Social Studies Lesson Planning for Children with Intellectual Disabilities in the Pembina State Special School of South Kalimantan Province
Abstract
Pencapaian tujuan pembelajaran berkaitan dengan perencanaan pembelajaran berbasis kurikulum dan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan pembelajaran IPS untuk anak tunagrahita di SLB-C Negeri Pembina Provinsi Kalimantan Selatan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data hingga melakukan penarikan kesimpulan. Uji Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian memastikan bahwa perencanaan pembelajaran IPS pada anak tunagrahita di SLBC Negeri Pembina Provinsi Kalimantan Selatan pada jenjang SMPLB dirancang secara khusus oleh guru untuk memudahkan peserta didik memahami materi oleh pembelajaran. Perancangan pembelajaran tersebut dimuat pada RPP mencakup tiga tahapan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan mencakup aspek apersepsi, menggali pengetahuan, dan pemaparan tujuan pembelajaran. Kegiatan inti mencakup penyampaian materi dengan melakukan kegiatan berupa mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan menyajikan hasil belajar. Kegiatan penutup mencakup kegiatan refleksi dan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran. Perancangan pembelajaran tersebut dibuat oleh guru merujuk Kurikulum 2013. Pada tahap implementasi guru mengalami kendala dalam penyampaian pembelajaran dikarenakan seringnya peserta didik tidak hadir sehingga guru melakukan pengulangan penyampaian materi IPS pada pertemuan selanjutnya. Kendala ini berdampak bagi efektivitas implementasi dari perencanaan yang telah dibuat oleh guru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aan, K., & Djam’an, S. (2011). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Abbas, E. W. (2020a). Menulis Artikel Jurnal Internasional. Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17528
Abbas, E. W. (2020b). Menulis Artikel Konferensi Internasional. Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17949
Abbas, E. W., Mutiani, Handy, M. R. N., Shaleh, R. M., & Hadi, N. T. F. W. (2021). Lok Baintan Floating Market: The Ecotourism Potential of Rural Communities. 368–371. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210222.060
Aunurrahman, A. (2009). Belajar dan pembelajaran. Alfabeta.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 46.
Fadillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI. SD/MTS, Dan SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz. Faridah Alawiyah.
Ifa, A. (2014). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAGI SISWA TUNAGRAHITA DI KELAS 5 SD GUNUNGDANI, PENGASIH, KULONPROGO [Skripsi, PGSD]. https://eprints.uny.ac.id/14328/
Jumriani, J., Mutiani, M., Putra, M. A. H., Syaharuddin, S., & Abbas, E. W. (2021). The Urgency of Local Wisdom Content in Social Studies Learning: Literature Review. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 103–109.
Kustawan, D. (2012). Pendidikan inklusif & upaya implementasinya: Pedoman teknis penyelenggaraan Permendiknas no. 70, tahun 2009. PT Luxima Metro Media.
Mariati, M., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). The Social Science Contribution Through Social Studies Learning. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 110–120.
Mulyasa, H. E. (2017). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013 (BANDUNG). PT. Remaja Rosdakarya. //repo.unikadelasalle.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D11179%26keywords%3D
Mutiani, M. (2019). SOCIAL CAPITAL DAN TANTANGAN ABAD 21: Kontrubusi Pendidikan IPS dan Eksplorasi Nilai Sosial melalui Biografi K.H. Zainal Ilmi. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.15408/sd.v6i1.12386
Mutiani, M., Noortyani, R., Tetep, T., Jumriani, J., & Widyanti, T. (2020). Strengthening Islamic Environmental Awareness through Exploring Poetry as a Learning Resource in Social Studies. Islam Realitas: Journal of Islamic and Social Studies, 6(2), 150–163. https://doi.org/10.30983/islam_realitas.v6i2.3387
Mutiani, M., Supriatna, N., Abbas, E. W., Rini, T. P. W., & Subiyakto, B. (2021). Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK): A Discursions in Learning Innovation on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 135–142.
Putra, M. A. H., Mutiani, M., Jumriani, J., Ramadhan, S., & Rahmatina, R. (2020). Utilization Learning Management System (LMS) of Ruang Guru for Education Teachers in Banjarmasin. The Kalimantan Social Studies Journal, 2(1), 31–38.
Rusman, R. (2017). Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media.
Sapriya, S. (2017). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran (Cetakan 8). PT. Remaja Rosdakarya.
Supardan, D. (2014). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial: Perspektif Filosofi, Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung.
Suprayogi, S., Isdaryanto, N., & Lestari, E. Y. (2017). Pendidikan Karakter berbasis Nilai-Nilai Konservasi Sosial melalui Pembelajaran Mata Kuliah bersama di Fakultas Ilmu Sosial. Forum Ilmu Sosial, 44(2), 132–140. https://doi.org/10.15294/fis.v44i2.12082
Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN IPS: Konsep dan Aplikasi (B. Subiyakto & E. W. ABBAS, Eds.). Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8545/
Wahidmurni, W. (2017). Metodologi pembelajaran IPS: Pengembangan standar proses pembelajaran IPS di sekolah/madrasah (R. Rose, Ed.). Ar-Ruzz Media. http://repository.uin-malang.ac.id/4634/
DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v2i2.3242
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 The Kalimantan Social Studies Journal
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:
The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:
Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats
My Stats