Analisis Kebutuhan Pengembangan Unit Pembelajaran Pemanasan Global Berbantuan Augmented Reality Terintegrasi Pemodelan Data Cuaca untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan unit pembelajaran pemanasan global berbantuan augmented reality terintegrasi data cuaca untuk meningkatkan keterampilan pemecahan. Metode penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yang termasuk ke dalam penelitian research and development (R&D) dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini menggunakan tahap Analysis, bertujuan untuk menganalisis kebutuhan unit pembelajaran pemanasan global berbantuan augmented reality terintegrasi data cuaca. Instrumen pengumpulan data berupa lembar angket kebutuhan siswa dan lembar observasi. Bahan ajar yang akan dikembangkan yaitu unit pembelajaran yang dapat memuat teks, gambar serta video yang berkaitan dengan materi. Untuk menyajikan video pembelajaran menggunakan aplikasi augmented reality serta materi didukung dengan data cuaca. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kebutuhan dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis kebutuhan 35 siswa terdapat pembelajaran fisika sebesar 74% pada kategori setuju, indikator tampilan unit pembelajaran sebesar 69% pada kategori setuju, indikator atribut pendukung unit pembelajaran yaitu sebesar 79% pada kategori sangat setuju, indikator keterampilan yang akan dilatihkan sebesar 79% pada kategori sangat setuju. Hasil tersebut menunjukan perlunya dikembangkan bahan ajar berupa unit pembelajaran berbantuan augmented reality terintegrasi data cuaca pada materi pemanasan global untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah.
This research was conducted to analyze the need for developing a global warming learning unit assisted by integrated augmented reality weather data to improve solving skills. This research method includes descriptive research in research and development (R&D) research with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) research model. This study uses the Analysis stage to analyze the needs of global warming learning units assisted by integrated augmented reality weather data. Data collection instruments are in the form of questionnaire sheets for student needs and observation sheets. The teaching materials to be developed are learning units containing text, images and videos related to the material. To present learning videos using augmented reality applications and materials supported by weather data. Data collection techniques use needs questionnaires and observations. Data analysis techniques use quantitative and qualitative descriptive analysis. The results of the analysis of the needs of 35 students contained physics learning by 74% in the agree-on category, the learning unit display indicator by 69% in the agree category, the supporting attribute indicator of the learning unit, which was 79% in the very agree category, the skill indicator to be trained by 79% in the very agree category. These results show the need to develop teaching materials as augmented reality-assisted learning units integrated with weather data on global warming materials to improve problem-solving skills.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Effect of guided inquiry learning model towards student learning outcomes and critical thinking ability. Jurnal Pijar MIPA, 13(2), 94–99. https://doi.org/10.29303/jpm.v13.i2.468
Amrita, P. D., Jamal, M. A., & Misbah, M. (2016). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui model pengajaran langsung pada pembelajaran fisika di kelas x ms 4 sma negeri 2 banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 248. https://doi.org/10.20527/bipf.v4i3.1858
Ayudha, C. F. H., & Setyarsih, W. (2021). Studi literatur : Analisis praktik pembelajaran fisika di sma untuk melatih keterampilan pemecahan masalah. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/jjpf.v11i1.33427
Azhar, K., & Sa’idah, I. (2017). Studi analisis upaya guru akidah akhlak dalam mengembangkan potensi nilai moral peserta didik di mi kabupaten demak. Al-Ta’dib: Jurnal Kajiian Ilmu Pendidikan, 10(2), 6.
Azmanita, Y., & Festiyed. (2019). Analisis kebutuhan media untuk pengembangan e-book tema abrasi pada pembelajaran fisika era 4.0. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika -, 5(1), 9–16.
Habibi, M., Zainuddin, Z., & Misbah, M. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran ipa fisika berorientasi kemampuan pemecahan masalah menggunakan model pengajaran langsung pada pokok bahasan tekanan di smp negeri 11 banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 1-17.
Heller, K., & Heller, P. (2010). Cooperative problem solving in physics a user’s manual.
Izzati, A. U., Arifuddin, M., Suyidno, S., & Misbah, M. (2020). Pengembangan perangkat pengajaran langsung untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik sma. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 7(2), 190-199.
Johan, H., Suhandi, A., Wulan, A. R., Sipriyadi, & Herawati, A. (2018). Enhancing mastery of earth science concept of prospective physics teachers through interactive conceptual instruction supported by visualization and grads. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 435–441. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i4.9799
Makmur, A. (2008). Panduan menggunakan GrADS. Badan Meteorologi dan Geofisika.
Mayub, A., Hendraini, L., Johan, H., Fahmizal, & Wardana, R. W. (2021). Modeling climate phenomenon with software grids analysis and display system in the development of the global warming module. Bulletin of Electrical Engineering and Informatics, 10(6), 3228–3239. https://doi.org/10.11591/eei.v10i6.3201
Nugraheni, D. (2018). Pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis inquiry materi pengukuran untuk meningkatkan kreativitas siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(2), 98. https://doi.org/10.30738/natural.v5i2.3252
Nurdiana, H., Sajidan, & Maridi. (2021). Efektivitas unit pembelajaran berbasis guided inquiry. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1), 53–60.
Peddie, J. (2017). Augmented reality where we will all live. In Springer.
Pratiwi, A. (2019). Pengenalan Pemicu Pemanasan Global Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Desktop. Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Rekayasa.
Rohmah, I. M., Kiptiyah, & Analisa, N. I. (2020). Augmented reality : Solusi pembelajaran sains di era. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan, 3(1), 382–390.
Sofiana, E., Roesminingsih, M. V, & Widodo, B. S. (2021). Pengembangan lkpd berbasis “problem solving” untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi dinamika kependudukan di indonesia. Jurnal Education and Development, 1–9.
Supriadi, S. (2017). Pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127. https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654
Thersia, V., Arifuddin, M., & Misbah, M. (2019). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah melalui pendekatan somatis auditori visual intelektual (SAVI) dengan model pengajaran langsung. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(01).
Wulandari, E., Suliyanah, & Rohmawati, L. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) berbasis inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains pada pokok bahasan hukum newton di sma negeri 1 driyorejo. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 06(03), 258–264.
Yuberti, Y., Saregar, A., Latifah, S., Anugrah, A., Misbah, M., & Jermsittiparsert, K. (2021). Approaching the problem-solving skills of momentum and impuls phenomena using context and problem-based learning. (European Journal of Educational Research, 8(4), 1217-1227.
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i3.6386
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |