Meningkatkan Kreativitas dan Keyakinan Diri Peserta Didik Melalui Project Based Learning Terintegrasi STEM
Abstract
Kreativitas dan keyakinan diri menjadi faktor kunci dalam inovasi sains dan teknologi di zaman industri 4.0, tetapi kedua kompetensi tersebut kurang terlatih dengan baik. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah keefektifan Project-Based Learning terintegrasi STEM (STEM-PjBL) dalam meningkatkan tingkat kreativitas dan keyakinan diri peserta didik. Penelitian ini adalah bagian dari formative evaluation Tessmer. Uji implementasi menggunakan one group pre-test post-test design pada 2 kelompok, yaitu 40 peserta didik dari dua SMP Negeri di kota Banjarmasin, Indonesia. Pengumpulan data menggunakan tes kreativitas, angket keyakinan diri, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian memperlihatkan: (1) nilai n-gain kreativitas pada kelompok 1 dan 2 masing-masing 0,69 dan 0,74; berarti peningkatan kreativitas peserta didik dalam kategori sedang dan tinggi; dan (2) keyakinan diri peserta didik pada kedua kelompok dalam kategori sangat tinggi. Dengan demikian, STEM-PjBL termasuk efektif untuk meningkatkan kreativitas dan keyakinan diri peserta didik dalam pembelajaran IPA pada materi usaha dan energi.
Creativity and confidence are key factors in science and technology innovation in the industrial age 4.0, but both competencies are not well-trained. Therefore, the purpose of this study is to examine the effectiveness of STEM-integrated Project-Based Learning (STEM-PjBL) in increasing the level of creativity and confidence of students. This research is part of Tessmer's formative evaluation. The implementation test used a one-group pre-test post-test design on two groups, namely 40 learners from two public junior high schools in Banjarmasin, Indonesia. Data were collected using creativity tests, self-efficacy questionnaires, and in-depth interviews. The results showed: (1) the n-gain values of creativity in groups 1 and 2 were 0.69 and 0.74, respectively; meaning that the increase in learner creativity was in the medium and high categories; and (2) the confidence of learners in both groups was in the very high category. Thus, STEM-PjBL effectively increases students' creativity and confidence in learning science on the material of effort and energy.
Keywords
Full Text:
UntitledReferences
Alhazizah, F., & Jalmo, T. (2019). Pengaruh project based learning terhadap self-efficacy dan keterampilan berpikir kreatif. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(4), 10–21.
Astuti, D. A., Haryanto, S., & Prihatni, Y. (2018). Evaluasi implementasi kurikulum 2013. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 7–14.
Aulia, Z., & Purwanto, N. A. (2021). Student interest-based learning in tahfidz classes and challenges faced during the covid-19 pandemic. International Conference on Sustainable Innovation Track Humanities Education and Social Sciences (ICSIHESS 2021), 126–130.
Chania, D. M. P., Medriati, R., & Mayub, A. (2020). Pengembangan bahan ajar fisika melalui pendekatan stem berorientasi hots pada materi usaha dan energi. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 109–120.
Cholisoh, E. (2019). Upaya meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan berpikir kritis ilmiah pada siswa dengan menggunakan model pembelajaran pjbl stem pada materi termodinamika di kelas xi ipa 4 sman 10 bandung semester ganjil tahun pelajaran 2018-2019. Seminar Nasional Fisika, 1(1), 59–73.
Damayanti, C., Rusilowati, A., & Linuwih, S. (2017). Pengembangan model pembelajaran ipa terintegrasi etnosains untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 116–128.
Dermawati, N., Takda, A., & Sudiana, I. N. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran model inosit (integrated nature of science inquiry technology) untuk meningkatkan kompetensi literasi sains peserta didik kelas xii sma. Jurnal Biofiskim: Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 3(2), 95–105.
Dewi, N. L. P. K. (2020). Penerapan model project based learning terintegrasi stem untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif fisika siswa kelas xi mipa 1 sma negeri 1 tabanan tahun pelajaran 2019/2020. Universitas Pendidikan Ganesha.
Eviliasani, K., Hendriana, H., & Senjayawati, E. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari kepercayaan diri siswa smp kelas viii di kota cimahi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 333–346.
Fenanlampir, A., Leasa, M., & Batlolona, J. R. (2021). The development of homogeneity psycho cognition learning strategy in physical education learning. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(3), 1047–1059.
Fiteriani, I., Diani, R., & Anwar, C. (2021). Project-based learning through stem approach: is it effective to improve students’ creative problem-solving ability and metacognitive skills in physics learning? Journal of Physics: Conference Series, 12–58.
Hafeez, M. (2021). Systematic Review on Modern Learning Approaches, Critical Thinking Skills and Students Learning Outcomes. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 4(1), 167–178.
Hairida, H. (2017). Pengembangan instrumen untuk mengukur self efficacy siswa dalam pembelajaran kimia. EDUSAINS, 9(1), 53–59.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74.
Hamidah, A. (2019). Efektivitas model pembelajaran pjbl dengan pendekatan stem terhadap kemampuan creative problem solving dan metacognitive skill peserta didik pada pembelajaran fisika. UIN Raden Intan Lampung.
Hanifah, N. H. (2012). Peningkatan self efficacy dan berpikir kritis melalui penerapan model pembelajaran inkuiri materi pokok asam basa kelas xi sman 9 surabaya (increase in self efficacy and critical thinking through implementation model study of inkuiry on subject matter o. Unesa Journal of Chemical Education, 1(1), 27–33.
Hayati, M. (2020). Kontribusi keterampilan belajar abad 21 dalam pengembangan pembelajaran pendidikan agama islam berbasis multiple intelligences. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh project based learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9–21.
Kaharudin, L. O., Fahyuddin, F., & Muzuni, M. (2020). Perbandingan project based learning dan guided inquiry pada pengembangan pemahaman konsep peserta didik sma. Jurnal Biofiskim: Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 1–10.
Kamaruddin, F., & Pagarra, H. (2020). Efektivitas model project based learning (pjbl) terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas x sma negeri 4 pinrang materi perubahan lingkungan dan upaya mengatasinya. Biology Teaching and Learning, 3(2), 110–118.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, (2013).
Mamahit, J. A., Aloysius, D. C., & Suwono, H. (2020). Efektivitas model project-based learning terintegrasi stem (stem-pjbl) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas x. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(9), 1284–1289.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.
Moma, L. (2016). Pengembangan instrumen kemampuan berpikir kreatif matematis untuk siswa smP. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 28–41.
Muhammad, R., Wahyuni, L., Syahman, S., & Juwida, H. (2020). Melatih kemampuan berpikir kritis, keterampilan komunikasi dan self efficacy siswa menggunakan model scientific critical thinking (sct). Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 93–98.
Munir, M., & Sholehah, H. (2019). metode pembelajaran dengan pendekatan discovery learning dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 1–9.
Nur, M. (2014). Berpikir kreatif. Unesa Press.
OECD. (2019). PISA 2018 assessment and analytical framework. OECD Publishing.
Panggabean, S., Widyastuti, A., Damayanti, W. K., Nurtanto, M., Subakti, H., Chamidah, D., & Cecep, H. (2021). Konsep dan Strategi. Yayasan Kita Menulis.
Priatna, I. K., Putrama, I. M., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan e-modul berbasis model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran videografi untuk siswa kelas x desain komunikasi visual di smk negeri 1 sukasada. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 6(1), 70–78.
Puspendik, K. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional Hasil UN.
Putri, C. A., Munzir, S., & Abidin, Z. (2019). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran brain-based learning. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 12–27.
Rahayu, G. S. I., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis dan self efficacy siswa smp terhadap soal persamaan garis lurus. Journal On Education, 1(3), 243–251.
Rahman, M. (2020). Technology: technological advances and changes in human lifestyles in a socio-cultural perspective. Proceeding International Conference on Science and Engineering, 721–730.
Ralph, R. A. (2015). Post secondary project-based learning in science, technology, engineering and mathematics. Journal of Technology and Science Education, 6(1), 26–35.
Rukmana, D. C., Maharani, H. R., & Ubaidah, N. (2021). Identifikasi kemampuan berpikir kreatif siswa pada model pembelajaran pjbl dengan pendekatan stem. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira.
Sandhi, T. P., Jahidin, J., & Wardhana, S. (2020). Pengaruh penerapan strategi reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa sman 1 sampara. Jurnal Biofiskim: Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 79–87.
Setiadi, I. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran ipa smp untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada topik interaksi makhluk hidup dan lingkungannya. Universitas Lambung Mangkurat.
Sitepu, A. S. M. B. (2019). Pengembangan kreativitas siswa. Guepedia.
Suciawati, V. (2019). Pengaruh self efficacy terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik siswa. Jurnal Didactical Mathematics, 2(1), 17–22.
Suryanti, S. (2021). Penerapan model project based learning (pjbl) terintegrasi stem untuk meningkat-kan kreativitas siswa kelas xi mia di sman 10 kota jambi. Universitas Jambi.
Susilawati, S., Pujiastuti, H., & Sukirwan, S. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari self-concept matematis siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 512–525.
Suyidno, S., Haryandi, S., & Sunarti, T. (2020). Pembelajaran kreatif berbasis otonomi. Universitas Lambung Mangkurat.
Suyidno, S., Mahtari, S., & Siswanto, J. (2021). Autonomy based stem learning. Universitas Lambung Mangkurat.
Suyudi, M., Rahmatullah, A. S., Rachmawati, Y., & Hariyati, N. (2022). The effect of instructional leadership and creative teaching on student actualization: student satisfaction as a mediator variable. International Journal of Instruction, 15(1), 113–134.
Tang, C., Mao, S., Xing, Z., & Naumann, S. (2022). Improving student creativity through digital technology products: a literature review. Thinking Skills and Creativity, 101032.
Tessmer, M. (1998). Planning and Conducting Formative Evaluations. Kogan Page.
Tika, W. (2021). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran biologi terhadap self efficacy dan keterampilan berpikir tinggi kelas xi di sma negeri 6 bandar lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Tirka, R. A. (2021). Pengaruh pjbl (project based learning) dengan pendekatan stem (science, technology, engineering and mathematics) terhadap keterampilan berpikir kritis dan self efficacy peserta didik. UIN Raden Intan Lampung.
Ulfah, A., Rusmansyah, R., & Hamid, A. (2020). Meningkatkan self-efficacy dan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui model project based learning pada materi koloid. Jcae (Journal Of Chemistry And Education), 3(3), 90–96.
Umro, J. (2020). Tantangan guru pendidikan agama islam dalam menghadapi era society 5.0. Jurnal Al-Makrifat, 5(1), 79–95.
Yanuar, Y. (2018). Unit pembelajaran stem mata pelajaran ipa smp: energi dan daya listrik. SEAMEO Regional Center for QITEP in Science.
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i3.5592
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |