Relevance The Meaning Of Architecture In Building Jami Mosque Jingah River Banjarmasin As A Learning Source On Social Studies
Abstract
Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat Islam. Setiap bangunan masjid memiliki ciri khas. Arsitektur bangunan masjid akan memunculkan sebuah makna di dalamnya. Seperti halnya dengan bangunan masjid Jami Sungai Jingah Banjarmasin. Makna pada bangunan masjid Jami dapat diintegrasikan dalam pembelajaran IPS yaitu menjadikannya sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan relevansi makna arsitektur pada bangunan masjid Jami Sungai Jingah Banjarmasin sebagai sumber belajar IPS. Penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna bangunan masjid Jami Sungai Jingah Banjarmasin terdapat pada atap yang berundak lima, tiang berjumlah 17 buah, dan pintu berjumlah 45 buah. Makna pada bangunan tersebut memiliki kaitannya dengan dengan materi IPS kelas VII semester II tentang pengaruh Hindu-Budha terhadap masyarakat Indonesia pada bidang seni kebudayaan. Hal ini dapat memudahkan guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar yang dekat dengan peserta didik. Sehingga peserta didik mudah dalam memahami materi yang dipelajarinya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
ABBAS, E. W., Subiyakto, B., Mutiani, M., Jamaluddin, J., & Syahrin, M. A. (2017). Kehidupan Sosial Santri di Bantaran Sungai Kota Martapura Sebagai Sumber Belajar IPS. Kehidupan Sosial Santri Di Bantaran Sungai Kota Martapura Sebagai Sumber Belajar IPS. Retrieved from http://eprints.ulm.ac.id/5122/
Apriliyani, A., Sudjarwo, S., & Pargito, P. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR REALITA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SD. Jurnal Studi Sosial, 2(2). Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/5529
David, E. S., & Effiom N. Vera. (2017). Social Studies Teaching Resources in the 21st Century. European Centre for Research Training and Development UK (Www.Eajournals.Org), 3(4), 8–14.
Efendi, A. (2014). IMPLEMENTASI KEARIFAN BUDAYA LOKAL PADA MASYARAKAT ADAT KAMPUNG KUTA SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2), 211-218–218. https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1263
Faslah, R. (2011). PEMANFAATAN INTERNET DALAM PENGEMBANGAN KONSEP IPS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BERMAKNA. Jurnal Ilmiah Econosains, 9(2), 167–170. https://doi.org/10.21009/econosains.0092.07
Fathir, M., & Sabrun, S. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS HANDS ON ACTIVITY PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 1(2), 131–139.
Louis, M. (2015). Fungsi Dan Makna Ruang Pada Rumah Adat Mbaru Niang Wae Rebo. Intra, 3(2), 580–585.
Mutiani, M. (2017). IPS DAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN: URGENSI PENGEMBANGAN SIKAP KESADARAN LINGKUNGAN PESERTA DIDIK. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4(1), 45-53–53. https://doi.org/10.15408/sd.v4i1.5718
P, A. A. I. P. A., Dra. Desak Made Oka Purnawati, M. H., & Ketut Sedana Arta, S. P. (2014). Tugu Taman Makam Pahlawan Sapta Dharma Pejeng (Sejarah, Makna, dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar IPS Studi Kasus di SMP N 3 Tampaksiring, Gianyar-Bali). Widya Winayata: Jurnal Pendidikan Sejarah, 2(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPS/article/view/2565
Pujatama, P. (2014). IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Studi pada Sekolah -sekolah di Kota Semarang). Journal of Educational Social Studies, 3(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess/article/view/6652
Setiyani, R. (2010). PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR. Dinamika Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.15294/dp.v5i2.4921
Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif (Cetakan Ke 8). Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v1i1.1339
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 The Kalimantan Social Studies Journal
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:
The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:
Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats
My Stats