PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 BANJARMASIN
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada kelas XI IPA SMA Negeri 4 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika pokok bahasan fluida dinamis antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada kelas XI IPA SMA Negeri 4 Banjarmasin. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen.Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMAN Negeri 4 Banjarmasin tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 83 siswa.Sampel diambil secara cluster random samplingsebanyak dua kelas dari tiga kelas di SMA Negeri 4 Banjarmasin. Kelas eksperimen I yang berjumlah 26 siswa diberi perlakuan dengan menggunakan pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) dan kelas eksperimen II berjumlah 26 siswa diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes.Teknik analisis data menggunakan statistik parametrik teknik t-test independent sampel. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai t hitung lebih besar daripada t tabel dansignifikansi (2-tailed) yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 (0,01 < 0,05) sehingga terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan tipe TPS dengan kelas eksperimen II yang diberi perlakuan menggunakan tipe TSTS.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
An Nisaa’. (2013). Perbandingan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Pembelajaran Two Stay Two Stray (Tsts) Dengan Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. http://eprints.ums.ac.id/24699/. Diakses pada tanggal 30 Desember 2015.
Arianto, Fikhi. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dan Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/25134/.Diakses pada tanggal 30 Desember
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Edisi Revisi 2010. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.
Hamdi, Rafi’i. M.Arifuddin & Syubhan Annur. (2014). Meningkatkan hasil belajar fisika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray . Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. 2(3): 370-382. Diakses pada tanggal 30 Desember2015.
Huda, Miftahul. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Isjoni, H. (2013). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Johnson, David, Roger J & Edythe. (2012). Collaborative Learning. Bandung: Nusa Media.
Karim. (2011). Petunjuk Praktikum Metode Statistik. Banjarmasin: FKIP Universitas Lambung Mangkurat.
Lindhawati, Puput Ayu .(2014). Perbandingan Pembelajaran Biologi Menggunakan Strategi Two Stay Two Stray (TSTS) Dan Think Pair Share (Tps) Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Pelajaran 2013 / 2014. http://eprints.ums.ac.id/28757/. Diakses pada tanggal 30 Desember 2015.
Priyatno, Duwi. (2012). Belajar Praktis Analisis Parameterik dan Non Parametrik dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: ArRuzz Media.
Sudijono, A. (2007). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning Teori & APlikasi Pakem. Yogyakarta; Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v1i1.926
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |