Contribution of Social Interaction Materials to The Establishment of Social Institutions in The Social Studies Student's Book Class VII

Maulida Putri, Ersis Warmansyah Abbas, Jumriani Jumriani, Bambang Subiyakto, Muhammad Adhitya Hidayat Putra

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu upaya guna mengubah perilaku, keterampilan, dan sikap. Pendidikan pada dasarnya merupakan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dan kemampuan yang ada pada dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya masyarakat, bangsa dan negara. Terdapat tiga jalur pendidikan satu diantaranya yaitu jalur pendidikan formal. Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) termasuk contoh dari pendidikan formal. Pada jenjang ini terdapat 10 mata pelajaran wajib satu diantaranya IPS. Mata pelajaran IPS merupakan mata pelajaran yang wajib pada jenjang tersebut menurut UU No. 20 Tahun 2003. Pada mata pelajaran IPS terdapat ilmu sosiologi yang terintegrasi hal ini dapat dilihat dari materi IPS pada buku siswa kelas VII mengenai interaksi dan pengaruhnya terhadap pembentukan lembaga sosial.


Keywords


Pendidikan; IPS; Buku Ajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2014). Mewacanakan Pendidikan IPS. FKIP UNLAM PRESS.

Abbas, E. W. (2018). Penguatan Pendidikan IPS Di Tengah Isu-Isu Global. Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat.

Bafadhol, I. (2017). LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 14. https://doi.org/10.30868/ei.v6i11.95

Heryanto, G., G. (2018). Media Komunikasi Politik. IRCiSoD.

Horton, P. B., & Hunt, C. L. (1984). Sosiologi (6 ed.). Erlangga.

Jumriani, J., Subiyakto, B., & Syaharuddin, S. (2019). Social Interaction Sasirangan Traders Village in The City of Banjarmasin as a Learning Resources on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 65-77.

Jumriani, J., Syaharuddin, S., Hadi, N. T. F. W., Mutiani, M., & Abbas, E. W. (2021). Telaah Literatur; Komponen Kurikulum IPS Di Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(4), 2027-2035.

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 441–451.

Mutiani, M., Supriatna, N., Wiyanarti, E., Alfisyah, A., & Abbas, E. W. (2021). Kuhnian's Paradigmatic Analysis Method As a Solution of Abstract Thinking Difficulties in Social Studies. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 1653-1662.

Purnamasari, I. (2017). KERAGAMAN DI RUANG KELAS: TELAAH KRITIS WUJUD DAN TANTANGAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. HARMONY, 2(2), 130–138.

Putra, M. A. H., & Subiyakto, B. (2021, February). Ecological Awareness Based on Religious Activities. In The 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020) (pp. 311-314). Atlantis Press.

Setiadi, E. M., & Kolip, U. (2013). Pengantar sosiologi. KENCANA.

Soekanto, S. (2006). Sosiologi suatu pengantar. Rajawali Pers.

Subiyakto, B., Jumriani, J., Mutiani, M., Putra, M. A. H., & Abbas, E. W. (2022). Strengthening Religious Character through Hijaz Yamani Poetry as a Source for Social Science Learning. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1).

Sujarwanto, I. (2012). INTERAKSI SOSIAL ANTAR UMAT BERAGAMA (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT KARANGMALANG KEDUNGBANTENG KABUPATEN TEGAL). Journal of Educational Social Studies, 1(2), Article 2. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess/article/view/731

Syaharuddin, S., Jumriani, J., & Abbas, E. W. (2021). Konsep Dasar Sosiologi Untuk Pembelajaran. Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat.

Zed, M. (2004). Metode peneletian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v3i2.3685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 The Kalimantan Social Studies Journal



The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats

My Stats

View My Stats