Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Fisika Selama Pandemi Covid-19: Blended Learning

Riskawati Riskawati, Rezkawati Saad, Andi Gemmy A. M A

Abstract


Selama covid-19, kegiatan praktikum pada Program Studi Pendidikan Fisika di Universitas Muhammadiyah Makassar menggunakan system blended yaitu sebagian unit percobaan dipraktikkan secara langsung di laboratorium dan sebagian lagi di virtual lab. Secara logika akan mengakibatkan menurunnya keterampilan proses sains yang dimiliki oleh mahasiswa, dimana sebelum covid-19, keterampilan proses sains mahasiswa dilatih dan ditingkatkan melalui kegiatan praktikum/pengamatan langsung. Menganalisis keterampilan proses sains mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika untuk mata kuliah yang terintegrasi dengan kegiatan praktikum di masa Pandemi merupakan tujuan penelitian ini dilakukan. Penelitian deskriptif kuantitatif merupakan jenis penelitian yang digunakan dengan penarikan sampel secara purposive sebanyak 51 mahasiswa semester 1, 3, dan 5 pada Program Studi Pendidikan Fisika Tahun Ajaran 2019/2020. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes kinerja yang dianalisis secara deskriptif. Penelitian yang diperoleh menghasilkan gambaran secara umum keterampilan proses sains mahasiswa dominan berada pada level rendah dengan frekuensi terbanyak yaitu 33 mahasiswa. Hasil Analisis untuk setiap indikator yaitu kategori sedang berada pada indikator klasifikasi dan interpretasi dengan nilai masing-masing 62,6 dan 57,4. Dan lima indikator lainnya berada pada kategori rendah yaitu memprediksi, menyusun hipotesis, mendesain percobaan, dan mengomunikasikan dengan nilai masing-masing 42,6; 40,9; 44,3; 32,2; dan 48,7. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa selama masa pandemi covid-19, keterampilan proses sains yang dimiliki mahasiswa menurun. Implikasi dari penelitian ini merupakan dasar dalam pemilihan metode kegiatan praktikum khususnya yang berbasis virtual sehingga dapat berdampak positif pada peningkatan keterampilan proses sains yang dimiliki mahasiswa.

 

During covid-19, practicum activities at the Physics Education Study Program at the Muhammadiyah University of Makassar used a blended system. Some experimental units were practised directly in the laboratory and partly in a virtual lab. Logically, this will result in a decrease in the science process skills possessed by students, whereas before Covid-19, students' science process skills were trained and improved through practical activities/direct observations. Analyzing the science process skills of Physics Education Study Program students for courses integrated with practical activities during the Pandemic is the purpose of this research. Quantitative descriptive research is the type of research used by purposive sampling of 51 students in semesters 1, 3, and 5 in the Physics Education Study Program for 2019/2020 Academic Year Data were collected using a performance test instrument which was analyzed descriptively. The research obtained a general description of the dominant student's science process skills at a low level, with the highest frequency of 33 students. The analysis results for each indicator, namely the medium category, are in the classification and interpretation indicators with 62.6 and 57.4, respectively. Moreover, five other indicators are in a low category: predicting, formulating hypotheses, designing experiments, and communicating, with values of 42.6, 40.9, 44.3, 32.2, and 48.7, respectively. Based on the analysis results, it can be concluded that during the covid-19 pandemic, the science process skills possessed by students decreased. The implication of this research is the basis for choosing the method of practicum activities, especially those based on virtual, so that they can have a positive impact on increasing students' science process skills.

 


Keywords


Covid-19; Keterampilan Proses Sains

Full Text:

PDF

References


Abdjul, T., Ntobuo, N. E., & Payu, C. (2019). Development of virtual laboratory-based of learning to improve physics learning outcomes of high school students. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 15(2), 97–106. https://doi.org/10.15294/jpfi.v15i2.12367

Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131–142. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/00131644854

Arifah Prima Satrianingrum, I. P. (2020). Persepsi guru dampak pandemi covid-19 terhadap pelaksanaan pembelajaran daring di paud. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574

Athiyyah, R., Al Farizi, T., & Nanto, D. (2020). Improvement of science process skills through sound variable intensity level tool kit. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 6(1), 89–96. https://doi.org/10.21009/1.06110

Campbell, S., Greenwood, M., Prior, S., Shearer, T., Walkem, K., Young, S., Bywaters, D., & Walker, K. (2020). Purposive sampling: complex or simple? Research case examples. Journal of Research in Nursing, 25(8), 652–661. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/1744987120927206

Dari, R. W., & Nasih, N. R. (2020). Analisis keterampilan proses sains mahasiswa pada praktikum menggunakan e-modul. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(2), 12–21. https://doi.org/10.23971/eds.v8i2.1626

Diani, R. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis pendidikan karakter dengan model problem based instruction. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 243–255. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.96

Ergül, R., Şımşeklı, Y., Çaliş, S., Özdılek, Z., Göçmençelebı, S., & Şanli, M. (2011). The effects of inquiry-based science teaching on elementary school students’ science process skills and science attitudes. Bulgarian Journal of Science and Education Policy (BJSEP), 5(1), 48–68.

Erina, R., & Kuswanto, H. (2015). Pengaruh model pembelajaran instad terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif fisika di sma. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 202. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7507

Handayani, B. T., Arifuddin, M., & Misbah, M. (2017). Meningkatkan keterampilan proses sains melalui model guided discovery learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3), 143-154.

Hırça, N. (2012). The influence of hands on physics experiments on scientific process skills according to prospective teachers’ experiences. European J Of Physics Education, 4(1), 1–9. http://ejpe.erciyes.edu.tr/index.php/EJPE/article/view/82

Karamustafaoğlu, S. (2011). Improving the science process skills ability of science student teachers using i diagrams. International Journal of Physics & Chemistry Education, 3(1), 26–38. https://doi.org/10.51724/ijpce.v3i1.99

Komariah, U. H., Jamal, M. A., & Misbah, M. M. (2017). Meningkatkan keterampilan proses sains melalui model inquiry discovery learning terbimbing pada pokok bahasan fluida statis di kelas xi ipa 4 sman 11 banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 309-327.

Langi, J. P. (2021). Keywords: physics; online learning; zoom meeting; learning outcomes. Syntax Admiration, 2(1), 85–93.

Lede, Y. A. (2020). Efektivitas pelaksanaan pembelajaran daring program studi pendidikan ipa dan pendidikan fisika stkip weetebula. Saintifik, 6(2), 175–182. https://doi.org/10.31605/saintifik.v6i2.314

Lestari, M. Y., & Diana, N. (2018). Keterampilan proses sains (KPS) pada pelaksanaan praktikum Fisika dasar I. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 50–54. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/2474/1828

Mahardini, A., & Mahitsa, M. (2020). Analisis Situasi penggunaan google classroom pada pembelajaran daring fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 215. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.3102

Maulidina, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh media pembelajaran online dalam pemahaman dan minat belajar siswa pada konsep pelajaran fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 248. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.2592

Muh. Tawil, L. (2014). Keterampilan - keterampilan Sains dan Implemensinya dalam Pembelajaran IPA. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Muzdalifah, W., Irianti, M., & Maimurni, M. (2019). Applying multirepresentation based physics learning to improve the ability of representation of students in class x mipa2 sma babussalam pekanbaru. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 67. https://doi.org/10.31258/jgs.6.2.67-74

Nadia, N., Mastuang, M., Misbah, M., & Ibrahim, M. A. (2021). Developing learners’ autonomy-oriented physics teaching materials to enhance students' science process skills. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 6(3), 185-197.

Napsawati, N. (2020). Analisis situasi pembelajaran ipa fisika dengan metode daring di tengah wabah covid-19. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1), 96–102. https://doi.org/10.46918/karst.v3i1.546

Noor, Y. A., Putra, N. M. D., Nugroho, S. E., Marwoto, P., Mindyarto, B. N., Linuwih, S., Sugiyanto, S., Adhi, M. A., Muttaqin, R., Sakti, W.,

Prayitno, W., & Minhat, M. (2020). Praksis Praktikum fisika mode daring : Studi kasus pembelajaran di sma / ma jawa. Unnes Physics Education Journal, 9(3), 276–283.

Nurhuwaida, N., Mastuang, M., Misbah, M., & Ibrahim, M. A. (2022). Feasibility of learning devices with guided inquiry model to develop senior high school students’ Science Process Skills. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 193-205.

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis pembelajaran daring terhadap kejenuhan belajar mahasiswa tadris biologi iain jember di tengah pandemi covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid- 19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870.

Rahayu, Ai Hayati, P. A. (2017). Analisis profil keterampilan proses sains siswa sekolah dasar di kabupaten sumedang. Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 5(2), 22–33. https://doi.org/10.24815/pear.v7i2.14753

Ramadhan, T., Arifuddin, M., & Mastuang, M. (2021). Pengembangan bahan ajar model quantum teaching pada materi fluida statis untuk melatih keterampilan proses sains siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 99. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i3.2058

Safarati, N., & Lubis, R. H. (2022). Students’ conceptual understanding and critical thinking skills through online learning using a virtual laboratory. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan …, 7(1), 42–49. https://doi.org/10.26737/jipf.v7i1.2221

Santoso, P. H., & Munawanto, N. (2020). Approaching electrical circuit understanding with circuit builder virtual laboratory. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 9(2), 259–269. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v9i2.5976

Saputra, I. G. P. E., Harnipa, H., & Akhfar, M. (2021). Development of science learning device oriented guided inquiry with virtual laboratory to train science process skills of junior high school students in kendari. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 7(1), 13–22. https://doi.org/10.21009/1.07102

Saputra, R. H., Baba, J. A., & Siregar, G. Y. K. S. (2018). Penilaian kinerja dosen menggunakan modifikasi skala likert dengan metode simple additive weighting. Explore: Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika, 9(1). https://doi.org/10.36448/jsit.v9i1.1029

Satriani, Taiyeb, A. M., & Mu’nisa, A. (2018). Analisis hubungan pelaksanaan praktikum dengan keterampilan proses sains dan hasil belajar biologi peserta didik sma negeri di kota bulukumba. Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 141–148.

Siswono, H. (2017). Analisis pengaruh keterampilan proses sains terhadap penguasaan konsep fisika siswa. Momentum: Physics Education Journal, 1(2), 83. https://doi.org/10.21067/mpej.v1i2.1967

Subekti, Y., & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 252. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.6278

Sudrajat, A., Zainuddin, Z., & Misbah, M. (2017). Meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas x ma muhammadiyah 2 al furqan melalui model pembelajaran penemuan terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 74-85.

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Syamsidar, S., Khaeruddin, & Helmi. (2021). Efektifitas Penggunaan lks untuk melatih keterampilan proses sains pada materi hukum hooke. JPPPF (Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Fisika), 7(1), 83–90. https://doi.org/10.21009/1.07109

Tawil, M., & Liliasari. (2014). Keterampilan-keterampilan sains & implementasinya dalam pembelajaran ipa. Universitas Negeri Makassar.

Tyas, R. A., Wilujeng, I., & Suyanta, S. (2020). Pengaruh pembelajaran IPA berbasis discovery learning terintegrasi jajanan lokal daerah terhadap keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 114–125. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.28459

Winarti, P. (2021). Analisis Kesulitan belajar mahasiswa dalam perkuliahan konsep dasar ipa fisika secara daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 93. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1076




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i3.5517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats