The Role of Economic in Social Studies Education
Abstract
Ilmu ekonomi menjadi satu di antara disiplin ilmu sosial yang dipelajari secara terintegrasi dalam IPS. Konsep ekonomi seperti produksi distribusi dan konsumsi menjadi bahan pembelajaran dalam IPS. Namun ilmu ekonomi tidak hanya menjadi bahan pembelajaran IPS tetapi juga berperan dalam tercapainya tujuan IPS. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan peranan ilmu ekonomi pada Pendidikan IPS dan pentingnya ilmu ekonomi dalam mencapai tujuan IPS. Penulisan ini menggunakan metode studi literatur dengan memanfaatkan berbagai sumber, seperti buku, ebook dan jurnal yang dipublikasikan di internet dan perpustakaan. Data yang terkumpul kemudian disintesis dan disimpulkan untuk mendapatkan hasil penelitian. Pada hasil penelitian dapat diketahui peranan ilmu ekonomi pada Pendidikan IPS yaitu sebagai satu di antara disiplin ilmu IPS. Selain itu ilmu ekonomi juga menjadi sumber bahan pembelajaran dari IPS baik berupa teori, konsep dan sebagainya. Konsep pada ekonomi juga merupakan satu di antara sepuluh tema IPS dari NCSS (National Council for Social Studies). Konsep pada ilmu ekonomi yang merupakan tema dari IPS tersebut yaitu Produksi, Distribusi dan Konsumsi. Ilmu ekonomi berperan pada tercapainya tujuan IPS yaitu membentuk warga negara yang baik, dengan ilmu ekonomi dapat mendukung tercapainya tujuan tersebut khususnya hal yang berkenaan dengan kegiatan ekonomi baik untuk diri sendiri maupun dalam lingkup masyarakat hingga negara. Ilmu ekonomi dapat membantu dalam pembentukan aspek positif sebagai warga negara pada bidang ekonomi. Untuk mencapai tujuan IPS tersebut maka tenaga pendidik IPS harus mempelajari ilmu ekonomi dan disiplin ilmu IPS lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, E. (2021). Banua Anyar Culinary Tourism Area: Study Of Economic Activities As A Learning Resource on Social Studies. 747(1), 012019.
Abbas, E. W. (2014). Mewacanakan Pendidikan IPS. FKIP UNLAM Press.
Abbas, E. W., Mutiani, M., & Nugraha, D. S. (2018). Social values in Zainal Ilmi’s biography as a learning source of social studies. The 3rd ISSSHE International Seminar Sosial Studies & History Education “Promoting The 21st Century Skills in Social Studies Learning.” http://eprints. ulm. ac. id/5123.
Adnyana, K. S. (2020). Peran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Pembentukan Karakter. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 11–20.
Aslamiah, A., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). 21st-Century Skills and Social Studies Education. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 82–92.
Hati, S. T. (2018). Hubungan Antara Ilmu-ilmu Sosial dan IPS (Sumber dan Materi IPS). IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya, 2(1).
Jumriani, J. (2018). Kegiatan Produksi dan Distribusi Di Kampung Sasirangan Sebagai Sumber Belajar IPS. Jurnal Socius, 7(1).
Mariati, M., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). The Social Science Contribution Through Social Studies Learning. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 110–120.
Miftahuddin, M. (2018). Ekonomi Sebagai Komponen Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8(3), 317–322.
Mutiani, M., Supriatna, N., Abbas, E. W., Rini, T. P. W., & Subiyakto, B. (2021). Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK): A Discursions in Learning Innovation on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 135–142.
Nasution, T., & Lubis, M. A. (2018). Konsep dasar IPS. Samudra Biru.
NCSS. (1994). Curriculum Standards for Social Studies. The United States of America.
NCSS. (2000). National Standards for Social Studies Teachers. The United States of America.
Rahmad, R. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67–78.
Sholeh, M. (2019). Kontribusi Ekonomi Dalam Penguatan Pembelajaran IPS.
Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi nilai pendidikan melalui aktivitas masyarakat sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(1), 137–166.
DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v3i2.3705
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 The Kalimantan Social Studies Journal
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:
The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:
Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats
My Stats