Urgency Of Development Of Teaching Materials In Schools Of Social Studies Subjects

Mohammad Samsul

Abstract


Bahan ajar tidak dapat dipisahkan dalam suatu proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi siswa. IPS tidak terkecuali. Pengembangan bahan ajar adalah semua bahan yang dibutuhkan oleh pendidik dalam merencanakan dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran. Semua materi yang terdapat dalam bahan ajar, termasuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap, menjadi acuan bagi siswa. Lebih mudah bagi pendidik dengan bahan ajar untuk memahami materi dalam pembelajaran mendalam dan memfasilitasi pengajaran. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi pentingnya pengembangan bahan ajar mata pelajaran IPS di sekolah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode studi pustaka. Studi literatur dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi yang sesuai, dan kemudian dilakukan diskusi naratif. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar bersifat konstruktif bagi pendidik dan peserta didik dalam mencapai kegiatan belajar mengajar. Pengembangan bahan ajar mata pelajaran IPS dapat dilakukan melalui tiga pola, yaitu mulai dari awal, kemas ulang informasi dan kompilasi di sekitar teks.


Keywords


Teaching Materials; Subjects; Social Sciences

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2022). Menulis Mudah, Menulis Ala Ersis Writing Theory (Cetakan Kedua). WAHANA Jaya Abadi. Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24608

Abbas, E. W., Rusmaniah, R., Mutiani, M., Putra, M. A. H., & Jumriani, J. (2022). Integration of River Tourism Content in Social Studies Teaching Materials as an Efforts to Strengthen Student Understanding. The Innovation of Social Studies Journal, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.20527/iis.v4i1.6312

Adisel, A., Afenti, Z. Z., Natalya, L., & Melansari, O. (2022). Pembelajaran IPS Dalam Kurikulum 2013. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3647

Adisel, A., Aprilia, Z. U., Putra, R., & Prastiyo, T. (2022). Komponen-Komponen Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran IPS. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3646

Aulia, R., & Wandini, R. R. (2023). Karakteristik Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13889

Dr Kusnul Khotimah, S. Pd M.Pd & Katon Galih Setyawan, S. Sos M.Sosio. (2022). PERENCANAAN PEMBELAJARAN IPS. Penerbit Lakeisha.

Ekaprasetya, S. N. A., Salsabila, S. R., Arifin, M. H., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Pembelajaran IPS dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3987–3992.

Handy, M. R. N., & Maulana, I. (2021). Revitalization of Green Open Space to Fulfill the Needs of Urban Communities. 222–224. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210222.035

Handy, M. R. N., Abdurrahim, A., Subiyakto, B., Syaharuddin, S., Putra, M. A. H., Akmal, H., & Sari, D. P. N. P. (2022, December). Utilization of Ferry as a Support of The Community Economy on The Alalak River Based as a Learning Resource on Social Studies. In Social Studies Conference Proceedings (pp. 121-128).

Ibda, H. (2022). Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar: Fenomena, Teori, dan Implementasi. CV. Pilar Nusantara.

Ilhami, M. R., Abbas, E. W., Mutiani, M., Jumriani, J., & Rusmaniah, R. (2022). The Social Values of the Banjar People in Traditional Markets. The Innovation of Social Studies Journal, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.20527/iis.v4i1.6194

Ilhami, M. R., Abbas, E. W., Syaharuddin, S., Mutiani, M., & Jumriani, J. (2023). Chinese Ethnic and Madurese Ethnic Social Interaction in Gedang Village. The Kalimantan Social Studies Journal, 4(2), 124-135.

Jumriani, J., Mutiani, M., Putra, M. A. H., Syaharuddin, S., & Abbas, E. W. (2021). The Urgency of Local Wisdom Content in Social Studies Learning: Literature Review. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), Article 2.

Jumriani, J., Syaharuddin, S., Hadi, N. T. F. W., Mutiani, M., & Abbas, E. W. (2021). Telaah Literatur ; Komponen Kurikulum IPS Di Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1111

Jumriani, J., Muhaimin, M., Wardinah, Y., Abbas, E. W., Mutiani, M., & Ilhami, M. R. (2023). Identification of Function Social Group Functions for Communities in River Bank. The Kalimantan Social Studies Journal, 4(2), 108-115.

Maulana, I., Abbas, E. W., Jumriani, J., Ilhami, M. R., & Arisanty, D. (2022). Integration of Local Content Into Class IX Textbook of Centers of Economic Advantage. The Innovation of Social Studies Journal, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.20527/iis.v3i2.4313

Mutiani, M., Supriatna, N., Abbas, E. W., Rini, T. P. W., & Subiyakto, B. (2021). Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK): A Discursions in Learning Innovation on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), Article 2.

Mutiani, M., Handy, M. R. N., Wiyanarti, E., Abbas, E. W., Syaharuddin, S., & Jumriani, J. (2023). Strengthening the Content of Local History in Social Studies. Yupa: Historical Studies Journal, 124-136.

Ode, M. N. I. (2023). Pembelajaran IPS Kelas Rendah. Mafy Media Literasi Indonesia.

Putra, M. A. H., Handy, M. R. N., Ilhami, M. R., & Abbas, E. W. (2023, August). Banjarese Cultural Values on the Floating Market as the Foundation of the Religious Character of the Community. In 4th Annual Civic Education Conference (ACEC 2022) (pp. 597-603). Atlantis Press.

Pernantah, P. S., Rizka, M., Handrianto, C., & Syaputra, E. (2022). Inovasi Bahan Ajar Pendidikan IPS Berbasis Digital Flipbook Terintegrasi Local Wisdom Dalam Menunjang Perkuliahan Jarak Jauh. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 8(2), Article 2. https://doi.org/10.18860/jpips.v8i2.14886

Putri, M., Abbas, E. W., Jumriani, J., Subiyakto, B., & Putra, M. A. H. (2022). Contribution of Social Interaction Materials to The Establishment of Social Institutions in The Social Studies Student’s Book Class VII. The Kalimantan Social Studies Journal, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.20527/kss.v3i2.3685

Rusmaniah, R., Putra, M. A. H., Handy, M. R. N., Ilhami, M. R., & Mutiani, M. (2023). Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Taman Konservasi Anggrek Tahura Sultan Adam: Environmental Education Implementation in Sultan Adam Forest Park Orchid Concervation Park. Anterior Jurnal, 22(2), 47-52.

Sari, R., Jannah, F., & Rahmi, N. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Motivasi Dan Hasil Belajar Menggunakan Model Ground Peat Untuk Siswa Sekolah Dasar. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 47-62.

Setyawati, E., Suratno, S., & Sofyan, S. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS TPACK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMPN 30 MUARO JAMBI. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(2), 1043–1053. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1343

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi Nilai Pendidikan Melalui Aktivitas Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(1), Article 1. http://dx.doi.org/10.18592/khazanah.v17i1.2885

Syaharuddin, S., Jumriani, J., & WARMANSYAH ABBAS, E. (2021). Konsep Dasar Sosiologi Untuk Pembelajaran.

Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN IPS: Konsep dan Aplikasi (B. Subiyakto & E. W. ABBAS, Ed.). Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8545/

Syarifuddin, S., Anjarwati, R. A., Aisyah, S., Putro, H. P. N., & Triana, Y. (2022). Desain Pembelajaran IPS Berbasis Teknologi Informasi di Sekolah Dasar. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(1), Article 1. https://doi.org/10.33369/pgsd.15.1.23-32

Trinaldi, A., Bambang, S. E. M., Afriani, M., Rahma, F. A., & Rustam, R. (2022). Analisis Kebutuhan Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Infomasi. Jurnal Basicedu, 6(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4037




DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v5i1.9376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 The Kalimantan Social Studies Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats

My Stats

View My Stats