Economic Activities of Natural Herbal Homes Lestari Herbal Village as a Learning Resource on Social Studies

Desy Fatimah, Heru Puji Winarso, Muhammad Rezky Noor Handy

Abstract


Aktivitas ekonomi konstruktif berbasis lingkungan dapat diintegrasikan secara kontekstual pada pembelajaran IPS. Rumah Herbal Alam Lestari di Komplek Bukit Permata Indah (Kampung Herbal) Banjarbaru merupakan usaha yang menjual berbagai produk obat herbal. Artikel ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas ekonomi di Rumah Herbal Alam Lestari yang memanfaatkan lingkungan untuk ditanami tumbuhan herbal dalam upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat sekaligus sebagai lingkungan hijau. Metode Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang untuk mendapatkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapat direduksi, disajikan dalam bentuk narasi yang dilengkapi gambar dan tabel analisis materi untuk selanjutnya disimpulkan. Keabsahan data melalui triangulasi waktu, sumber, dan teknik. Hasil  penelitian mendeskripsikan aktivitas ekonomi Rumah Herbal Alam Lestari memproduksi dua macam produk yaitu obat herbal dan tumbuhan langsung dari ukuran besar maupun kecil, didistribusikan dan dikonsumsi atau digunakan oleh masyarakat, dengan aktivitas ekonomi ini dapat diintegrasikan sebagai sumber belajar IPS di kelas VII pada materi aktivitas ekonomi (produksi, distribusi, dan konsumsi) yang berkonsep lingkungan.


Keywords


Aktivitas Ekonomi; Herbal; Sumber Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2013). Mewacanakan Pendidikan IPS (Cetakan Kedua). WAHANA Jaya Abadi. http://eprints.ulm.ac.id/5481/

Abbas, E. W. (2015). Pendidikan IPS Berbasis Kearifan Lokal. WAHANA Jaya Abadi. http://eprints.ulm.ac.id/4172/

Abbas, E. W. (2018). Penguatan Pendidikan IPS Di Tengah Isu-Isu Global. Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM. http://eprints.ulm.ac.id/4162/

Abbas, E. W., Handy, M. R. N., Shaleh, R. M., & Hadi, N. T. F. W. (2020). Ecotourism of Martapura River Banjarmasin as a Learning Resources on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(2), 111-119.

Abbas, E. W., Handy, M. R. N., Shaleh, R. M., & Hadi, N. T. F. W. (2021, February). Lok Baintan Floating Market: The Ecotourism Potential of Rural Communities. In The 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020) (pp. 367-370). Atlantis Press.

Abbas, E. W., Putra, M. A. H., & Handy, M. R. N. (2019). Laporan Penelitian: PEMANFAATAN EKOWISATA SUNGAI MARTAPURA KOTA BANJARMASIN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS [Other]. FKIP Program Studi Pendidikan IPS Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8242/

Abbas, E. W., & Jumriani, J. (2020). Culinary Identification in the Banua Anyar Culinary Tourism Area; a Contribution for Tourism in Banjarmasin City. The Innovation of Social Studies Journal, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.20527/iis.v2i1.2309

Aslamiah, A., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). 21st-Century Skills and Social Studies Education. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 82–92.

Elmy, M., & Winarso, H. P. (2020). KEPEDULIAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN (STUDI TERHADAP WARGA DI BANTARAN SUNGAI KUIN KOTA BANJARMASIN). PROSIDING SEMINAR NASIONAL LINGKUNGAN LAHAN BASAH, 5(1), 88–92.

Handy, M. R. N., & Maulana, I. (2021, February). Revitalization of Green Open Space to Fulfill the Needs of Urban Communities. In The 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020) (pp. 222-224). Atlantis Press.

Handy, M. R. N., Mutiani, M., Putra, M. A. H., Syaharuddin, S., & Putro, H. P. N. (2021). Adaptation of Riverbanks Community to Urban Green Open Space Development. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 127-134.

Harjono, Y., Yusmaini, H., & Bahar, M. (2017). Penyuluhan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga dan Penanaman Tanaman Obat Keluarga di Kampung Mekar Bakti 01/01, Desa Mekar Bakti Kabupaten Tangerang. JPM (Jurnal Pengabdian Masyakat) Ruwa Jurai, 3(1), 16–21. https://doi.org/10.23960/jpm.v3i1.1933

Hasibuan, C. F., Rahmiati, R., & Nasution, J. (2018). PEMBUATAN VIRGIN COCONUT OIL (VCO) DENGAN MENGGUNAKAN CARA TRADISIONAL. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 128–132. https://doi.org/10.31604/jpm.v1i3.128-132

Herimanto, W., & Winarto, W. (2008). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Idri, I. (2016). Hadis Ekonomi dalam perspektif Hadis Nabi. Prenada Media Group.

Muchtar, S. A. (2015). Epistemologi Pendidikan IPS. Wahana Jaya Abadi.

Mutiani, M. (2017). IPS DAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN: URGENSI PENGEMBANGAN SIKAP KESADARAN LINGKUNGAN PESERTA DIDIK. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4(1), 45-53–53. https://doi.org/10.15408/sd.v4i1.5718

Permadi, P. (1995). Naskah akademik peraturan perundang-undangan tentang pengobatan tradisional. Badan Pembinaan Hukum Nasional Departemen Kehakiman. http://lib.ui.ac.id

Prasetyo, M., & Inoriah, E. (2013). Pengelolaan budidaya tanaman obat-obatan (Bahan Simplisia). Bengkulu: Badan Penerbitan Fakultas Pertanian UNIB.

Primasari, A. (2019). Kesehatan Masyarakat Tanaman Obat Keluarga dan Pengobatan Tradisional (Surakarta). PT. Borobudur Inspira Nusantara. //library.unej.ac.id/index.php?p=show_detail&id=237953

Sa’ad, S. (2007). Ekonomi Islam di Tengah Krisis Ekonomi Global. Jakarta: Zikrul Hakim.

Salim, E. (1979). Lingkungan hidup dan pembangunan. Mutiara.

Satria, W. P. (2015). Kitab Herbal Nusantara: Aneka Resep & Ramuan Tanaman Obat Untuk Berbagai Gangguan Kesehatan. Kata Hati. Yogyakarta. Hal, 93–94.

Satrianawati, S. (2018). Media dan Sumber Belajar. CV. Budi Utama.

Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi Nilai Pendidikan Melalui Aktivitas Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(1), 137–166. https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i1.2885

Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Supriyatna, M., Iskandar, F., & Febriyanti, R. (2014). Prinsip Obat Herbal: Sebuah Pengantar untuk Fitoterapi.

Sutrisno, A., Matnuh, H., & Winarso, H. P. (2020). PENGINTEGRASIAN NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN DALAM PEMBELAJARAN PKN PADA SISWA KELAS XII SMKN 3 BANJARMASIN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v9i1.8519

Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN IPS: Konsep dan Aplikasi (B. Subiyakto & E. W. ABBAS, Eds.). Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8545/

Winarno, H. (2010). Ilmu sosial dan budaya dasar. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v2i2.3237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 The Kalimantan Social Studies Journal



The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats

My Stats

View My Stats