Efforts to Improve Teacher Discipline in Class Attendance Through the Example of the Principal at SMP Negeri 14 Kota Banjarbaru

Aidil Abdi Rachman

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan disiplin Guru dalam kehadiran mengajar di kelas melalui keteladanan kepala sekolah di SMP Negeri 14 Banjarbaru. Subyek penelitian ini adalah 13 orang tenaga pendidik (guru) SMP Negeri 14 Banjarbaru. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keteladanan kepala sekolah dapat meningkatkan kedisiplinan guru dalam kehadiran mengajar di kelas, dimana pada pelaksanaan pembelajaran pra- siklus pada pertemuan pertama semua Guru hadir tepat waktu, karena merupakan hari pertama sekolah untuk tahun pelajaran 2021/2022. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus I ada 10 orang Guru yang terlambat masuk mengajar di kelas, dan setelah pelaksanaan pembelajaran pada siklus II kedisiplinan guru dalam kehadiran mengajar di kelas mencapai 80% berdasarkan tanggapan responden (Guru) mengenai keteladanan kepala sekolah. Berdasarkan hasil observasi 77% Guru yang masih terlambat kurang dari 5 menit, karena lokasi penelitian memang agak sulit terjangkau.


Keywords


discipline; teaching attendance; and exemplary principal

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W., Syaharuddin, S., Mutiani, M., Susanto, H., & Jumriani, J. (2022). Strengthening Historical Thinking Skills Through Transcript Based Lesson Analyses Model In The Lesson Of History. Istoria Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, 18(1). https://doi.org/10.21831/istoria.v18i1.41691

Ancok, D. (1989). Teknik Penyusunan Skala Pengukuran. PPKM UGM.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Asnawi, M. (2022). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru dalam Kehadiran Mengajar di Kelas melalui Penerapan Reward and Punishment. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(3), 527–546. https://doi.org/10.14421/njpi.2022.v2i3-7

Aunurrahman, A. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.

Deviliawati, S., & Pautina, A. R. (2022). Keteladanan Guru Dalam Membentuk Kedisiplinan Peserta Didik. EDUCATOR : DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.58176/edu.v3i2.583

Embu, K. P. (2022). Peningkatan Disiplin Kehadiran Mengajar Guru Di Kelas Melalui Keteladanan Kepala Sekolah Di SD Inpres Wolooja 3. Ekspektasi: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), Article 2.

Hadi, S., Rajiani, I., Mutiani, M., Jumriani, J., & Abbas, E. W. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. Program Studi Pendidikan IPS, FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/26046

Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Handy, M. R. N., Abdurrahim, A., Subiyakto, B., Syaharuddin, S., Putra, M. A. H., Akmal, H., & Sari, D. P. N. P. (2022, December). Utilization of Ferry as a Support of The Community Economy on The Alalak River Based as a Learning Resource on Social Studies. In Social Studies Conference Proceedings (pp. 121-128).

Haryati, L. (2016). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar Di Kelas Melalui Penerapan “Reward And Punishment.” Media Didaktika, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.52166/didaktika.v2i2.812

Ilhami, M. R., Abbas, E. W., Syaharuddin, S., Mutiani, M., & Jumriani, J. (2023). Chinese Ethnic and Madurese Ethnic Social Interaction in Gedang Village. The Kalimantan Social Studies Journal, 4(2), 124-135.

Jumriani, J., Muhaimin, M., Wardinah, Y., Abbas, E. W., Mutiani, M., & Ilhami, M. R. (2023). Identification of Function Social Group Functions for Communities in River Bank. The Kalimantan Social Studies Journal, 4(2), 108-115.

Jumriani, J., Mutiani, M., Putra, M. A. H., Syaharuddin, S., & Abbas, E. W. (2021). The Urgency of Local Wisdom Content in Social Studies Learning: Literature Review. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 103. https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3076

Jumriani, J., Subiyakto, B., Hadi, S., Mutiani, M., & Ilhami, M. R. (2022). Education of Social Regulation Through Social Institution Materials in Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 3(2), 118. https://doi.org/10.20527/iis.v3i2.4892

Karso, K. (2019). Keteladanan Guru Dalam Proses Pendidikan Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2549

Latif, I. N., Reza, F., & Dewi, C. K. (2021). Statistika Inferensial: Teori Dan Aplikasi. Tahta Media Grup. https://play.google.com/store/books/details/Dr_Imam_Nazarudin_Latif _SE_M_Si_Akt_CA_Faizal_Reza?id=fa9CEAAAQBAJ

Mutiani, M., & Faisal, M. (2019). Urgency of The 21st Century Skills and Social Capital in Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.20527/iis.v1i1.1256

Mutiani, M., Handy, M. R. N., Wiyanarti, E., Abbas, E. W., Syaharuddin, S., & Jumriani, J. (2023). Strengthening the Content of Local History in Social Studies. Yupa: Historical Studies Journal, 124-136.

Prasetyo, D., Marzuki, M., & Riyanti, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/harmony.v4i1.31153

Purwanto, J. P. (2017). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar Di Kelas Melalui Reward And Punishment Di Sdn Bandulan 1 Kecamatan Sukun Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.21067/jbpd.v1i2.1903

Putra, M. A. H. (2019). Building Character Education Through The Civilization Nations Children. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.20527/kss.v1i1.1252

Putra, M. A. H., Handy, M. R. N., Ilhami, M. R., & Abbas, E. W. (2023, August). Banjarese Cultural Values on the Floating Market as the Foundation of the Religious Character of the Community. In 4th Annual Civic Education Conference (ACEC 2022) (pp. 597-603). Atlantis Press.

Rahmanto, A. (2019). PENINGKATAN KEDISIPLINAN GURU MELALUI PEMBERIAN REWARD DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.47736/tajdidukasi.v8i2.306

Rusmaniah, R., Putra, M. A. H., Handy, M. R. N., Ilhami, M. R., & Mutiani, M. (2023). Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Taman Konservasi Anggrek Tahura Sultan Adam: Environmental Education Implementation in Sultan Adam Forest Park Orchid Concervation Park. Anterior Jurnal, 22(2), 47-52.

Santosa, M. A. (2021). Upaya Peningkatan Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar di Kelas Melalui Penerapan Reward And Punishment Mi Al Amin. Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, Dan Pengembangan Pembelajaran, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.36312/lpi.v2i4.49

Sari, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), Article 02. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1952

Sari, R., Jannah, F., & Rahmi, N. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Motivasi Dan Hasil Belajar Menggunakan Model Ground Peat Untuk Siswa Sekolah Dasar. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 47-62.

Sudrajat, A. (2010). Manfaat Prinsip dan Asas Pengembangan Budaya Sekolah. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/03/04/manfaat-prinsip-dan-asas- pengembangan-budaya-sekolah/

Sugiyono, S. (2019). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Syaharuddin, S., Mutiani, M., Handy, M. R. N., Abbas, E. W., & Jumriani, J. (2022). Putting transformative learning in higher education based on linking capital. Journal of Education and Learning (EduLearn), 16(1), 58–64. https://doi.org/10.11591/edulearn.v16i1.20373

Uriatman, M. (2015). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(6), Article 6. https://doi.org/10.33369/mapen.v9i6.1222




DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v5i1.8907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aidil Abdi Rachman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats

My Stats

View My Stats