di era digital (abad 21). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(2), 54–64. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30598/jbkt.v3i2.1108
Nurdyansyah. (2019). Media pembelajaran inovatif. Sidoarjo: UMSIDA Press.
Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis pembelajaran daring terhadap kejenuhan belajar mahasiswa tadris biologi iain jember di tengah pandemi covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 30–38. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.7
Prasetyanti, N. M., Sari, D. N., & Sajidan, S. (2016). Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan proses berfikir kognitif siswa kelas xi mipa-1 sma negeri 3 surakarta. Jurnal Inkuiri, 5(2), 1–7.
Pujiasih, E. (2020). Membangun generasi emas dengan variasi pembelajaran online di masa pandemi covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136
Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamal, J. (2020). PhET : Simulasi interaktif dalam proses pembelajaran fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10–14. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.103
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan dalam pembelajaran pendidikan dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8(2), 107–117.
Shoimin, A. (2016). Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Untari, E., Rohmah, N., & Lestari, D. W. (2018). Model pembelajaran problem based learning ( pbl ) sebagai pembiasaan higher order thinking skill ( hots ) pada pembelajaran ipa di ssekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 135–142.
Widana, I. W. (2017). Modul penyusunan soal higher order thinking skill. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Widyaningsih, S. W., Yusuf, I., Prasetyo, Z. K., & Istiyono, E. (2020). Online interactive multimedia oriented to hots through e-learning on physics material about electrical circuit. Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI), 9(1), 1–14. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.17667
Zainuddin, Z., Hasanah, A. R., Salam, M. A., Misbah, M., & Mahtari, S. (2019, February). Developing the interactive multimedia in physics learning. In Journal of Physics: Conference Series, 1171(1), 1-5.
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i3.5514
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |