Implementation of the Social Value Guru Sekumpul in Social Studies Learning in SMPN 31 Banjarmasin
Hanif Fikri Ramadhana
Abstract
Pembelajaran Pendidikan IPS sangat bermakna manakala berbasis nilai (value-based). Proses belajar mengajar antara guru dan peserta didik ialah kegiatan yang cukup dominan dimana dalam kegiatan belajar mengajar antara guru dan peserta didik dalam rangka transfer of knowledge dan juga transfer of values. Pembelajaran IPS diharapkan akan sangat bermakna melalui nilai sosial yang diambil dari seorang tokoh biografi ulama satu diantaranya Guru Sekumpul. Tujuan penelitian untuk: (1) mengetahui biografi Guru Sekumpul; (2) mengetahui nilai sosial yang muncul dari Guru Sekumpul; (3) mengetahui bagaimana implementasi nilai sosial Guru Sekumpul dalam pembelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang di dapat diuji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan trianggulasi waktu. Temuan penelitian: pertama, biografi Guru Sekumpul. Kedua, nilai sosial yang muncul dari Guru Sekumpul diambil mengacu dari kompetensi inti 2 (sikap sosial) dalam kurikulum 2013 yaitu jujur, disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong royong, santun, dan percaya diri. Ketiga, implementasi nilai sosial Guru Sekumpul dalam pembelajaran IPS dilakukan dengan menyesuaikan materi pembelajaran IPS. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui nilai-nilai sosial yang ditemukan dalam biografi Guru Sekumpul mengacu dengan kompetensi sikap sosial dalam kurikulum 2013. Nilai sosial didalam biografi Guru Sekumpul tersebut kemudian diimplementasikan dalam proses pembelajaran IPS, sehingga kompetensi sikap sosial dalam kurikulum 2013 dapat tercapai.
Keywords
Implementasi; Nilai Sosial; Guru Sekumpul; Pembelajaran IPS
Abbas, E. W. (2013). Mewacanakan Pendidikan SOCIAL STUDIES (Cetakan Kedua). WAHANA Jaya Abadi. http://eprints.ulm.ac.id/5481/
Abbas, E. W. (2015). Guru Sekumpul: Bacaan Pengantar. Penerbit Wahana Jaya Abadi. http://eprints.ulm.ac.id/5456/
Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran Nilai Karakter. http://www.rajagrafindo.co.id/produk/pembelajaran-nilai-karakter/
Anshori, S. (2016). KONTRIBUSI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM PENDIDIKAN KARAKTER. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(2). https://doi.org/10.24235/edueksos.v3i2.363
Kariem, M. A. E. (2015). Figur Kharismatik Abah Guru Sekumpul. Percetakan Hemat Amuntai Kalimantan Selatan.
Miladiyah, S. H. (2014). Nilai Sosial dalam Novel Kubah Karya Ahmad Tohari dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa dan Sastra di SMA [Thesis (Bachelor), Universitas Islan Negeri Syarif Hidayatullah]. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24636
Muchtar, S. A. (2015). Epistemologi Pendidikan SOCIAL STUDIES. Wahana Jaya Abadi.
Naim, N., & Patoni, A. (2007). Materi Penyusunan Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (MPDP-PAI). Pustaka Pelajar.
Sardiman AM. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers. http://www.rajagrafindo.co.id/produk/metodologi-penelitian-2/
Suhada, I. (2017). Konsep Dasar SOCIAL STUDIES (Cetakan: 1). PT. Remaja Rosdakarya. https://rosda.co.id/beranda/659-konsep-dasar-Social Studies.html