Perancangan Rangkaian Arus AC dan DC Listrik Menggunakan Simulink Matlab

Annur Miftahul Jannah, Valina Yolanda, Muhammad Nasir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memuat kajian mengenai perancangan arus AC dan DC dengan memanfaatkan simulink matlab. Penelitian ini menggunakan pengembangan 4D yang dilaksanakan hanya sampai tahap perancangan dan pengembangan. Hasil penelitian untuk arus AC menunjukkan sinyal keluaran berbentuk gelombang sinus, sedangkan hasil penelitian pada arus DC menghasilkan sinyal keluaran yang lurus dengan tegangan yang tetap. Sehingga hasil yang diperoleh disesuaikan dengan konsep simulink matlab dalam perancangan rangkaian arus AC dan DC listrik yang telah diajarkan di sekolah. Implikasi dari penelitian ini adalah simulink ini dapat digunakan sebagai salah satu penunjang praktikum fisika dari segi visualisasi.

 

This study aims to include a study on the design of AC and DC currents using Matlab Simulink. This research uses 4D development, which is carried out only until the design and development stage. The research results for AC current show that the output signal is in the form of a sine wave, while the research on DC current produces a straight output signal with a fixed voltage. So that the results obtained are adjusted to the concepts that have been taught at school. This research implies that this Simulink can be used as a support for physics practicum in terms of visualization.


Keywords


Arus AC dan DC; Gelombang; Simulink Matlab; Tegangan

Full Text:

PDF

References


Dewasra, P., & Aswardi. (2022). Analisis kendala siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 8(1), 107–116.

Febrianti, T., & Harahap, E. (2021). Penggunaan aplikasi matlab dalam pembelajaran program linear the use of matlab applications in linear programming learning. Jurnal Matematika, 20(1), 1–7.

Giancolli, C. (2005). Fisika dasar jilid ke lima. Penerbit Erlangga.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): upaya perbaikan bertumpu pada pendidikan anak usia dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41.

Hilmansyah, H., & Utomo, R. M. (2020). Rancang bangun dc – dc converter berbasis microcontroller stm32f4 dan matlab/simulink. JTT (Jurnal Teknologi Terpadu), 8(1), 26–33.

Hutagalung, N., & Panjaitan, M. (2018). Pembelajaran fisika dasar dan elektronika dasar (arus, hambatan dan tegangan listrik) menggunakan aplikasi matlab metode simulink. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 4(3), 1–10.

Ilham, R., & Aswardi, A. (2022). Pengaruh penerapan blended learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar listrik elektronika. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1), 21–24.

Isnaini, M., & Dewy, M. S. (2021). Pemanfaatan matlab simulink sebagai media pembelajaran praktikum secara daring. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 8(2), 169-177.

Muanalifah, A. (2013). Pemanfaatan software matlab dalam pembelajaran metode numerik pokok bahasan sistem persamaan linear simultan. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 1(1), 17–27.

Putri, H. A., & Hamzah, A. (2017). Pemodelan konverter ac–dc tiga fasa dua arah pada sepeda listrik menggunakan metode SPWM. Jom FTEKNIK, 4(2), 1–7.

Rayi, A.F. (2019). Teknologi pendidikan dalam pemecahan masalah pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED.

Riowati, R., & Yoenanto, H. (2022). Peran guru penggerak pada merdeka belajar untuk memperabaiki mutu pendidikan di indonesia. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 5(1), 1–16.

Suryani, S. (2022). Peningkatan hasil belajar fisika melalui penerapan model pembelajaran tutor sebaya siswa sman 3 bengkalis. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(2), 232–239.

Tarigan, M. R. M., Purnama, A. D., Munir, M., & Azwar, E. (2019). Pengaruh model active debate terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas x madrasah aliyah swasta proyek univa medan. Jurnal Biolokus, 2(1), 5.

Utami, S. (2019). Meningkatkan mutu pendidikan Indonesia melalui peningkatan kualitas personal, profesional, dan strategi rekrutmen guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 518–527




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i3.6644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats