Pengembangan LKPD Konsep Fluida Statis Berbasis Problem Solving Polya Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 2 Bulukumba

Suhardiman Suhardiman, Alif Damayanti, St Syamsudduha

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengembangkan LKPD konsep fluida statis berbasis problem solving Polya peserta didik kelas XI IPA SMAN 2 Bulukumba. 2) Untuk mengetahui bagaimana tingkat kevalidan LKPD konsep fluida statis berbasis problem solving Polya peserta didik kelas XI IPA SMAN 2 Bulukumba. 3) Untuk mengetahui bagaimana tingkat kepraktisan LKPD konsep fluida statis berbasis problem solving Polya peserta didik kelas XI IPA SMAN 2 Bulukumba. 4)  Untuk mengetahui bagaimana tingkat keefektifan LKPD konsep fluida statis berbasis problem solving Polya peserta didik kelas XI IPA SMAN 2 Bulukumba.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau reseach  and development (R & D). Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D yang terdiri atas 4 tahap yaitu define, design, develop, dan dessiminate. Tahap uji coba dilakukan pada peserta didik kelas XI IPA 2 di SMAN 2 Bulukumba yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini menggunakan instrument keterlaksanaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Teknik analisis kuantitatif menggunakan presentase dan uji t satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata total kevalidan adalah 0,83. Sesuai kriteria kevalidan Indeks Aiken nilai ini dinyatakan dalam kategori “sangat valid” (V > 0,8). Nilai keterlaksanaan LKPD sebesar 1,94. Sehingga dapat dikatakan bahwa LKPD memenuhi kriteria praktis karena terlaksana seluruhnya. Persentase respon peserta didik dari semua aspek LKPD yang dikembangkan memiliki keefektifan yang sangat baik ditinjau dari respon dan tes hasil belajar pesrta didik.

 

The objectives of this research are 1) To develop the student worksheet concept of static fluid based on problem-solving Polya for students of class XI IPA SMAN 2 Bulukumba. 2) To determine the validity of the student worksheet concept of static fluid based on problem-solving Polya for students of class XI IPA SMAN 2 Bulukumba. 3) To determine the practicality of the student worksheet concept of static fluid based on problem-solving Polya for students of class XI IPA SMAN 2 Bulukumba. 4) To determine the effectiveness of the student worksheet concept of static fluid based on problem-solving Polya for students of class XI IPA SMAN 2 Bulukumba. This type of research is research and development (R & D). The research design used is a 4D model consisting of 4 stages: define, design, develop, and disseminate. The trial phase was carried out on 30 students of class XI IPA 2 at SMAN 2 Bulukumba, totalling 30 people. This study uses the implementation of student worksheets, student response questionnaires, and learning outcomes tests. The quantitative analysis technique uses percentages and one sample t-test. The results showed that the student worksheet met the very valid criteria with an average total validity value of 0.83. According to the validity criteria of the Aiken Index, this value is stated in the "very valid" category (V > 0.8). The value of the student worksheet implementation is 1.94. So it can be said that the student worksheet meets the practical criteria because it is implemented entirely. The percentage of student responses from all aspects of the student worksheet developed has very good effectiveness regarding responses and student learning outcomes tests.


Keywords


Fluida Statis; LKPD; Problem Solving Polya

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan konteksual. Prenada Media.

Azhar, H., Suhardiman, S., & Hasanah, U. (2020). Pengembangan media pembelajaran majalah mitigasi angin puting beliung terinterkoneksi ayat-ayat al-qur’an dalam pembelajaran fisika. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 8(2), 140–148.

Hamdani, S. B. M. (2011). Bandung: CV. Pustaka Setia.

Hidayat, T. (2014). Pengaruh penggunaan LKS berbasis problem solving polya materi fluida dinamis terhadap kemampuan menganalisis peserta didik. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Ikhwanuddin, I. (2010). Problem solving dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa berpikir analitis. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 40(2).

Jamhari, J. (2010). penerapan pendekatan problem solving dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa smp negeri 21 palu pada mata pelajaran biologi. Jurnal Biodidaktis, 03(2).

Malahayati, E. N. (2017). Pengaruh lembar kerja siswa (lks) berbasis creative problem solving (cps) pada materi keanekaragaman hayati untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas x sman 4 blitar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan

Pembelajaran, 9(2), 147–158.

Mueller, M. F., Yankelewitz, D., & Maher, C. (2010). Promoting student reasoning through careful task design: A comparison of three studies. Jornal Internacional de Estudos Em Educação Matemática, 3(1).

Nurfillaili, U., & Anggereni, S. A. (2016). Pengembangan instrumen tes hasil belajar kognitif mata pelajaran fisika pada pokok bahasan usaha dan energi SMA negeri khusus jeneponto kelas xi semester i. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar,

(2), 83–87.

Nurliawaty, L., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2017). Lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem solving polya. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 72–81.

Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrumen penelitian (Panduan peneliti, mahasiswa, dan psikometrian). Parama Publishing.

Romlah, S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Problem Solving Berbasis Lesson Study for Learning Community Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Metakognisi Siswa. Skripsi. Universitas Negeri Jakarta.

Safrida, L. N., As’ari, A. R., & Sisworo, S. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis problem solving Polya untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa materi peluang kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(4), 583–591.

Sekiguchi, Y. (2000). A teaching experiment on mathematical proof: Roles of metaphor and externalization. PME CONFERENCE, 4, 4–129.

Tambunan, L. O., & Tambunan, J. (2022). Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis model pembelajaran problem solving. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1636–1647.

Taşlidere, E. (2013). The effect of concept cartoon worksheets on students’ conceptual understandings of geometrical optics. Education & Science/Egitim ve Bilim, 38(167).




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i3.6220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats