Wadai Production Activities for Warung Wadai 41 Sungai Tiung Village as a Learning Resource on Social Studies

Nor Nazmi, Bambang Subiyakto, Muhammad Rezky Noor Handy

Abstract


Perkembangan zaman mengakibatkan banyak perubahan pada kehidupan manusia, fenomena banyaknya generasi muda yang lebih menyukai makanan modern turut berpartisipasi menggeser kedudukan makanan tradisional, dikhawatirkan akan mengalahkan eksistensi dari Wadai 41, maka dari itu penting bagi dunia pendidikan khususnya seorang guru untuk mengajar sambil mengenalkan budaya daerah agar tidak punah dan tidak dilupakan sehingga dapat terus dilestarikan oleh penerus bangsa. Kegiatan ekonomi produksi untuk Warung Wadai 41 di kota Banjarbaru sejalan dengan konsep produksi dan keterkaitannya dengan materi IPS sehingga dapat dijadikan sumber belajar IPS. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan produksi Wadai 41 di Kelurahan Sungai Tiung sumber belajar IPS. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah didapat kemudian direduksi dan disajikan dalam bentuk narasi dilengkapi dengan gambar dan tabel relevansi materi sesuai dengan kompetensi dasar lalu kemudian ditarik kesimpulan. Keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, triangulasi sumber dan waktu. Pada artikel ini bahwa ada kegiatan produksi Wadai yang dilakukan oleh pemilik Warung Wadai 41 dengan menggunakan beberapa faktor seperti bahan baku, modal, dan tenaga kerja. Kegiatan mengolah beberapa jenis kue tradisional yang bernilai guna dikerjakan oleh tenaga kerja terampil mulai mengolah bahan mentah seperti mencampur tepung terigu dengan gula aren serta bahan-bahan lainnya, kemudian melakukan proses pematangan Wadai dengan alat tradisional hingga siap dipasarkan atau dijual di Warung Wadai 41, pada materi pelajaran IPS kelas VII semester genap tentang kegiatan ekonomi produksi sehingga penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber belajar IPS.


Keywords


Produksi; Wadai 41; Sumber Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2013). Mewacanakan Pendidikan IPS (Cetakan Kedua). WAHANA Jaya Abadi. http://eprints.ulm.ac.id/5481/

Abbas, E. W. (2018). Penguatan Pendidikan IPS Di Tengah Isu-Isu Global. Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM. http://eprints.ulm.ac.id/4162/

Abbas, E. W., Wahyu, W., Sofyan, A., Sarbaini, Sarbaini, S., & Syaharuddin, S. (2016). Pendidikan Karakter. WAHANA Jaya Abadi. http://eprints.ulm.ac.id/1177/

Alfisyah, A. (2020). TRADISI MAKAN URANG BANJAR (Kajian Folklor atas Pola Makan Masyarakat Lahan Basah). PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 1(3), 97–109.

Deasy, A., & Abbas, E. W. (2020). THE PROCEEDING OF INTERNATIONAL SEMINAR ON ETHNOPEDAGOGY. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/10334

Delima, L., Subiyakto, B., & Hasanah, M. (2020). Production Activities in Kampung Ketupat, Sungai Baru Banjarmasin. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(2), 169–174. https://doi.org/10.20527/kss.v1i2.2039

Handy, M. R. N. (2015, December 1). Pendidikan Sejarah dan Isu Kebangsaan. Prosiding Seminar Nasional dan Pertemuan Asosiasi Pendidik dan Peneliti Sejarah. http://eprints.ulm.ac.id/8584/

Handy, M. R. N., Mutiani, M., Putra, M. A. H., & Jumriani, J. (2020). The Religious Values in Tradition of Batahlil in Banjar Pahuluan Community. The Kalimantan Social Studies Journal, 2(1), 39–47.

Hasanah, M., & Ratumbuysang, M. F. N. (2017). STRATEGI PENINGKATAN MINAT WIRAUSAHA MAHASISWA MELALUI PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA – KEWIRAUSAHAAN (PKM-K) DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT. Jurnal Socius, 6(02), Article 02. https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v6i02.3478

Jumriani, J. (2018). KEGIATAN PRODUKSI DAN DISTRIBUSI DI KAMPUNG SASIRANGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS. Jurnal Socius, 7(1). https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v7i1.5280

Jumriani, J., Subiyakto, B., & Syaharuddin, S. (2019). Social Interaction Sasirangan Traders Village in The City of Banjarmasin as a Learning Resources on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 65–77. https://doi.org/10.20527/iis.v1i1.1369

Majid, A. (2008). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standar kompetensi guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mursalin, M. (2015). KEPERCAYAAN BUAYA GAIB DALAM PERSPEKTIF URANG BANJAR BATANG BANYU DI SUNGAI TABALONG. Jurnal Socius, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v4i2.3317

Mutiani, M. (2017). IPS DAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN: URGENSI PENGEMBANGAN SIKAP KESADARAN LINGKUNGAN PESERTA DIDIK. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4(1), 45-53–53. https://doi.org/10.15408/sd.v4i1.5718

Mutiani, M., & Faisal, M. (2019). Urgency of The 21st Century Skills and Social Capital in Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.20527/iis.v1i1.1256

Prawirosentono, S. (2001). MANAJEMEN OPERASI: Analisis dan Studi Kasus (JAKARTA). Bumi Aksara.

Putro, H. P. N., & Jumriani, J. (2020). KEHIDUPAN SOSIAL DAN EKONOMI MASYARAKAT BANTARAN SUNGAI A SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS [Laporan Penelitian]. Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8238/

Qastari, A. R. (2016). Persaingan Usaha Kafe Dan Warung Kopi Di Kota Watampone (Suatu Tinjauan Antropologi Hukum) [Thesis (Bachelor), Universitas Hasanuddin]. https://docplayer.info/39190824-Skripsi-persaingan-usaha-kafe-dan-warung-kopi-di-kota-watampone.html

Soekartawi. (2003). Teori ekonomi produksi: Dengan pokok bahasan analisis fungsi Cobb-Douglas. RajaGrafindo Persada. http://lib.ui.ac.id

Soekartawi, S. (2007). E-Agribisnis: Teori dan Aplikasinya. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Subiyakto, B. (2005). Totemisme, Mitos Bagaduhan Buhaya Pada Masyarakat Banjar. Dalam Kandil, Edisi, 9.

Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi Nilai Pendidikan Melalui Aktivitas Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(1), 137–166. https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i1.2885

Subiyakto, B., Sari, N. P., Mutiani, M., Faisal, M., & Rusli, R. (2020). Bonding Social Capital in Social Activities of Urang Banjar in the Martapura Riverbank. The Innovation of Social Studies Journal, 2(1), 17–24. https://doi.org/10.20527/iis.v2i1.2307

Subiyakto, B., Susanto, H., & Mutiani, M. (2017, November). The Relevance of Multicultural Approach Through Social Studies Education. 1st International Conference on Social Sciences Education - “Multicultural Transformation in Education, Social Sciences and Wetland Environment” (ICSSE 2017). https://doi.org/10.2991/icsse-17.2018.15

Sugiyono, S. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. ALFABETA Bandung. https://www.pdfdrive.com/prof-dr-sugiyono-metode-penelitian-kuantitatif-kualitatif-dan-rd-intro-e56379944.html

Sukirno, S. (2002). Pengantar Teori Mikroekonomi. PT RajaGrafindo Persada. http://lib.ui.ac.id

Suyuti, R. N. dan M. A. (2017). Pengantar Sistem Manufaktur. Deepublish.

Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN IPS: Konsep dan Aplikasi (B. Subiyakto & E. W. ABBAS, Eds.). Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8545/

Syaharuddin, S., Rahman, A. M., & Fitriyani, R. (2019). Utilization Of Social Community as Learning Resources On Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(1), 18–24. https://doi.org/10.20527/kss.v1i1.1253

Syukur, F., & Ichwan, M. N. (2008). Teknologi Pendidikan. RaSAIL Media Group.

Yunanto, S. J. (2004). Sumber Belajar Anak Cerdas. Grasindo.

Yuniarti, D., Subiyakto, B., & Putra, M. A. H. (2020). Economic Activities in Kuin Floating Market as a Learning Resource on Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(2), 130–140. https://doi.org/10.20527/kss.v1i2.2028




DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v2i2.3238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 The Kalimantan Social Studies Journal



The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats

My Stats

View My Stats